2-3 tahun

2-3 TAHUN
27 Desember 2017

4 Manfaat Bertelanjang Kaki bagi Balita

Anak masih belum lancar berjalan? Sering-sering biarkan ia bertelanjang kaki, deh, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Membiarkan anak bermain atau berjalan tanpa sepatu alias bertelanjang kaki sepertinya terasa kurang lazim bagi masyarakat di perkotaan. Para orang tua khawatir kalau buah hatinya akan tertusuk atau terluka akibat menginjak benda tajam saat bermain. Tapi, apa Moms tahu kalau ternyata ada banyak manfaat telanjang kaki bagi si kecil?

Ya, manfaat bertelanjang kaki tak hanya akan dirasakan oleh kaki balita, tapi juga bisa mendukung tumbuh kembang serta pola pikirnya, lho. Untuk lebih jelasnya, yuk, kita lihat bersama manfaat telanjang kaki berikut ini:

1. Membantu Pertumbuhan Secara Alami

4 manfaat bertelanjang kaki bagi balita 1

Foto: theevokecompany.com.au

Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang paling kompleks pada manusia. Agar kaki balita dapat berkembang sempurna, otot dan tulang kakinya harus mempunyai cukup ruang untuk membuatnya kuat dan berada pada posisi yang alami.

Balita yang terlalu banyak memakai sepatu ternyata pertumbuhan kakinya akan terhambat secara signifikan, karena otot dan tulang kaki menjadi sulit terbentuk secara sempurna dan fungsi kaki tidak dapat berjalan dengan normal.

2. Membantu Lebih Cepat Berjalan

4 manfaat bertelanjang kaki bagi balita 2

Foto: perthpodiatrist.com

Balita terlihat sulit belajar berjalan? Coba kurangi frekuensi pemakaian sepatunya, deh, Moms. Meski sepatu dapat melindungi kaki balita dari bahaya cedera, bila dipakai terlalu sering malah bisa membuat balita kesulitan belajar berjalan.

Baca juga: Kenali Bentuk Kaki Balita Saat Pertama Kali Berjalan

Saat balita yang sedang belajar berjalan terlalu sering memakai sepatu, otot kakinya akan sulit terbentuk karena tidak terlatih dengan baik. Belum lagi, kekuatan kaki balita jadi berkurang akibat terlalu sering berpijak pada sol empuk sepatu.

Untuk menghindari hal tersebut, Moms bisa mengurangi frekuensi pemakaian sepatu pada balita, agar ia terbiasa berjalan sambil merasakan beban tubuh sendiri di kakinya. Jika hal ini rutin dilakukan, tidak lama lagi buah hati pasti akan bisa berjalan dengan lancar.

3. Membuat Kaki Lebih Sehat

4 manfaat bertelanjang kaki bagi balita 3

Foto: raepica.com

Sebuah studi yang dilakukan di Afrika Selatan menemukan fakta bahwa orang yang bertelanjang kaki mempunyai kaki yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang sering memakai sepatu.

Alasannya, sepatu yang hangat dan lembap menjadi tempat yang cocok bagi jamur untuk tumbuh dan berkembang biak. Kaki yang sering dipakaikan sepatu dengan ketat juga dapat membuat otot dan tulang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

4. Meningkatkan Kewaspadaan

4 manfaat bertelanjang kaki bagi balita 4

Foto: offaithandfamily.files.wordpress.com

Apakah Moms tahu kalau ada 20.000 sensor syaraf di ujung kaki? Hebatnya, syaraf akan bekerja dengan mengirimkan sinyal ke otak untuk memberikan informasi tentang pijakan yang kita injak, seperti tekstur, kemiringan, atau suhu. Aktivitas ini dinamakan dengan propioception dan sangat penting untuk melatih keseimbangan serta kewaspadaan saat berjalan.

Karena propioception hanya bisa dilatih dengan sempurna saat berjalan dengan bertelanjang kaki, sebaiknya ajak buah hati bermain atau berlatih berjalan di berbagai permukaan pijakan yang berbeda, ya, Moms.

Ternyata, membiarkan buah hati sering bertelanjang kaki juga dapat bermanfaat bagi tumbuh kembang balita, apalagi bila dilakukan secara rutin sambil melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Selain taman dan halaman rumah, apa Moms punya ide tempat lain dimana balita bebas bermain sambil bertelanjang kaki dengan aman?

(WA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait