Kehamilan

KEHAMILAN
22 April 2020

4 Kelas Kehamilan yang Bisa Moms Ikuti

Moms, sudah ikut salah satunya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tidak cukup hanya sekedar informasi dan teori saja, Moms juga perlu melakukan beberapa latihan gerak atau kelas prenatal yang dapat diikuti sejak trimester pertama.

Pada kelas prenatal di trimester awal ini biasanya akan membahas tentang gizi, perkembangan janin, hingga olahraga apa yang sesuai untuk dilakukan ibu hamil.

Sedangkan pada trimester akhir, Moms akan melalui kelas yang fokus untuk mempersiapkan persalinan dan pasca persalinan.

4 Jenis Kelas Kehamilan untuk Ibu yang Sedang Hamil

Berikut ini merupakan beberapa kelas kehamilan yang bisa diikuti Moms.

1. Prenatal Yoga

4 Kelas Kehamilan yang Bisa Moms Ikuti.jpeg

Foto: https://indyschild.com/

Kelas yoga ini menjadi salah satu kelas kehamilan yang bisa diikuti Moms yang akan memberi informasi dan latihan seperti pernapasan dan relaksasi.

Dilansir dari Parents, yoga prenatal dirancang untuk mendukung perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil. Yoga prenatal memiliki manfaat untuk mengencangkan tubuh fisik, terutama otot dasar panggul, pinggul, dan otot perut untuk mempersiapkan persalinan nanti.

Beberapa pose dalam yoga dapat membantu meminimalisir rasa sakit dan nyeri selama kehamilan serta dapat mengembalikan tubuh Moms ke kondisi kencang setelah melahirkan.

Melalui beberapa pose yoga ini dapat menyembuhkan beberapa keluhan penyakit seperti nyeri punggung bagian bawah, mual, insomnia, sakit kepala, sesak napas, dan sindrom carpal tunnel.

Dengan meregangkan dan mengencangkan otot akan membantu sirkulasi darah ke seluruh tubuh dengan cara yang sehat.

Baca Juga: Hati-hati Bahaya Lingkungan Bagi Kehamilan!

2. Kelas Calon Ibu dan Ayah

4 Kelas Kehamilan yang Bisa Moms Ikuti.jfif

Foto: https://raisingchildren.net.au/

Saat memiliki waktu sendiri, Moms sebaiknya mengikuti kelas khusus untuk calon ibu. Dalam kelas ini Moms dapat bertemu dengan para ibu hamil lainnya untuk berbagi pengalaman hingga dapat membahas hal-hal yang tidak dapat dibahas dengan para calon ayah.

Namun, jika Moms lebih senang ditemani oleh suami, ada kelas khusus yang dapat mempraktikan situasi persalinan seperti teknik melahirkan, pernapasan, dan pemijatan.

Bagi para pasangan baru, kelas ini akan menjadi salah satu media informasi yang bermanfaat agar melalui proses selama kehamilan dan melahirkan dijalankan dengan tidak merasakan kepanikan.

Moms juga dapat mencari beberapa rekomendasi kelas seperti kelas privat, jika Moms lebih merasa nyaman melakukan kelas secara privat.

Baca Juga: Prenatal Yoga, Apa Manfaatnya dan Teknik yang Dilakukan?

3. Kelas Aquanatal

4 Kelas Kehamilan yang Bisa Moms Ikuti 3.jpg

Foto: https://www.birthlight.com/

Kelas aquanatal merupakan salah satu kelas kehamilan yang dapat melemaskan otot yang tegang saat kehamilan.

Bukan hanya dikhususkan untuk para ibu yang ingin melahirkan persalinan di air, kelas ini direkomendasikan untuk ibu hamil pada trimester terakhir supaya tetap bergerak aktif.

Air dalam kolam dapat membantu melemaskan otot-otot tegang dan membantu menopang beban baby bump yang cukup berat di trimester ketiga tersebut.

Menurut Every Mum, aquanatal mengurangi stres pada sendi yang menahan beban dan memungkinkan gerakan terjadi dengan berkurangnya gaya gravitasi.

Sebagian besar latihan aquanatal dilakukan di air sedalam dada sehingga seorang wanita hamil hanya akan mengalami 25-30% dari berat tubuhnya, oleh karena itu memberikan media yang sangat nyaman untuk berolahraga.

Baca Juga: Kenali 3 Jenis Vitamin Prenatal untuk Moms yang Sedang Hamil

4. Kelas Hypnobirthing

4 Kelas Kehamilan yang Bisa Moms Ikuti 4.jpg

Foto: https://www.thehypnobirthingmidwife.co/

Persalinan nyaman dan tanpa rasa sakit adalah impian para ibu hamil. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Moms dapat mengusahakannya melalui beberapa kelas.

Salah satu kelas yang dapat membantu melancarkan persalinan idaman adalah kelas hypnobirthing.

Dalam kelas ini Moms akan dibantu untuk menerapkan sugesti-sugesti positif mengenai persalinan agar menghilangkan rasa takut dan cemas saat proses persalinan nanti.

Dikutip dari Journal of Maternal and Child Health, teknik-teknik seperti meditasi, perumpamaan terpandu, pernapasan dalam, dan hipnosis dapat mengarahkan ibu hamil ke dalam keadaan relaks.

Para calon ayah juga akan dilibatkan dalam kelas ini untuk mendampingi ibu ketika proses persalinan.

Baca Juga: 5 Tips Menyiapkan Diri Sebelum Persalinan

Itu dia Moms, 4 jenis kelas kehamilan yang bisa Moms ikuti dan dapatkan segala manfaatnya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait