Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perilaku Balita | May 28, 2018

5 Cara Mengajarkan Anak Memakai Baju Sendiri

Bagikan


Perkembangan balita yang begitu pesat saat menginjak usia 2 tahun menjadi waktu yang paling tepat untuk mulai mengenalkan berbagai kecakapan hidup.

Menurut Karen Ruskin, psikolog keluarga dari Massachussets, mengajarkan anak memakai baju akan menjadi salah satu tonggak penting dalam perkembangan emosional dan psikologisnya.

Selain membantu melatih kemampuan motorik halus, mengajarkan anak memakai baju sendiri juga akan menumbuhkan kemandirian serta rasa percaya dirinya.

Yuk Moms, ikuti beberapa cara berikut supaya balita bisa cepat memakai baju sendiri!

Cara Memakai Kaus

foto: etsy.com

Di usia 3 tahun, Moms sudah bisa mulai mengajarkan balita memakai kaus sendiri.

Sambil berdiri di hadapan cermin, letakkan lubang kaus tepat di atas kepalanya, dan minta Si Kecil untuk menariknya melewati kepala dan wajah hingga sampai di leher.

Kemudian, pegangi satu lengan kaus dan minta ia untuk memasukkan tangan hingga keluar seluruhnya, lalu lakukan kembali untuk lengan yang satunya.

Di tahap ini sebaiknya hanya gunakan kaus elastis yang longgar dan mudah dikenakan ya, Moms.

Baca juga: Wajib Tahu! Beda Jenis Baju Anak, Beda Pula Cara Pilihnya

Cara Memakai Jaket

foto: burberry.com

Usia 33 bulan adalah waktu yang paling pas untuk mengajarkan anak mengenakan jaket.

Supaya lebih mudah, Moms bisa mengajak balita berlatih dengan menggunakan jaket dengan resleting depan yang dilengkapi tudung atau hoodie.

Moms bisa mengawalinya dengan memakaikan tudung terlebih dahulu di kepala balita. Setelah itu, pegangi lengan jaket dan minta Si Kecil memasukkan seluruh tangan hingga telapak tangan dan jarinya keluar di ujung satunya. Lakukan hal yang sama untuk lengan jaket yang satunya.

Menggunakan Celana Elastis

foto: friendshipcircle.org

Supaya lebih mudah mengajarkan anak memakai baju atau celana, sebaiknya gunakan yang berbahan elastis, tidak terlalu sempit, dan tidak kaku ya, Moms.

Khusus untuk celana, latihlah dulu dengan celana yang bagian pinggangnya terbuat dari karet agar lebih gampang ditarik dan dikenakan.

Awali dengan posisi duduk dan minta Si Kecil untuk memasukkan kakinya ke setiap lubang celana yang sudah dibuka lebar.

Lalu, Moms bisa letakkan kedua tangannya pada karet di bagian pinggang dan minta untuk menariknya hingga ke paha. Setelah itu, minta ia berdiri dan perlahan menarik celananya hingga ke pinggang.

Baca juga: Cara Menghemat Belanja Baju Anak

Urutkan Pakaian yang Akan Dikenakan

foto: stylingbyerica.com

Jangan lupa, ajari juga urutan mengenakan pakaian yang benar ya, Moms.

Setiap kali Si Kecil selesai mandi pagi dan sore, Moms bisa mengurutkan setiap item pakaian yang harus dikenakannya sesuai dengan tahapan yang benar, seperti: celana dalam, kaus dalam, celana piyama, baru atasan, atau kaus piyama.

Latih Memasang Kancing dan Resleting

foto: huffingtonpost.com

Setelah balita terbiasa mengenakan baju yang sederhana, Moms bisa mulai melatihnya memasang kancing serta membuka tutup resleting.
Membuka resleting jauh lebih mudah ketimbang menutupnya, jadi awali dulu dengan mengajarinya membuka resleting.

Di usianya yang menginjak 33 bulan, Moms bisa mulai mengajarkan balita untuk merapatkan dua sisi resleting di bagian bawah dan kemudian menariknya ke atas.

Saat kemampuan motorik halus balita semakin baik, di usia 4 tahun Moms sudah bisa mulai mengajarkannya memasang kancing baju.

Meski Moms sudah mengajarkan anak memakai baju, Si Kecil tetap butuh banyak latihan agar bisa melakukannya dengan lancar dan benar.

Supaya semakin percaya diri, tetap berikan pujian meski dia memakai baju terbalik atau tidak rapi. Apakah Moms sudah mulai mengajarkan anak memakai baju?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.