Jalan-jalan

20 Mei 2019

4 Rekomendasi Perpustakaan Seru untuk Si Kecil

Bagus sebagai tempat wisata dan sarana edukasi untuk anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Perpustakaan menjadi salah satu tempat untuk menghabiskan quality time bersama anak bersama Si Kecil. Seiring anak semakin tumbuh dan berkembang menjadi lebih dewasa, penting bagi orang tua menyediakan waktu lebih untuk membantu mereka mempelajari hal-hal yang harus mereka ketahui.

Menurut seorang dokter anak dan peneliti di Pusat Penelusuran Literasi dan Membaca Rumah Sakit Anak Cincinnati, dr. John S. Hutton, anak yang banyak membaca selama tahap perkembangannya akan membantu pengembangan otak dan bahasa anak.

Oleh sebab itu, para orang tua dianjurkan untuk membiasakan Si Kecil membaca sejak dini, untuk menumbuhkan pembelajaran dan menciptakan koneksi di otak anak yang penting untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak.

Agar hal ini terwujud, banyak akal bisa Moms dan Dads lakukan, seperti mengajak anak ke perpustakaan untuk menghabiskan akhir pekan atau waktu liburannya. Perpusatakaan kini sudah bukan lagi tempat yang membosankan. Cukup banyak perpustakaan seru yang bisa Moms kunjungi.

Kira-kira, di mana saja ya perpustakaan seru untuk Si Kecil di Jakarta? Yuk kita lihat daftarnya!

Baca Juga: Yuk Ajak Anak ke 5 Perpustakaan Ini Agar Mereka Senang Membaca!

1. Perpustakaan Nasional RI

perpustakaan anak, quality time bersama anak

Berkunjung ke Perpustakaan Nasional RI bisa menjadi pertimbangan untuk Moms yang ingin menghadirkan wisata edukasi untuk anak. Selain menghibur, minat baca anak juga akan tumbuh dengan banyaknya buku yang tersedia.

Di perpustakaan ini tersedia Ruang Layanan Anak yang terletak di lantai tujuh. Di sini Si Kecil bisa membaca koleksi buku anak bersama dengan teman-teman sebaya lainnya.

Anak akan betah berlama-lama, karena ruangan ini difasilitasi dengan karpet empuk berwarna-warni, serta bantal duduk seukuran anak yang juga empuk. Buah hati Moms dapat duduk dengan nyaman sambil membaca, bahkan tiduran.

Alamat: Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat (lantai 7).

2. Perpustakaan Umum DKI Jakarta di Cikini

perpustakaan anak, quality time bersama anak

Perpustakaan umum milik pemerintah ini terletak di dalam kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. Tempat ini merupakan bangunan umum tiga lantai, dan perpustakaan anak terletak di lantai 2.

Tidak hanya menyediakan koleksi buku yang dapat dibaca anak, ada fasilitas lain yang bisa dinikmati seperti koleksi majalah yang beragam, permainan edukatif, dan permainan indoor yang menawarkan perosotan hingga dengan mobil-mobilan listrik.

Area perpustakaan anak ini sangat luas. Ruangannya pun sangat mendukung untuk anak membaca. Di sini Si Kecil bisa membaca dan bermain dengan bebas.

Alamat: Taman Ismail Marzuki, No. 73, Jl. Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Cari Tempat Rekreasi Sekaligus Edukasi Anak di Jakarta? Ke 5 Museum Ini Saja

3 Rimba Baca

perpustakaan anak, quality time bersama anak

Dari namanya saja sudah menarik. Tempat ini adalah perpustakaan anak yang dibuat dengan konsep rumahan. Tersedia deretan koleksi buku anak-anak yang dikelompokkan sesuai umur dan berbagai topik dalam bahasa Inggris maupun Indonesia.

Tempat membaca ini juga dilengkapi dengan sofa-sofa kecil, bantal, beraneka ragam boneka, serta meja dan kursi warna warni agar anak dapat membaca dengan nyaman.

Selain itu juga ada fasilitas pendukung seperti free wi-fi dan komputer. Jika Si Kecil lapar, ibu bisa membelikannya berbagai macam snack di sudut snack. Kegiatan membaca anak pun dijamin seru dan menyenangkan.

Alamat: Jl. RSPP, no. 21B, Cilandak, Jakarta Selatan.

4. Bookshelf

perpustakaan anak, quality time bersama anak

Bukan hanya Si Kecil saja yang butuh asupan bacaan, Moms dan Dads juga pasti perlu. Agar tetap dapat menghabiskan akhir pekan bersama anak sekaligus menciptakan kegiatan yang menyenangkan, Moms bisa mengajak keluarga ke Kafe Bookshelf.

Bookshelf adalah sebuah kafe buku 2 lantai yang terletak di kawasan Cinere, Depok. Sesuai namanya, kafe ini dihiasi dengan deretan rak buku berisi beragam koleksi dari novel hingga komik.

Lantai pertama kafe ini digunakan sebagai toko buku, sedangkan lantai 2 nya digunakan sebagai kafe, reading area, dan movie room. Jadi selain membaca dan menikmati camilan, Moms dan keluarga juga bisa nonton di kafe ini. Keren, ya!

Alamat: Jl. Cinere Raya No. 43/M 16514, Depok.

Itulah beberapa rekomendasi perpustakaan yang bisa Moms gunakan untuk menghabiskan quality time bersama keluarga. Jika bisa bersenang-senang sambil menambah wawasan anak, kenapa tidak ya Moms?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait