Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Kesehatan Anak | Oct 18, 2018

4 Penyebab Mimisan pada Anak dan Cara Mengatasinya

Bagikan


4 Penyebab Mimisan pada Anak dan Cara Mengatasinya

Mimisan kerap dialami beberapa anak kecil, dimana Moms tentu harus tahu apa yang menjadi penyebab dan bagaimana pertolongan pertama yang dapat dilakukan pada mereka.

Terdapat beberapa penyebab mimisan pada anak seperti:

1. Udara Kering

Dimanapun itu, entah di dalam dalam ruangan atau diluar ruangan, penyebab paling umum dari mimisan pada anak-anak adalah udara kering yang menyebabkan iritasi dan dehidrasi membran hidung.

2. Menggaruk Hidung

Ini adalah penyebab paling umum kedua dari mimisan. Mengiritasi hidung dengan menggaruk mengorek hidung  dapat mengekspos pembuluh darah yang rentan terhadap perdarahan.

Baca Juga : Ini Waktu Mimisan Pada Anak Yang Harus Diwaspadai

3. Cedera

Ketika seorang anak mengalami cedera pada hidung maka hal tersebut bisa menjadi penyebab mengapa mereka mimisan. Sebagian besar tidak masalah, tetapi Moms harus mencari perawatan medis jika tidak dapat menghentikan pendarahan setelah 10 menit.

4. Dingin, Alergi, atau Infeksi Sinus

Setiap penyakit yang mencakup gejala hidung tersumbat dan iritasi dapat menyebabkan mimisan. Infeksi ini dapat menyebabkan perdarahan.

Cara Mengobati Mimisan pada Si Kecil

4 Penyebab Mimisan pada Anak dan Cara Mengatasinya

Moms dapat membantu memperlambat mimisan dengan menempatkannya di kursi. Ikuti langkah-langkah ini untuk menghentikan mimisan:

Jaga agar mereka tetap tegak dan dengan perlahan miringkan kepala mereka sedikit ke depan. Mencondongkan kepala mereka ke belakang dapat menyebabkan darah mengalir ke tenggorokan mereka.

Tak hanya itu hal tersebut dapat membuat anak Si Kecil batuk atau bahkan muntah. Jepit bagian lembut dari hidung dan biarkan mereka bernafas melalui mulut mereka.

Cobalah untuk melakukannya sekitar 10 menit. Moms juga dapat mengompresnya dengan es untuk membantu menghentikan pendarahan.

Jangan terlalu cepat melepas jepitan pada hidungnya karena dikhawatirkan akan membuat mimisan kembali terjadi.

Baca Juga : Pertolongan Pertama Mengatasi Mimisan Pada Anak

Apakah Sering Mimisan Menjadi Masalah?

Umumnya beberapa anak hanya akan mengalami satu atau dua kali mimisan selama beberapa tahun, namun mungkin saja lebih sering terjadi bila lapisan hidung terlalu teriritasi, karena sentuhan kecil sekalipun dapat menyebabkan mimisan.

Jika anak Moms sering mimisan, maka cobalah untuk menggunakan alat penguap di kamar tidur Si Kecil untuk menambahkan kelembapan ke udara, selain itu cobalah untuk menjaga kuku Si Kecil untuk mengurangi goresan dan iritasi saat mengorek hidung

Meskipun hal ini terlihat dapat diatasi, namun ada kalanya Moms harus membawa mereka ke dokter bila sudah terjadi hal yang dirasa tak biasa. seperti mereka berdarah dari tempat lain, seperti gusinya atau mereka memiliki memar yang parah di seluruh tubuh.

Selain itu, bila mimisan tak berhenti selama 10 menit pula Moms harus segera mendapatkan pertolongan medis. Hal ini juga berlaku pada mimisan yang diiringi sakit kepala, rasa lemas atau pusing.

Cobalah untuk menjaga Si Kecil beristirahat atau bermain dengan tenang setelah mimisan. Dorong mereka untuk menghindari meniup hidung mereka atau menggosoknya terlalu keras.

Perlu diingat bahwa kebanyakan mimisan tidak berbahaya. Namun Moms tentu harus tetap memahami cara memperlambat dan menghentikannya.

(MDP)

Bagikan


Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.