Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
10 Juni 2020

5 Alasan Anak Tidak Semangat Belajar, Ternyata Bukan Sekadar Malas!

Selalu ada alasan di balik sikap anak yang tidak semangat belajar, apa saja ya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kebanyakan orang tua mengira rasa malas adalah satu-satunya alasan anak tidak semangat belajar, padahal sebenarnya ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi motivasi belajar anak lho, Moms.

Alasan yang Membuat Anak Tidak Semangat Belajar

Sebelum memarahi, menghukum, atau meceramahi anak, coba simak dulu penjelasan berikut untuk tahu lebih banyak tentang alasan yang membuat anak tidak semangat belajar ya, Moms.

1. Beban Pelajaran Tidak Sesuai Kemampuan

5 Alasan Anak Tidak Semangat Belajar, Ternyata Bukan Sekadar Malas! 1.jpg

Foto: Washingtonpost.com

Dengan perkembangan kemampuan belajar dan tingkat pemahaman yang berbeda, sebuah materi yang sama dalam kurikulum bisa menjadi terlalu sulit atau pun terlalu mudah bagi setiap anak.

Anak yang menganggapnya terlalu mudah akan cepat bosan karena merasa tidak ada tantangan dalam belajar, sedangkan anak yang menganggapnya terlalu sulit akan cepat putus asa dan merasa tidak percaya diri dengan kemampuannya. Keduanya bisa membuat anak jadi tidak semangat belajar.

Baca Juga: 5 Penyebab Anak Malas Belajar, Wajib Tahu!

2. Tuntutan Untuk Mendapat Nilai Bagus

5 Alasan Anak Tidak Semangat Belajar, Ternyata Bukan Sekadar Malas! 2.jpg

Foto: Understood.org

Masih banyak orang tua yang menuntut anak mendapatkan nilai bagus di sekolah sebagai pembuktian kalau ia pandai dan rajin belajar. Biasanya ditambah lagi dengan memberikan hadiah saat nilai bagus atau hukuman saat nilai jelek.

Tanpa disadari, tuntutan untuk selalu mendapatkan nilai bagus membuat anak merasa tertekan dalam belajar. Akibatnya, anak jadi merasa terpaksa untuk belajar dan mudah menyerah saat menemui kendala atau melakukan kesalahan.

3. Metode Pembelajaran Membosankan

5 Alasan Anak Tidak Semangat Belajar, Ternyata Bukan Sekadar Malas! 3.jpg

Foto: Parenting.firstcry.com

Sebuah makalah dari The University of North Carolina at Greensboro mengungkap kalau anak bisa kehilangan semangat belajar kalau materi pelajaran disampaikan secara monoton, membosankan, dan tidak memicu rasa ingin tahu.

Rasa bosan atau tidak tertarik juga bisa disebabkan oleh penyampaian materi pelajaran yang tidak sesuai dengan gaya belajar anak. Salah satu contoh yang paling sering ditemui adalah pada anak dengan gaya belajar kinestetik yang seharian “terpaksa” hanya duduk manis menyimak penjelasan guru di depan kelas.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar Anak

4. Lingkungan Belajar Tidak Nyaman

5 Alasan Anak Tidak Semangat Belajar, Ternyata Bukan Sekadar Malas! 4.jpg

Foto: Theschoolrun.com

Sering tidak disadari, salah satu alasan anak tidak semangat belajar yang sering luput dari perhatian adalah lingkungan belajar yang tidak nyaman.

Baik itu suasana kelas atau komunikasi dengan guru yang kurang baik di sekolah, ruang belajar yang berantakan dan berisik di rumah, dan lainnya.

5. Gangguan Belajar

5 Alasan Anak Tidak Semangat Belajar, Ternyata Bukan Sekadar Malas! 5.jpg

Foto: Kansaspolicy.org

Menurut National Institute of Child Health and Human Development, gangguan belajar yang tidak diketahui dan tidak segera diatasi bisa membuat anak merasa frustasi dan tidak percaya diri saat belajar.

Anak dengan gangguan belajar memiliki tingkat kecerdasan normal, tapi mengalami kesulitan dalam memproses informasi yang diterimanya. Bentuk gangguan belajar di antaranya adalah:

  • Disleksia: Gangguan belajar akibat masalah dalam memahami hubungan antara huruf dan fonem.
  • Diskalkulia: Gangguan belajar dengan karakteristik kesulitan mempelajari atau memahami angka dan operasi matematika.
  • Disgrafia: Gangguan belajar yang ditandai dengan kesulitan dalam menulis secara benar.

Berita baiknya, gangguan belajar dapat diatasi dengan terapi dan metode pembelajaran yang tepat sejak sedini mungkin.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Alat Tulis Sekolah yang Bikin Anak Semangat Belajar

Setiap alasan anak tidak semangat belajar tentu harus diatasi dengan solusi yang berbeda. Jadi selalu perhatikan kebiasaan belajar anak dan jalin komunikasi yang baik dengan Si Kecil supaya Moms bisa segera tahu kendala yang dialaminya dalam belajar.

Kira-kira apa lagi ya Moms yang bisa membuat anak tidak semangat belajar?

Artikel Terkait