Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Balita | Jul 23, 2018

5 Alasan Kenapa Balita Sering Bad Mood

Bagikan


Apakah Moms merasa balita sering bad mood? Mood Si Kecil kerap kali naik turun, bahkan perubahan tersebut sangatlah signifikan. Ketika ia sedang bermain, sangat mungkin satu menit kemudian mood mereka berubah, entah menangis atau bahkan marah.

Perubahan mood merupakan bagian yang sangat normal dari pertumbuhan, dan penting untuk menganggapnya sebagai perilaku yang normal.

Memahami mengapa dia begitu moody dan mempelajari cara terbaik untuk mengatasi suasana hatinya yang terus berubah dapat membantu menurunkan tingkat stres Moms serta membantunya belajar menjinakkan emosi.

Lalu mengapa sebenernya alasan dibalik perubahan mood pada balita yang begitu besar? Mari simak ulasan berikut!

Tidak Dapat Mengkomunikasikan Keinginannya

Tahukah Moms bahwa balita cenderung tidak memiliki banyak kosakata, sehingga ia sering kesulitan mengutarakan keinginannya.

Contoh sederhananya adalah saat mereka sedang mewarnai, mereka tidak tahu bagaimana mengatakan ‘merah’, ‘biru’ atau meminta warna yang mereka inginkan.

Ketika tidak bisa berkomunikasi, biasanya mereka akan panik dan mengalami perubahan mood.

Kesulitan Mengendalikan Emosi

Si Kecil hanya memiliki sedikit latihan dalam mengatur suasana hati dan emosinya yang berubah-ubah, jadi mereka sangat mudah terpengaruh oleh perasaan yang kuat.

Hal ini dapat Moms lihat ketika misalnya mereka sedang asyik bermain air sambil mandi. Karena sudah waktunya untuk berhenti, tapi mereka masih asyik, mereka akan dengan mudahnya untuk mengamuk karena masih ingin bermain.

Apa yang harus Moms lakukan? Tetap tenang, beri tahu Si Kecil bahwa mereka tidak bisa tinggal di bak mandi karena ada kegiatan lain yang dapat ia lakukan.

Baca Juga: Hati-hati, 6 Makanan Ini Bisa Memengaruhi Mood Balita 

Kesulitan Beralih dari Satu Kegiatan Ke Kegiatan Berikutnya

Perubahan mood balita bisa terjadi akibat terjadi sebuah perubahan yang banyak energi fisik dan mental untuk beradaptasi.

Ketika Si Kecil sedang fokus pada satu kegiatan dan kemudian Moms mengharapkan mereka untuk meninggalkannya saat itu juga, ia akan merasa kesal.

Jangan khawatir, manfaatkan kemampuan Si Kecil yang sedang berkembang. Mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang tata urutan, seperti misalnya Moms dapat menjelaskannya saat mandi.

Dalam bak mandi, katakan, "Sekarang kita akan mencuci rambut dan kemudian membilasnya. Setelah kita membilasnya, kita akan keluar dari bak mandi,".

Mereka Ingin Melakukan Apa yang Mereka Inginkan

Ketika Si Kecil mencoba sesuatu, kadang-kadang mereka menemukan bahwa mereka tidak memiliki keterampilan untuk melakukan apa yang mereka inginkan.

Saat Moms melarang mereka, rasa ingin tahu yang menyenangkan berubah menjadi air mata dalam hitungan detik.

Mudah saja dalam mengatasinya, yakni dengan memberikan mereka pilihan. Misalnya untuk urusan pakaian, keluarkan lah dua pakaian yang Moms rasa pantas dan biarkan mereka memilihnya. Dengan demikian mereka akan merasa mendapatkan apa yang mau.

Baca Juga: 6 Makanan Untuk Perkembangan Otak Balita

Cepat Lelah dan Lapar

Jangan terkejut ketika mengetahui bahwa Si Kecil yang lelah dan lapar adalah sosok yang murung, yang dapat menangis seketika.

Tak seperti manusia dewasa yang mengisi tenaga saat jam makan saja, mereka butuh asupan tersebut sepanjang hari.

Dalam mengatasi kejadian tersebut, Moms harus menyediakan camilan yang selalu dapat mereka makan setiap saat.

Dengan demikian Moms tak perlu membatasi aktivitasnya hanya karena takut mereka rewel sebab rasa lapar dan lelah. Atur pula jam istirahat mereka seperti tidur siang sehingga tubuhnya tak terasa lelah.

Setelah mengetahui alasan di balik perubahan mood balita, mulai sekarang Moms jadi bisa mengantisipasinya!

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.