Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | May 15, 2018

5 Alat Kontrasepsi untuk Pria, Termasuk Pil dan Suntik KB

Bagikan


5 Alat Kontrasepsi untuk Pria, Termasuk Pil dan Suntik KB

Secara sederhana, alat kontrasepsi merupakan alat yang digunakan guna mencegah kehamilan. Tak hanya digunakan wanita, alat kontrasepsi juga diperuntukkan bagi pria. Nah, sudah tahukah Moms ada 5 alat kontrasepsi untuk pria yang bisa dipilih. Psst.. ada juga pil dan suntik KB, lho!

Yup, bagi pasangan suami-istri yang sedang menunda program hamil, tentu saja berbagai pilihan alat kontrasepsi untuk pria ini harus dipahami dengan baik. Untuk itu, mari kita simak penjelasannya satu per satu:

1. Kondom

Kondom memang salah satu jenis alat kontrasepsi pria yang paling banyak digunakan. Selain praktis dan mudah ditemukan, kondom bahkan tersedia dalam berbagai rasa.

Meski demikian, beberapa pasangan menganggap kondom dapat menurunkan sensasi saat berhubungan sehingga banyaknya pria menolak menggunakannya. Belum lagi banyak pria yang merasa ukuran kondom tak sesuai.

Memang, sih, kondom tak 100 persen efektif dalam mencegah kehamilan. Namun para ahli berpendapat bahwa kemungkinan untuk hamil menjadi semakin kecil saat menggunakan kondom.

Manfaat positif lainnya, kondom tak hanya berfungsi mencegah kehamilan saja, tapi juga dapat membantu mencegah  penyakit kelamin yang menular.

Baca Juga : 9 Kesalahan Memakai Kondom yang Membuat Kebobolan

2. Obat Kontrasepsi

Tak hanya bagi wanita saja, kini telah ditemukan obat kontrasepsi untuk pria. Dengan cara menghambat kecepatan sperma ketika mengejar sel telur, sehingga kecil kemungkinan wanita hamil ketika berhubungan.

Meski bentuknya suntikan atau pil KB namun harganya ternyata masih cukup mahal. Selain itu, obat ini diharuskan untuk dikonsumsi tepat waktu. Bila anjuran tersebut tidak diikuti, maka khasiat obat tidak akan bekerja. Dengan kata lain, kehamilan akan tetap terjadi saat berhubungan seksual.

Baca juga: Ingin Menunda Kehamilan? Coba Cara Ini Agar Tidak Hamil

3. Pull Out

Istilah pull out atau senggama terputus berupa ejakulasi di luar merupakan salah satu metode alami yang banyak digunakan para pria yang malas menggunakan kondom.

Meski tidak membuang sperma didalam vagina terbilang cukup ampuh guna menunda kehamilan, namun tetap saja metode ini memungkinkan untuk tertularnya penyakit kelamin karena tetap ada kontak antara kedua organ intim.

4. Ultrasonografi

Pernahkah Moms mendengar istilah ultrasonografi?

Teknik ini merupakan sebuah metode yang dilakukan guna menurunkan kecepatan sperma  ketika mengejar sel telur.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada kepastian apakah metode ini cukup aman dilakukan pada manusia karena selama ini biasanya dilakukan uji coba pada binatang. Sebab jika tidak mampu dikontrol, sperma malah bisa mati seluruhnya dan pria pun terancam mandul.

Baca juga: Vasektomi & Tubektomi, KB Permanen untuk Pria dan Wanita

5. Vasektomi

Menurut penelitian, inilah kontrasepsi yang paling aman dan efektif.

Namun demikian, ini merupakan metode kontrasepsi permanen yang membuat pria tak mampu membuahi sel telur wanita selama seumur hidupnya.

Vasektomi adalah cara memutus saluran yang mengalirkan sperma dari testis ke alat kelamin dimana hal ini biasanya hanya dilakukan pada mereka yang benar-benar tak ingin lagi memiliki anak.

Nah, itulah tadi 5 alat kontrasepsi untuk pria yang bisa dipilih untuk menunda momongan.

Kira-kira suami lebih suka memilih yang mana, Moms?

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.