3-5 tahun

3-5 TAHUN
4 Mei 2020

4 Panduan Balita Menggunakan Gadget dengan Bijak

Orang tua wajib tahu, nih!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Tengok panduan balita menggunakan gadget ini yuk, Moms.

Tahun-tahun pertama adalah masa paling penting bagi perkembangan anak. Pada periode ini anak belajar berperilaku, antara lain melalui pengamatan terhadap hal-hal di sekeliling mereka.

Salah satu yang diamati anak adalah penggunaan gadget oleh orang tua yang akan menjadi acuan Si Kecil dalam menggunakan teknologi tersebut.

Di sinilah pentingnya panduan balita menggunakan gadget. Apalagi gadget telah menjadi bagian dari keseharian banyak keluarga zaman now.

Panduan Balita Menggunakan Gadget

Tanpa panduan atau aturan penggunaan gadget yang jelas, Si Kecil nantinya bisa kecanduan gadget!

Berikut panduan balita menggunakan gadget yang dapat orang tua praktikkan.

1. Temani Anak

901742bc-7fa2-4cf3-8ac0-c1bee23efa64.jpg

Foto: slate.com

Sama seperti anjuran menemani anak saat menonton televisi, begitu juga saat Si Kecil sedang menggunakan gadget. Moms atau Dads perlu mendampinginya agar bisa memberi penjelasan kepada anak mengenai tayangan yang ia tonton ataupun game yang sedang ia mainkan.

Baca Juga: Miris, Rekaman Bocah Perempuan Tonton Video Porno di Smartphone, Begini Cara Bijak Sikapi Penggunaan Gadget untuk Anak

2. Batasi Waktunya

little-boy-looking-at-phone-on-couch-1024x576-1515610949.jpg

Foto: todaysparent.com

Panduan balita menggunakan gadget dari the American Academy of Pediatrics adalah maksimal dua jam dalam sehari. Tetapi, bukan berarti Moms boleh membiarkan Si Kecil memakai gadget selama dua jam nonstop. Bagi durasi tersebut ke dalam 3–4 sesi dalam sehari. Jadi Si Kecil memiliki waktu menggunakan gadget selama 30–40 menit setiap sesi.

3. Tidak di Kamar

boy-girl-couch-with-tablets_23-2147782877.jpg

Foto: freepik.com

Dokter Brown menyarankan orang tua agar tidak membolehkan anak menggunakan gadget di kamar. Tetapkan aturan bahwa penggunaan gadget hanya bisa dilakukan di ruangan bersama, seperti ruang keluarga. Tujuannya agar anak tidak merasa gadget adalah alat yang bisa mereka gunakan secara individu.

Baca Juga: Daripada Main Gadget, Mari Lakukan 5 Aktivitas Berkebun yang Cocok untuk Balita di Luar Rumah

4. Menjadi Contoh

iCnztqmAAfo6tv6cw6ybTJ-1200-80.jpg

Foto: slydor.com

Panduan balita menggunakan gadget yang paling mendasar adalah anak mengamati kebiasaan orang tua. Bila Moms dan Dads senantiasa sibuk dengan gadget, maka Si Kecil akan menganggap hal itu sebagai suatu kewajaran dan kemungkinan akan menirunya. Bila orang tua ingin anak mempunyai “hubungan” yang sehat dengan gadget, maka Moms dan Dads pun harus mempraktikkan “gaya hidup sehat gadget” tersebut.

Misalnya, dengan tidak menggunakan gadget saat sedang makan bersama; menjauhkan gadget saat sedang bermain atau mengobrol bersama anak; tidak membawa gadget ke kamar; melakukan kegiatan lain yang tidak melibatkan gadget; dan sebagainya.

Berbagai studi menemukan, penggunaan gadget secara berlebihan oleh anak balita dapat menimbulkan dampak negatif terhadap perkembangan Si Kecil.

Menurut dr. Ari Brown, dokter speasilis anak dan CEO 411 Pediatrics and After Hours Care di Austin, Texas, penggunaan gadget secara berlebihan oleh anak balita berpotensi meningkatkan risiko obesitas, gangguan perhatian (attention dissorder), dan gangguan tidur.

Melihat besarnya dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan anak, pastikan Moms dan Dads memiliki panduan balita menggunakan gadget.

Baca Juga: Ini yang Harus Dilakukan oleh Orang Tua Untuk Mengurangi Kedekatan Anak dengan Gadget

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar mengasuh anak di era digital, Moms bisa bergabung mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait