Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Kesehatan Balita | Dec 27, 2017

4 Tips Mudah Mempersiapkan Balita Ke Rumah Sakit

Bagikan


4 Tips Mudah Mempersiapkan Balita Ke Rumah Sakit

Rumah sakit bisa menjadi tempat yang asing dan membingungkan bagi balita, apalagi ketika mereka sedang sakit dan harus segera dirawat. Agar cepat sembuh dan pengobatannya bisa berjalan optimal, Moms harus bisa menumbuhkan rasa aman dan nyaman sebelum membawa balita ke rumah sakit.

Baca juga: Kiat Mengatasi Anak Sulit Makan Saat Sakit

Untuk mempersiapkan mental balita agar tidak merasa cemas atau panik dalam menjalani prosedur medis, Moms bisa bercerita tentang berbagai tes serta pengobatan yang nantinya akan dilakukan di rumah sakit. Supaya balita lebih tenang, Moms juga bisa mengikuti tips berikut:

1. Bawa Baju Tidur & Boneka Kesayangannya

anak sakit

Foto: mummums.com

Agar balita tetap merasa aman dan nyaman meski sedang dirawat di rumah sakit, jangan lupa membawa baju tidur dan boneka kesayangannya. Kehadiran dua benda ini dijamin akan membuatnya lebih kerasan seperti di rumah.

Jika si kecil masih saja gelisah dan merasa takut, tak ada salahnya membawa buku bacaan dan mainan dari rumah. Dengan bermain dan membaca bersama Moms, balita jadi bisa teralihkan dari suasana rumah sakit yang terasa asing.

2. Bawa Surat & Dokumen Medis

dokumen rumah sakit

Foto: ptnorthwestflorida.com

Balita ke rumah sakit untuk pertama kalinya? Jangan lupa membawa surat dan dokumen medis penting lainnya, seperti hasil check-up di klinik atau puskesmas yang bisa menjadi referensi dokter dalam menangani penyakit balita.

Sambil memberikan dokumen medis pada dokter, jangan lupa ceritakan kondisi balita saat ini, seperti obat yang dikonsumsi, gejala yang Moms lihat, atau alergi yang timbul akibat obat tertentu. Tak perlu sungkan untuk bercerita panjang lebar, karena informasi detail seperti itu akan sangat membantu dokter menangani penyakit balita.

3. Pasang Wajah & Mood Ceria

pasang wajah ceria

Foto: essexlaserclinic.com

Apalagi yang bisa menenangkan hati balita selain baju tidur dan boneka kesayangannya? Sudah pasti senyum dan suara Moms. Jadi, meski lelah dengan urusan balita ke rumah sakit, tak ada salahnya selalu menemani buah hati dengan wajah tersenyum dan mood yang ceria.

Senyum dan pembawaan ceria Moms tak hanya akan membuat balita merasa lebih aman dan tenang meski harus menghabiskan waktu cukup lama di rumah sakit. Secara tidak langsung, hal ini juga akan membuat balita lebih kooperatif dalam tindakan medis yang dilakukan oleh suster atau dokter.

4. Tetap Lakukan Rutinitas Seperti Biasa

mencoret wajah ibu

Foto: tiltify.com

Apa si kecil punya kebiasaan rutin seperti makan snack favorit di siang hari atau selalu dibacakan cerita sebelum tidur? Kalau iya, sebaiknya pertahankan rutinitas tersebut meski sedang berada di rumah sakit. Dengan begitu balita jadi merasa kalau suasana rumah sakit tidak begitu berbeda dengan di rumah.

Rumah sakit memang bukan tempat yang menyenangkan, tapi dengan membuat balita merasa lebih tenang dan nyaman, proses penyembuhan penyakit balita akan berjalan lebih lancar.

Menurut Moms, apalagi yang harus dilakukan untuk mempersiapkan balita ke rumah sakit, ya?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.