Bayi

BAYI
27 November 2019

4 Rekomendasi Mainan Bayi 2 Bulan, Bantu Tumbuh Kembang Si Kecil

Yuk, bermain seru bersama Si Kecil!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Agak bingung, kah, Moms, mencari rekomendasi mainan bayi berumur 2 bulan?

Bermain adalah kegiatan yang sangat disenangi bayi. Karena itu, wajar bila Moms kerap membelikan mainan untuk Si Kecil.

Bahkan, menggunakan mainan juga dapat menjadi sarana untuk belajar bayi, tentu dengan memilih mainan yang sesuai dengan usia tumbuh kembang Si Kecil.

Dalam Journal American Medical Association (JAMA) Pediatrics, bermain, memiliki peran penting dalam perkembangan bahasa anak-anak.

Jumlah dan frekuensi bahasa yang diucapkan anak-anak oleh pengasuh dewasa selama tahun-tahun awal pertumbuhan adalah faktor kunci dalam bagaimana bahasa anak dapat berkembang.

Jika Moms sedang mencari mainan bayi 2 bulan yang cocok, berikut ini ada rekomendasi menarik yang dapat dipilih.

Baca Juga: 4 Permainan Ini Bisa Melatih Otot Bayi

Mainan Bayi 2 Bulan

Mengutip National Association for the Education of Young Children, bayi usia dua bulan suka melihat orang-orang, dan mengikuti orang dengan mata mereka.

Karena itu, mainan bayi 2 bulan yang bagus adalah benda-benda yang dapat mereka raih, pegang, hisap, digoyangkan, bernada, boneka lembut, atau bola bertekstur.

1. Mainan Kerincing Bayi

mainan bayi 2 bulan-1.jpg

Mengutip Mom Junction, mainan kerincing melatih keterampilan indera pendengaran, indera sentuhan, dan keterampilan motorik.

Suara adalah rangsangan utama untuk mendapatkan reaksi dari Si Kecil yang berumur dua bulan. Karena itu, mainan kerincing dan musik bisa menjadi rekomendasi mainan bayi 2 bulan.

Pilih mainan kerincing yang bisa digenggam dengan mudah, serta nyaman dan memiliki besar mainan yang aman untuk telapak tangan Si Kecil yang masih mungil.

2. Mainan Piano Khusus Bayi

mainan bayi 2 bulan-2.jpg

Mainan musik piano ini dapat melatih keterampilan koordinasi suara dan tanga. Bayi usia 2 bulan dapat menjadi lebih waspada terhadap suara, sehingga dapat menjadi mainan bayi 2 bulan menarik untuknya.

Coba mainkan berbagai jenis suara sebagai cara yang bagus untuk meningkatkan sensorik dan perkembangan kognitifnya.

Pilih mainan dengan tombol-tombol piano yang terbuat dari bahan lembut dan dapat disentuh dengan mudah oleh jari Si Kecil.

Baca Juga: 3 Mainan Bayi yang Merangsang Tumbuh Kembang

3. Mainan Teether

mainan bayi 2 bulan-3.jpg

Mainan bayi 2 bulan selanjutnya adalah teether bayi, yang dapat melatih keterampilan motorik kasar, kekuatan rahang, serta persepsi sensorik melalui mulut.

Mainan ini khusus untuk mengunyah, yang merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan bayi usia dua bulan.

Agar aman, pilih mainan teether yang terbuat dari silikon bebas dari bahan kimia berbahaya seperti ftalat, lateks, dan BPA. Pastikan mainan teether tersebut juga berlisensi resmi sehingga aman saat digigit bayi.

Baca Juga: Seru dan Menyenangkan! Ini 4 Manfaat Permainan Simbolik untuk Balita

4. Boneka yang Lembut untuk Bayi

mainan bayi 2 bulan-4.jpg

Tidak hanya untuk balita, boneka juga dapat menjadi mainan bayi 2 bulan yang ideal untuk tumbuh kembang Si Kecil. Bermain dengan boneka berbulu lembut dapat mengembangkan pergerakan otot, dan persepsi.

Pastikan memilih boneka lembut yang tidak memiliki banyak bulu karena khawatir bila bulu tersebut rontok. Moms juga dapat memilih boneka dengan warna-warna cerah.

Nah, itu dia rekomendasi mainan bayi 2 bulan yang dapat membantu tumbuh kembang Si Kecil.

(AP/DIN)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait