Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Anak | Feb 18, 2019

5 Cara Membantu Anak Kinestetik Belajar di Rumah

Bagikan


membantu anak kinestetik belajar

Tahukah Moms, kalau anak kinestetik dapat belajar dan menyerap ilmu dengan lebih efektif melalui aktivitas interaktif yang berhubungan dengan materi pelajaran?

Cara anak kinestetik belajar memang cukup berbeda dengan cara belajar di sekolah yang lebih banyak duduk di kursi sambil memperhatikan guru ya. Tak heran kalau anak kinestetik sering salah dikira sebagai anak nakal karena tidak bisa fokus dan berkonsentrasi saat belajar.

Padahal, karakteristik mereka memang seperti itu. Secara umum, anak kinestetik perlu mempraktekkan apa yang sedang dibicarakan atau dipelajari. Mereka juga banyak bergerak saat sedang mendengarkan atau berbicara dan banyak menampilkan gestur tangan saat sedang berbicara.

Karakter lain dari anak kinestetik adalah dia perlu menyentuh atau berinteraksi secara langsung dengan hal yang berhubungan dengan materi pelajaran dan lebih sering mengingat apa yang dilakukan orang lain ketimbang apa yang dikatakan orang lain.

Karena itulah, Moms sebaiknya membantu anak kinestetik belajar di rumah agar dia bisa lebih memahami pelajaran yang diterimanya di sekolah. Bagaimana caranya? Yuk kita cari tahu Moms!

Memanfaatkan Benda dan Ruang

cara membantu belajar anak kinestetik

Study.com

Anak kinestetik dapat lebih mudah menyerap dan menyimpan informasi bila ada interaksi dengan benda atau objek yang berhubungan langsung dengan materi pelajaran. Misalnya, menyentuh binatang peliharaan dan pohon di halaman saat belajar tentang berbagai ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

Moms bisa membantunya belajar dengan memperagakan gerakan yang dilakukan oleh profesi tertentu saat belajar tentang ragam pekerjaan atau menggunakan simulasi planet saat belajar IPA.

Moms juga bisa mengajaknya bermain susun bangun untuk belajar tentang berbagai jenis bangunan dan menggunakan abakus atau sempoa untuk belajar matematika.

Baca Juga: Cek Gaya Belajar Anak

Menulis dan Menggambar

cara membantu belajar anak kinestetik

Thegreatcoursesplus.com

Moms, anak kinestetik juga akan lebih efektif belajar saat dia menggerakkan tangannya untuk menulis catatan atau membuat gambar yang berhubungan dengan materi pelajaran.

Dengan bantuan kertas maupun papan tulis, Moms bisa meminta anak menggambar diagram atau peta hubungan untuk berbagai hal yang ada dalam materi pelajaran.

Berikan Jeda Untuk Bergerak Saat Belajar

cara membantu belajar anak kinestetik

Eduzenith.com

Tahukah Moms, kalau anak kinestetik memiliki rentang perhatian yang pendek sehingga tidak betah belajar dalam waktu lama sekaligus? Karena itulah, waktu belajar anak kinestetik sebaiknya dipecah menjadi beberapa bagian pendek.

Moms bisa memberikan istrahat selama 5-10 menit agar Si Kecil bisa melakukan gerakan fisik ringan, mengobrol, main di halaman, atau bernyanyi. Setelah jeda singkat ini, anak bisa kembali belajar dengan fokus dan konsentrasi penuh.

Gunakan Flash Card

cara membantu belajar anak kinestetik

Eduzenith.com

Bagi anak kinestetik, belajar sambil bermain dan melakukan aktivitas interaktif jauh lebih efektif dalam menghapal dan mengingat materi pelajaran ketimbang hanya membaca.

Untuk itu, Moms bisa membuatkan flash cards yang bisa anak gunakan sendiri maupun bersama orang lain. Sesuaikan isi dan konsep flash cards dengan materi pelajaran yang perlu dipahami anak, misalnya pertanyaan dan jawaban, gambar dan deskripsi, nama rumus dan formula rumus, atau kata dan definisi.

Baca Juga: Kenali Metode Belajar Anak: Audio, Visual, atau Kinestetik?

Belajar di Luar Ruangan

cara membantu belajar anak kinestetik

Childrensgarden.co.nz

Pergi keluar rumah dan belajar di luar ruangan juga dapat memenuhi stimulasi multi sensori yang dibutuhkan anak kinestetik saat belajar lho, Moms.

Bukan hanya memberikan ruang gerak yang lebih luas, memanfaatkan berbagai objek, orang, maupun situasi di luar ruangan sebagai contoh nyata juga bisa sangat membantu anak kinestetik menyerap ilmu dengan lebih baik.

Memaksa anak kinestetik untuk belajar dengan cara konvensional bukan hanya tidak efektif, tapi juga akan membuatnya frustasi. Jadi, lebih baik ikuti cara belajar anak kinestetik agar pencapaian akademisnya tetap optimal.

Bagaimana dengan Moms, sudah tahukah gaya belajar yang paling efektif untuk anak?


(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.