Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Feb 7, 2018

4 Penyebab Perut Buncit Berdasarkan Jenisnya, Salah Satunya Ada 'Perut Ibu' Juga, Lo!

Bagikan


4 Penyebab Perut Buncit Berdasarkan Jenisnya, Salah Satunya Ada 'Perut Ibu' Juga, Lo!

Pernah tidak Moms merasakan bagian perut yang lebih besar dari ukuran normalnya? Kondisi di mana ukuran perut lebih besar dan tidak proporsional ini biasa disebut dengan perut buncit.

Perut buncit ini sering diartikan dengan kelebihan berat badan atau bahkan obesitas. Tapi, Moms, tidak semua penyebab dari kondisi perut buncit adalah kelebihan berat badan, lo. Yuk simak beberapa jenis perut buncit dan penyebabnya!

1. Stress belly

Jenis perut buncit yang pertama adalah stress belly atau disebut juga dengan stress tummy. Pada jenis ini, perut membuncit mulai dari bawah payudara dan terkonsentrasi pada area pusar. Selain itu, perut terasa kencang dan tebal juga.

Penyebab perut buncit jenis ini diakibatkan karena stres yang cukup berat yang mana mengakibatkan peningkatan produksi hormon kortisol. Peningkatan kortisol memudahkan gula memasuki aliran darah yang berakibat pada kelebihan energi.

Tapi, saat stres melanda terkadang energi tidak digunakan secara maksimal karena penurunan aktivitas. Nah, selain itu penyebab lainnya adalah karena mengkonsumsi terlalu banyak kopi dan mengkonsusmsi makanan yang kurang sehat akan mempercepat pembuncitan perut.

Baca Juga : Waspada Mommyrexia, Tren Tetap Langsing Saat Hamil yang Justru Bahayakan Janin

2. Pear shape belly

Jenis perut buncit selanjutnya adalah pear shape belly atau low belly. Moms pasti pernah melihat seseorang yang bertubuh kurus namun perutnya buncit? Nah, ini yang dinamakan dengan pear shape belly atau low belly.

Pada jenis ini, perut terlihat membesar di bagian bawah namun kondisi badan tetap kurus. Penyebabnya cukup beragam lho Moms, salah satunya adalah jenis olahraga yang monoton dan terlalu berlebihan.

Contohnya adalah terlalu sering melakukan crunches tanpa variasi olahraga perut lainnya. Selain itu, penyebab perut buncit jenis ini bisa juga disebabkan oleh faktor genetik, ketidakseimbangan hormon, dan pengaruh dari kondisi pasca melahirkan.

Baca Juga : Stagen alias Gurita, Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan?

3. Post-pregnancy belly

Kalau yang ini pasti banyak dialami para ibu yang sudah pernah melahirkan. Apakah Moms termasuk yang mengeluh karena perut terlihat buncit atau terlihat seperti masih hamil padahal sudah lama melahirkan?

Tenang saja Moms, ini kondisi yang normal pada perempuan yang habis melahirkan. Biasanya perut akan berangsur mengecil dan kembali pada kondisi semula sekitar 2 sampai 3 bulan setelah melahirkan.

Tapi, kalau sudah lewat jangka tersebut dan perut masih buncit seperti saat sedang hamil maka kondisi itulah yang dinamakan dengan perut ibu, Moms.

Penyebab perut buncit kategori ini bisa karena kurangnya aktivitas yang Moms lakukan pasca melahirkan, otot pelvis yang melemah, dan olahraga pengecilan perut yang terlalu cepat dilakukan. Hmmm... kalau begitu, Moms wajib coba tips meratakan perut setelah melahirkan ini.

4. Bloated belly 

Terakhir, ada bloated belly atau lebih dikenal dengan buncit karena kembung. Perut buncit jenis ini bisa terjadi kapan saja.

Pagi hari perut masih terlihat rata, saat siang perut bisa membuncit. Penyebab perut buncit tersebut bisa disebabkan oleh alergi makanan, terlalu banyak  makan, kerja usus yang melamban dan ketidakseimbangan floral yang bekerja dalam sistem pencernaan.

Kedua hal terakhir menyebabkan produksi gas berlebih yang membuat perut ikut membuncit.

Baca Juga : Perut Balita Buncit, Apakah Itu Masalah Serius?

Wah, ternyata banyak jenisnya, ya. Mana yang pernah Moms alami dari 4 penyebab perut buncit barusan? Share juga yuk cara mengatasinya...

(LMF)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.