Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perkembangan Anak | Mar 8, 2018

5 Cara Mendidik Anak Perempuan Agar Lebih Kritis

Bagikan


Dalam masa-masa pertumbuhannya, Si Kecil merupakan sosok dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Jika orang tua tidak mendukung rasa penasarannya, ia bisa menjadi pribadi yang berpikiran sempit dan kurang pengetahuan.

Dengan pikiran yang terbuka dan memiliki banyak informasi, anak bisa menjadi sosok yang kritis dan cerdas. Di International Women’s Day yang jatuh setiap 8 Maret ini, mari kita cari tahu bagaimana cara mendidik anak perempuan agar bisa jadi lebih kritis!

Baca juga: Anak Sering Minder? Yuk Bantu Bangun Kepercayaan Dirinya

Hargai Setiap Pandangannya

Tak hanya Moms, suami maupun orang dewasa lainnya, Si Kecil juga tentu memiliki cara pandangannya sendiri. Jangan jadikan hal itu sebuah masalah yang harus Moms atasi darinya, jadikan itu sebuah alternatif seraya memberitahu mana hal benar.

Dengan demikian mereka akan menjadi sosok kreatif ketika dewasa. Tak hanya itu, mereka juga akan tumbuh menjadi sosok yang percaya diri meski memiliki pendapat berbeda dari teman-temannya kelak.

Jawab Pertanyaan dengan Pertanyaan

Saat melihat sesuatu yang dirasa aneh bagi Si Kecil, tak jarang mereka menanyakannya pada Moms. Saat mereka bertanya, usahakan Moms untuk tak langsung memberikan mereka jawaban. Sebaliknya, cobalah jawab mereka dengan pertanyaan yang memicu mereka untuk mendapatkan jawaban itu sendiri.

Seperti saat mereka bertanya, dari mana asal usul keluarnya adik bayi, Moms dapat melontarkan sebuah pertanyaan baru seperti asal usul telur ayam. Buatlah mereka terus terpacu untuk menjawab pertanyaan mereka sendiri.

Baca juga: 5 Cara Mengajarkan Anggota Tubuh bagi Anak Perempuan

Beri Kesempatan untuk Selalu Bertanya

Pertanyaan Si Kecil yang cenderung menggemaskan, tak jarang pada akhirnya membuat Moms mungkin malah kehabisan akal dalam menjawab pertanyaan mereka. Bahkan Moms kerap ingin cepat-cepat mengakhiri semua pertanyaan, sehingga menjawab sekenanya. Namun, hal ini sebenarnya bukanlah pola didik yang baik.

Ketika Si Kecil puas pada satu jawaban saja, mereka cenderung tak akan membuka diri untuk jawaban lain. Dengan kata lain, tingkat keingintahuannya tak akan terasah. Oleh sebab itu, berikanlah ia ruang untuk bertanya dan jawablah semaksimal mungkin.

Carilah Referensi

Saat Si Kecil mendapatkan sebuah informasi, doronglah selalu mereka untuk tak cepat puas akan satu informasi yang mereka dapat. Ajaklah mereka untuk menggali lebih dalam akan suatu hal baik dari tempat maupun pihak lain yang dapat menawarkan jawaban lebih luas.

Contohnya, ketika mereka mulai belajar bahasa Inggris, jangan buat mereka terpaku akan arti dari satu kata saja, buatlah mereka mampu menggunakan dan menempatkan kata itu dengan susunan kalimat yang tepat. Beritahu mereka bahwa satu kata dapat memiliki banyak arti. Dengan demikian, Si Kecil akan terbiasa untuk mempelajari berbagai hal dari berbagai sisi.

Baca juga: 5 Kebiasaan Baik yang Harus Ditanamkan ke Anak Perempuan

Beri Contoh untuk Berbagai Hal

Dengan memberikan sebuah contoh, Si Kecil akan lebih mudah untuk mencerna apa yang ingin Moms sampaikan. Salah satu contoh yang paling ampuh adalah dengan mengajarkan hubungan sebab-akibat padanya.

Misalnya, ketika mereka membuang sampah sembarangan. Moms dapat memberikan contoh akibat dari buang sampah sembarangan adalah rumah menjadi kotor, bau, juga menimbulkan banjir di kemudian hari. Hal tersebut sangat efektif guna melatihnya untuk mencari tahu setiap dampak dari hal yang mereka lakukan. Dengan kata lain, Si Kecil akan terlatih menjadi sosok yang dapat memikirkan secara matang akan setiap hal yang hendak mereka perbuat.

Melatih buah hati Moms agar tumbuh menjadi sosok yang cerdas tentunya bukan perkara mudah, namun salah satu hal paling sederhana yang dapat Moms lakukan adalah dengan melatihnya sejak dini.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.