Parenting

30 Oktober 2020

Tips Memelihara Ikan Hias di Rumah, Si Kecil Harus Tahu!

Pelihara ikan hias dirumah yuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memilih jenis hewan peliharaan untuk keluarga memang tidak mudah. Namun kalau keluarga Moms termasuk yang tidak mau repot dan suka dengan keindahan, mungkin memelihara ikan hias bisa dijadikan alternatifnya.

Memiliki akuarium ikan hias di dalam rumah bisa menambah nilai estetika ruangan. Apalagi jika ikan yang dipelihara jenisnya beragam dan penuh dengan warna.

Eitss, tapi memelihara ikan hias bukan hanya untuk lucu-lucuan lho Moms, karena Moms dan keluarga apalagi Si Kecil juga harus paham apa-apa saja yang harus dilakukan untuk perawatan ikan hias tersebut.

Tips Memelihara Ikan Hias di Rumah

Jangan sampai ikan-ikan koleksi Moms mati begitu saja. Berikut tips memelihara ikan hias yang harus Moms coba dengan Si Kecil.

1. Menyesuaikan Ukuran Akuarium

ukuran akuarium

Tips memelihara ikan hias yang pertama adalah membeli akuarium. Sesuaikan ukuran akuarium dengan space yang tersedia.

Jika rumah Moms tidak terlalu besar dan masih punya anak usia balita, sebaiknya jangan meletakan akuarium besar pada meja yang terlalu tinggi untuk menghindari akuarium pecah dan membahayakan anak-anak.

Akan lebih baik jika Moms memilih akuarium berukuran sedang dan diletakkan pada sudut rumah. Jangan lupa beri pencahayaan yang cukup ya, Moms!

2. Jangan Salah Memilih Jenis Ikan

memilih jenis ikan

Tips memelihara ikan hias yang kedua yaitu memperhatikan pemilihan jenis ikan yang akan dipelihara. Jika Moms membeli akuarium yang cukup besar, bukan berarti semua jenis ikan bisa Moms masukan begitu saja.

Pisahkan ikan-ikan jinak dan yang bersifat agresif, contohnya ikan cupang. Walau bentuknya sangat anggun dan indah, tapi ikan ini sangat agresif.

Untuk tahu lebih detail mengenai ikan apa saja yang bisa dijadikan dalam satu akuarium, sebaiknya Moms berkonsultasi dengan penjual ikan. Ini sangat membantu Moms, agar ikan peliharaan Si Kecil dapat bertahan lama dan tidak cepat mati.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Anak Ingin Memelihara Ikan Hias

3. Ikan Air Tawar Pilihan Terbaik

gambar ikan mas 6

Foto: gambar.co.id

Bagi Moms dan Si Kecil yang pertama kali akan merawat ikan di rumah, jenis ikan air tawar adalah pilihan terbaiknya. Selain karena mudah untuk merawatnya, pilihan ikan air tawar juga tidak kalah menarik dari jenis ikan air laut lho Moms.

Banyak jenis ikan air tawar yang mempunyai corak menarik dan warna cerah untuk dilihat dan dipandang saat berlenggak-lenggok di dalam air.

4. Jangan Lupa Memasang Mesin Filter

mesin filter

Memelihara ikan hias juga tidak terlalu sulit kok, Moms. Agar air dalam akuarium terus bersih dan ikan-ikan Moms selalu sehat, pastikan Moms memasang mesin filter di dalam akuarium ya.

Biasanya mesin filter juga disesuaikan dengan ukuran akuarium yang dipakai, semakin besar, berarti dayanya juga semakin besar. Mesin filter juga berfungsi agar air dalam akuarium tidak berbau yang bisa mengganggu aroma ruangan.

Baca Juga: 4 Jenis Ikan yang Cocok Dipelihara Anak di Akuarium Rumah

5. Aksesoris

tips memelihara ikan hias

Foto: jayaimperialpark.com

Moms dan Si Kecil ingin sekali akuarium yang mirip sekali kondisi bawah laut yang eksotis? Bisa, saat ini banyak sekali aksesoris atau pernak-pernik untuk membuat akuarium semakin cantik.

Ada yang terbuat dari karang buatan, bebatuan warna-warni, sampai tumbuh-tumbuhan laut sintetis. Semuanya bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan.

Namun ingat, jangan terlalu banyak meletakan aksesoris dalam akuarium, bisa-bisa ruang gerak ikan peliharaan menjadi terbatas dan akan mengakibatkan stres pada ikan dan membuatnya cepat mati.

6. Komitmen Terhadap Kebersihan

rsz 169204384

Foto: pets.thenest

Tips memelihara ikan hias selanjutnya adalah memiliki komitmen terhadap kebersihan. Moms dan Si Kecil harus berkomitmen akan selalu rutin dalam mengganti air akuarium yang kotor paling tidak satu sampai dua minggu sekali.

Air akuarium yang kotor dan jarang dibersihkan dapat membahayakan kesehatan ikan yang hidup di dalamnya. Selain itu, air akuarium yang kotor dapat membuat bau yang tidak sedap di dalam ruangan di rumah.

Baca Juga: Memilih Jenis Hewan Peliharaan Sesuai Umur Anak

7. Pakan Ikan

img 405155 1

Tips memelihara ikan hias yang terakhir adalah Moms harus menyediakan pakan ikan yang baik. Moms pun bisa mengajari Si Kecil untuk selalu rutin memberikan pakan. Pakan ikan paling simpel dan mudah didapatkan adalah yang berjenis pelet.

Berikan ikan paling tidak sehari dua kali, di pagi dan malam hari. Jika terlalu sering akan membuat kondisi air akuarium cepat kotor.

Baca Juga: 10 Ikan Hias Air Tawar yang Menarik Bagi Si Kecil, Cantik!

Apakah Moms dan Si Kecil akan berencana merawat ikan hias dalam waktu dekat ini? Jangan lupakan 7 tips memelihara ikan hias di atas ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait