Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perkembangan Anak | Mar 1, 2018

5 Cara Mengajarkan Anggota Tubuh bagi Anak Perempuan

Bagikan



Tahukah Moms, pada usia 1 hingga 2 tahun, anak mulai belajar mengenal anggota tubuhnya. Pada umumnya, anak usia 1,5 tahun sudah mulai dapat mengetahui nama-nama anggota tubuh meski belum bisa menyebutkannya dengan jelas.

Nah, untuk itu Moms harus dapat mengajarkan kepada mereka tak hanya namanya saja namun juga fungsinya secara benar.

Ada beberapa cara untuk mengajarkan anggota tubuh, seperti:

1. Menggunakan Lagu

Salah satu metode yang paling mudah diserap oleh anak-anak adalah dengan nyanyian. Ajaklah mereka bernyanyi seperti “kepala, pundak, lutut, kaki” atau “dua mata saya” bersama mereka.

Awalnya mungkin mereka hanya akan menangkap nama-namanya saja, namun lama-kelamaan, dengan memperagakannya mereka akan hafal anggota tubuh mereka beserta namanya.

2. Bermain tebak-tebakan

Hal yang paling disukai Si Kecil tentulah bermain, apalagi jika permainan tersebut memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan orang lain.

Cara yang paling mudah adalah dengan bermain tebak-tebakkan. Moms dapat memulainya dengan menunjuk salah satu anggota tubuh Moms dan menyebutkan namanya.

Selanjutnya, biarkan mereka memperhatikan Moms lalu tanyakan kembali padanya “mana kepala adik?” atau “mana tangan kakak?”, dengan begitu mereka akan terpancing untuk menunjukan mana anggota tubuhnya. Jangan lupa beri mereka apresiasi saat menjawab benar dan tunjukkan jawaban yang benar saat mereka salah.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Baik yang Harus Ditanamkan ke Anak Perempuan

3. Menggunakan Buku Bergambar

Gambar adalah media yang dinilai menarik bagi Si Kecil, karena gambar akan mempermudah daya imajinasi mereka akan letak-letak anggota tubuuhnya.

Belajar menggunakan gambar pun akan lebih mudah dan luas, karena dengan menggunakan gambar Moms dapat menjelaskan letak-letak anggota tubuh yang tak terlihat.

Seperti dimana letak jantung, hati, lambung dan lain sebagainya. Si Kecilpun juga akan dengan mudah mengetahui anggota tubuh mereka yang tak terlihat.

4. Mandi Bersama

Sebagian besar orangtua enggan mandi bersama Si Kecil karena beberapa alasan.

Padahal tahukah Moms? mandi bersama dapat menjadi momen yang sangat tepat untuk memperkenalkan Si Kecil dengan anggota tubuhnya, sekaligus mengajarkan perbedaan dan fungsinya. Hal ini juga dapat membuat mereka cepat mengerti sekaligus percaya diri dengan anggota tubuhnya.

5. Melalui Cerita

Mendengarkan cerita bisa menjadi salah satu hal yang paling disukai Si Kecil, gunakanlah metode ini untuk mengenalkan anggota tubuh mereka.

Sesekali cobalah kisahkan pada Si Kecil tentang rambut hitam yang cantik, mata yang indah maupun hidung yang mancung.

Jangan lupa pula jelaskan fungsinya masing-masing. Seperti fungsi hidung untuk bernapas, kaki untuk berjalan atau tangan untuk melakukan sesuatu. Selain dengan cerita, Mom juga bisa menggunakan boneka sebagai alat bantu.

Mudah bukan mengenalkan anggota tubuh pada anak dan fungsinya? Untuk itu, segeralah mulai perkenalkan anggota tubuh Si Kecil ya, Moms. Agar merekapun juga semakin paham,mana anggota tubuh mereka yang tak boleh disentuh atau dilihat orang lain.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.