Jalan-jalan

23 Juni 2019

4 Museum Makanan di Berbagai Negara yang Menarik Dikunjungi

Tak cuma belajar sejarah, Moms juga bisa mencicipi makanannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms mengaku sebagai pencinta kuliner? Jika demikian, Moms wajib pernah menyambangi museum makanan saat berkunjung ke luar negeri.

Di tempat ini, Moms bisa mempelajari seluk-beluk makanan tertentu sampai cara membuatnya. Tak lengkap rasanya jika Moms tidak mengakhiri tur dengan menyantap makanan tersebut. Puas!

Ini sebagian museum makanan di dunia yang menarik dikunjungi:

1. Jepang: Shin-Yokohama Ramen Museum

4 Museum Makanan di Berbagai Negara yang Menarik Dikunjungi 01.jpg

Foto: shutterstock.com

Terletak di Yokohama, museum ini menampilkan sejarah ramen di lantai dasar. Mulai dari ramen tradisional sampai ramen instan. Moms juga bisa melihat replika ramen pertama yang pernah dimakan.

Nah, di dua lantai di bawahnya, ada replika kota tua Tokyo, Shitamachi, dengan latar sekitar tahun 1958, tahun ramen instan pertama di dunia diciptakan.

Ada sembilan restoran di sana yang menyajikan jenis ramen berbeda dari setiap daerah. Jadi, Moms bisa mencicipi beragam jenis ramen tanpa harus mengunjungi tempat asalnya satu per satu.

Baca Juga: Resep Chicken Egg Roll Ala Restoran Jepang Ternama

2. Belgia: Frietmuseum

4 Museum Makanan di Berbagai Negara yang Menarik Dikunjungi 02.jpg

Foto: dnaindia.com

Meski namanya French fries, kentang goreng ini konon berasal dari Belgia. Karena itu, tak heran jika ada Museum Kentang Goreng (Frietmuseum) di Kota Bruges.

Terdiri dari tiga bagian, Frietmuseum akan mengajak Moms memelajari sejarah kentang dan kentang goreng. Ada 400 benda kuno, lo, yang terpajang.

Di akhir perjalanan, Moms bisa mencicipi French fries. Asyik!

Baca Juga: 7 Strategi Pola Asuh Anak Ala Prancis Yang Patut Moms Tiru

3. Belanda: Hollands Kaas Museum

4 Museum Makanan di Berbagai Negara yang Menarik Dikunjungi 03.jpg

Foto: kaasmarkt.nl

Moms mungkin tahu kalau gouda dan edam adalah nama jenis keju. Tapi tahukah Moms kalau nama tersebut berasal dari nama kota di Belanda?

Museum keju Belanda yang terletak di lantai atas gudang penimbangan keju di Kota Alkmaar bertujuan mengedukasi pengunjung soal ini.

Di museum ini, Moms bisa menemukan koleksi alat-alat yang berhubungan keju serta memainkan display interaktif. Selain itu, semua pengunjung dapat menonton film tentang keju selama 15 menit.

Mumpung di Alkmaar yang disebut "Kota Keju", jangan lupa mampir ke pasar keju terbesar di Belanda. Ajang ini digelar setiap Jumat pada April sampai September.

Baca Juga: Resep Poffertjes Ice Cream, Cemilan Enak Asal Belanda

4. Korea Selatan: Kimchi Field Museum

4 Museum Makanan di Berbagai Negara yang Menarik Dikunjungi 04.jpg

Foto: theseoulguide.com

Inilah satu-satunya museum makanan di Korea Selatan. Beroperasi sejak 1986 di Seoul, di sini Moms bisa menemukan perpustakaan berisi buku-buku dan tulisan ilmiah terkait kimchi.

Ada pula peralatan tanah liat kuno yang pernah digunakan untuk membuat kimchi. Ternyata, kimchi bisa berbeda-beda tergantung musim dan daerahnya, lo.

Tertarik membuat kimchi? Moms bisa mendaftar di kursus yang mengajarkan tentang cara mengolah kimchi sampai mengedukasi tentang pentingnya makanan ini bagi orang Korea.

(EMA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait