Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Balita | Dec 20, 2017

5 Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan pada Balita

Bagikan


5 Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan pada Balita

Ada banyak penyebab terjadinya sariawan pada anak, seperti trauma mekanis akibat tak sengaja menggigit lidah, gigi, atau bagian dalam mulut, mengunyah makanan keras, hingga menggosok gigi terlalu keras. Yang jelas, sariawan biasanya membuat balita menjadi rewel dan cranky karena rasa sakit yang tidak nyaman.

Sebelum memberikan obat sariawan, yuk coba dulu cara cepat menyembuhkan sariawan pada anak yang menggunakan bahan sederhana berikut ini:

Madu

Sejak zaman dahulu madu sudah dikenal sebagai cairan alami yang dapat mengobati berbagai macam penyakit, termasuk sariawan. Hebatnya, kandungan anti-bakteri dalam madu bukan hanya akan menyembuhkan luka serta mencegah penyebaran infeksi, tapi juga dapat meredakan iritasi dan bengkak pada sariawan.

Selain bisa dioleskan langsung pada area yang teriritasi, Mama juga bisa membuat larutan madu dan air hangat untuk berkumur. Rasanya yang manis pasti membuat buah hati tak menolak jika diminta melakukannya secara rutin, jadi sariawan bisa cepat sembuh dan menghilang.

Minyak Kelapa

Siapa sangka, minyak kelapa alias coconut oil juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan pada anak lho, Ma. Ini karena minyak kelapa mengandung anti-bakteri, anti-inflamasi, serta analgesik yang membuat luka sariawan bisa sembuh dengan mudah.

Saat dioleskan pada area sariawan, minyak kelapa akan berfungsi sebagai pengurang rasa sakit dan iritasi pada mulut. Supaya lebih mudah, oleskan minyak kelapa dengan menggunakan Q-tips atau cotton bud berbahan lembut agar tepat mengenai area sariawan.

Baca juga: Kenali Tanda-Tanda Bayi Tumbuh Gigi

Lidah Buaya

Berkat kandungan alaminya, aloe vera atau lidah buaya juga tak kalah baiknya untuk dijadikan obat sariawan. Mama bisa mengoleskan getah lidah buaya langsung pada area sariawan atau melarutkannya dengan air untuk berkumur, lalu pastikan si kecil berkumur selama 30 detik setiap harinya.

Baking Soda 

Baking soda yang biasa ada di rumah dan sering Mama pakai untuk membuat kue juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan pada anak. Ini karena baking soda kaya akan sodium bikarbonat yang dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan sariawan pada mulut si kecil.

Untuk menggunakannya, Mama bisa mencampurkan satu sendok bubuk baking soda dengan air hangat hingga teksturnya menyerupai pasta, oleskan pada sariawan dengan menggunakan cotton bud, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu ajak balita berkumur dengan air untuk membersihkan sisa baking soda.

Baca Juga : 4 Manfaat Flossing untuk Balita

Pasta Gigi

Ya, Mama tidak salah baca kok, pasta gigi memang bisa digunakan sebagai cara cepat menyembuhkan sariawan pada anak. Jadi saat sedang dalam perjalanan jauh dan si kecil terus merengek kesakitan, Mama bisa mengoleskan pasta gigi pada sariawan agar rasa sakitnya mereda. Kandungan anti bakteri dalam pasta gigi modern juga cukup ampuh memerangi bakteri penyebab infeksi sariawan, sehingga bisa membuat sariawan pada anak cepat sembuh.

Baca Juga : Cerdas Memilih Sikat dan Pasta Gigi Anak

Nah, setelah tahu cara cepat menyembuhkan sariawan pada anak dengan menggunakan bahan yang mudah didapat di rumah, tak perlu lagi repot membeli obat sariawan. Bila sariawan tak kunjung reda meski sudah diobati dengan berbagai cara, lebih baik segera bawa balita ke dokter ya, Ma. Apa Mama punya pengalaman saat menghadapi balita yang sedang sariawan?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.