Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perilaku Balita | Mar 5, 2018

4 Tips Ampuh Mendidik Anak Agar Menjadi Filantrofis Cilik

Bagikan


Sifat ingin berbagi dan peduli pada orang lain merupakan salah satu sikap yang sebaiknya dimiliki oleh Si Kecil sejak dini. Rasa ingin berbagi ini akan membuat Si Kecil mengerti tentang konsep empati, serta mendidik balita agar mau menolong orang lain yang sedang kesusahan.

Namun Moms, mendidik Si Kecil untuk peduli dan mau menolong orang lain tidak bisa lho dilakukan hanya dalam satu hari. Dibutuhkan waktu dan pembelajaran yang tidak sedikit, serta harus ditunjang dengan banyak melakukan aktivitas berbagi.

Nah agar Moms lebih mudah mendidik si jadi filantrofis cilik, coba gunakan 4 tips ampuh berikut ini:

1. Bertanya & Membantu Tetangga

foto: gobankingrates.com

Kegiatan sederhana seperti bertanya ada tetangga sebelah rumah ternyata bisa jadi latihan untuk Si Kecil lho Moms. Selain melatih skill komunikasinya dengan orang lain, nantinya dia juga akan belajar bagaimana cara memberikan perhatian yang benar pada orang di sekitarnya.

Coba minta Si Kecil untuk bertanya pada tetangga sebelah, apakah ada yang bisa dia bantu atau tidak. Tidak masalah jika tetangga sebelah tidak membutuhkan bantuan, setidaknya Moms sudah mengajarkan Si Kecil untuk peduli terhadap orang di sekitarnya.

Tapi jika memang tetangga butuh bantuan, segera temani Si Kecil agar dia tahu kalau Moms juga senang membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.

2. Buat Ulang Tahun Sebagai Ajang Berbagi

foto: uk.gsk.com

Ulang tahun memang biasanya dijadikan sebagai pesta untuk merayakan hari kelahiran. Akan banyak uang yang keluar, seperti untuk membeli kue, kudapan, atau hadiah untuk teman-temannya. Tidak ada yang salah sih dengan hal ini, tapi akan lebih baik jika Moms membuat ulang tahun Si Kecil sebagai ajang berbagi.

Alih-alih membuat pesta dirumah, coba ajak Si Kecil untuk merayakan ulang tahunnya di panti asuhan terdekat. Biarkan dia melihat dan menyadari kalau tidak semua orang lahir dengan kelebihan, dan sudah menjadi tugas kita untuk membantu orang yang sedang kesusahan.

Baca Juga : Begini Caranya Mengajarkan Anak Menghargai Sesama

3. Berpartisipasi Dalam Kegiatan Sosial

foto: rd.com

Apakah di lingkungan rumah Moms sering ada acara gotong royong untuk membersihkan lingkungan? Jika iya, Moms bisa kok mengajaknya berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Tidak harus ikut membersihkan selokan atau rumput liar, yang penting dia melihat bahwa saling tolong menolong itu penting dan baik untuk dilakukan.

Semakin sering dia mengikuti dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial, semakin besar pula rasa peduli yang dimilikinya.

4. Mengajak Berdonasi

foto: slate.com

Tips terakhir yang bisa Moms terapkan adalah dengan turut serta mengajaknya untuk berdonasi. Bentuk donasinya tidak harus uang, bisa juga baju atau mainan miliknya.

Coba minta Si Kecil untuk memilah mana mainan yang sudah jarang dia pakai. Setelahnya, jelaskan padanya tentang donasi dan kegiatan menyumbang barang yang sudah tidak terpakai.

Selain beberapa tips yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa juga ya kalau Moms tetap harus bisa menjadi contoh nyata bagi Si Kecil. Perlihatkan padanya banyak manfaat dari kebiasaan berbagi, agar dia bisa menjadi filantrofis sedini mungkin. Apakah Moms setuju?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.