Newborn

28 Desember 2020

3+ Manfaat Sentuhan pada Bayi dan Jenisnya, Yuk Lakukan!

Lakukan sejak ia lahir untuk perkuat kekebalan tubuhnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sentuhan pada bayi banyak manfaatnya lho Moms. Bagi bayi, sembilan bulan berada di dalam kandungan ibu mungkin terasa seperti pelukan yang panjang dan penuh kasih.

Maka tidak mengherankan jika penelitian mendukung manfaat kontak kulit-ke-kulit bagi ibu dan bayi sejak lahir, selama masa bayi, dan seterusnya.

Para ahli di Rumah Sakit Anak Lucile Packard merekomendasikan agar ibu hamil memasukkan kontak kulit ke kulit dengan bayi mereka sebagai bagian dari rencana kelahiran mereka.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi yang Rewel, Ini Penjelasannya

Jika kesehatan ibu dan bayi memungkinkan, menunda protokol normal untuk memandikan, menimbang, dan menguji bayi dapat diganti dengan berbagi waktu untuk melakukan kontak kulit-ke-kulit.

"Bahkan untuk bayi yang lahir melalui operasi caesar, perawatan kulit-ke-kulit setelah melahirkan bisa menjadi awal yang bagus dan kuat bagi ibu dan bayi," kata Susan Crowe, dokter kandungan, sekaligus direktur layanan pengobatan rawat jalan menyusui di Packard Children's.

Lalu apa manfaat sentuhan pada bayi? Yuk simak penjelasan berikut ini, Moms.

Manfaat Sentuhan pada Bayi

Agar Moms tidak bingung dan ragu lagi, berikut ini beberapa manfaat baik dari sentuhan pada bayi yang tidak terduga.

1. Baik untuk Perkembangan Otak dan Emosi Bayi

manfaat sentuhan untuk bayi

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat sentuhan pada bayi yang pertama adalah untuk perkembangan otak. Pengalaman sentuhan yang pertama kali dialami oleh bayi akan berpengaruh terhadap pertumbuhan lanjutan selama hidupnya.

Neuroscience terkemuka, Profesor Francis McGlone juga menemukan bahwa sentuhan yang lembut dapat mempengaruhi perkembangan otak dan emosi bayi melalui sebuah sistem pada saraf di dalam kulit bayi yang merespons sentuhan orang tuanya.

Baca Juga: 5+ Cara Menggendong Bayi yang Benar, Sudah Tahu?

2. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh Anak

manfaat sentuhan untuk bayi

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat sentuhan pada bayi yang selanjutnya adalah mendukung sistem kekebalan tubuh. Perlu Moms ketahui, efek sentuhan juga dapat menurunkan hormon kortisol yang diketahui dapat menurunkan imunitas kita, termasuk si buah hati.

“Sentuhan yang lembut tidak hanya dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi, tetapi juga membantu mendukung sistem kekebalan, mempengaruhi suasana hati, tingkat stress dan banyak manfaat yang lain,” jelas Prof. Francis McGlone dalam acara Virtual Launching Cussons Baby Powder, Selasa (15/12/2020).

3. Membangun Ikatan dengan Anak

manfaat sentuhan untuk bayi

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat sentuhan pada bayi yang selanjutnya adalah memabangun ikatan dengan anak. Menyentuh bayi, baik untuk membangun ikatan datau bonding dengan si buah hati. Moms bisa sering melakukannya melalui pijat bayi.

Cara ini telah dipraktikkan di banyak budaya selama ribuan tahun, dan penelitian menunjukkan banyak manfaat.

Melalui pijatan, Moms dapat meningkatkan kesadaran tentang bagaimana bayi berkomunikasi dan gagasan tentang cara-cara untuk mendukung bayi di beberapa bulan pertama mereka. Moms dan bayi akan menemukan yang terbaik untuk kita berdua.

Agar hasilnya lebih optimal, Moms disarankan untuk belajar lebih banyak dari seseorang yang memiliki kualifikasi dalam pijat bayi untuk mendapatkan manfaat penuh.

Baca Juga: 5 Cara Bonding dengan Bayi Selama Kehamilan

4. Membuat Bayi Lebih Tenang dan Tidak Menangis

manfaat skin to skin dengan bayi

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat sentuhan pada bayi yang selanjutnya adalah membuat bayi lebih tenang dan tidak menangis. Beberapa orang tua tidak menggendong bayi mereka sesering mungkin karena takut akan memanjakan anak. Faktanya, tidak ada yang salah dengan hal tersebut.

Setiap kali Moms menggendong bayi, kita secara tidak langsung memberi tahu mereka bahwa kia peduli dan memahami kebutuhan mereka. Jadi jangan ragu untuk menggendong bayi yang menangis yang Moms.

Moms bisa membelai kepala mereka, gosok punggung mereka dengan lembut, dan beri tahu mereka bahwa kita akan selalu ada di sana. Saat menggendong bayi, berbicara dan bernyanyi dengan lembut dapat membantu memperkuat ikatan kita dan Si Kecil.

Itu dia Moms beberapa manfaat dari sentuhan pada bayi kita. Jadi jangan ragu untuk sering membelai atau menggendong Si Kecil ya.

Jenis Sentuhan pada Bayi

Ikatan emosional atau bonding antara ibu dan anak adalah hal yang sangat penting. Bagi ibu, bonding adalah salah satu cara untuk menyalurkan kasih sayang pada Si Kecil.

Sedangkan untuk Si Kecil tentu manfaatnya sangat banyak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bonding yang dilakukan sejak dini memberikan banyak manfaat jauh ke depan, seperti meningkatkan imunitas dan kecerdasan (IQ).

Bonding dapat dilakukan sejak Si Kecil baru lahir. Karena belum dapat melakukan banyak hal, maka salah satu bentuk bonding yang dapat dilakukan adalah lewat sentuhan.

Baca Juga: Alasan Penting Mengapa Calon Ayah Harus Rajin Mengusap Perut Ibu Hamil

Berikut beberapa jenis sentuhan pada bayi yang dapat Moms lakukan untuk memperkuat bonding dengan Si Kecil.

1. Skin to skin

Jenis sentuhan pada bayi yang pertama adalah skin to skin. Sentuhan ini banyak dilakukan pada bayi baru lahir. Tidak hanya bermanfaat untuk menghangatkan badan Si Kecil, skin to skin juga dipercaya membuatnya lebih nyaman dan tenang.

Seperti namanya, cukup tempelkan kulit Moms dan Si Kecil sambil melekat hangat. 

Selain itu, Moms juga dapat melakukan kangaroo care, dimana Si Kecil menempel pada tubuh Moms dan diikat dengan wrap. Sehingga Moms dapat mempererat bonding meski tengah melakukan aktivitas lainnya.

Untuk memperbanyak kontak di awal kelahiran, Moms dapat meminta rooming in dengan Si Kecil pada rumah sakit tempat bersalin.

Walaupun baru lahir di dunia, dengan cara tidur sekamar seperti ini Si Kecil dapat menyadari detak jantung, wajah, dan suara Moms ketika bersebelahan.

Baca Juga: Benarkah Ibu Hamil Sedih, Bayi di Perut Ikut Sedih? Lihat Juga 4 Efek Buruk Lainnya

2. Pijat

Jenis sentuhan pada bayi yang selanjutnya adalah pijat. Pijat juga menjadi salah satu bentuk sentuhan yang dapat meningkatkan bonding, lho, Moms. Walaupun banyak jasa pijat bayi, sebenarnya Moms dapat melakukan pijat sederhana sendiri sekaligus memperkuat bonding dengan Si Kecil.

Ada banyak sumber yang dapat digunakan untuk memelajari teknik memijat bayi. Mulai dari kelas-kelas di rumah sakit, buku hingga video. Pijat Si Kecil secara rutin, misalnya setelah mandi pagi atau sebelum ia tidur. Jangan lupa, gunakan baby oil atau baby lotion saat memijat.

Selain bonding, memijat bayi juga menstimulasi keluarnya hormon oksitosin dalam tubuh Moms. Nah, hormon ini adalah hormon yang membantu terjadinya let-down-reflex (LDR) saat menyusui.

Baca Juga: Yuk Belajar Tentang Titik Aman Memijat Bayi!

3. Pelukan dan Gendongan

Jenis sentuhan pada bayi yang selanjutnya adalah pelukan dan gendongan. Tiap ibu tentu selalu ingin menggendong dan memeluk Si Kecil, terutama saat ia masih bayi.

Ada banyak jenis baby carrier yang mempermudah Anda untuk menggendong Si Kecil sambil melakukan hal lain, baik itu gendongan tradisional seperti kain atau baby carrier modern.

Menggendong Si Kecil sambil mengayun dan menyanyikan lagu, tentu membuat ia tenang dan nyaman. Tidak perlu khawatir dengan mitos soal bayi yang sering digendong, ya, Moms, sebab pada dasarnya semua bayi senang jika digendong.

Jika Si Kecil menangis, itu adalah caranya memberi tahu Moms bahwa ia lapar, ingin popok diganti, dan keluhan lainnya. Maka jangan biarkan Si Kecil menangis lama ya, Moms. Segera gendong dan tenangkan Si Kecil.

Baca Juga: 7 Jenis Gendongan Bayi Sesuai Usia dan Berat Badan Serta Plus Minusnya

4. Menyusui

Jenis sentuhan pada bayi yang selanjutnya adalah menyusui. Jika memungkinkan, berikan Si Kecil ASI secara langsung, ya, Moms. Selain karena ASI adalah nutrisi terbaik bagi Si Kecil, kontak antara ibu dan anak juga dapat memperkuat bonding.

Bagi ibu, menyusui menjadi latihan untuk membaca ekspresi wajah dan bahasa tubuh Si Kecil.

Sedangkan untuk Si Kecil, menyusui mengajarinya bahwa Moms adalah sumber kasih sayang dan kenyamanan yang bisa dipercaya. 

Dan dengan semakin Si Kecil tumbuh besar, akan semakin banyak cara bonding yang dapat Moms lakukan, seperti menyanyi, membacakan dongeng, bermain bersama, dan beragam kegiatan lainnya.

Namun, hingga saat itu tiba, manfaatkan sentuhan pada bayi untuk tetap dekat dengan Si Kecil ya, Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait