Kesehatan

KESEHATAN
12 Desember 2020

5+ Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur, Sehatkan Tubuh

Telat haid sering terjadi pada beberapa wanita
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Cara mengatasi haid tidak teratur sebenarnya mudah. Intinya adalah menyehatkan tubuh terlebih dahulu.

Siklus haid dihitung dari hari pertama periode ke hari pertama di bulan berikutnya.

Dilansir dari U.S. Department of Health and Human Services, siklus haid rata-rata adalah 28 hari, tetapi dapat berbeda antara satu wanita ke wanita lainnya, dan dari bulan ke bulan lainnya.

Haid masih dianggap teratur jika datang setiap 24 hingga 38 hari selanjutnya. Periode haid dianggap tidak teratur jika waktu antar periode terus berubah dan haid datang lebih awal atau lebih lama.

Baca Juga: 12 Penyebab Telat Haid, Tidak Selalu Karena Hamil Lho

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

Bagaimana cara mengatasi haid yang tidak teratur? Perawatan tergantung pada apa yang menyebabkan haid tidak teratur, tetapi ada beberapa cara yang dapat dicoba di rumah untuk mengembalikan siklus teratur kembali.

Simak tipsnya di bawah ini ya.

1. Olahraga Yoga

cara mengatasi haid tidak teratur

Foto: Orami Stock Photos

Cara mengatasi haid tidak teratur pertama adalah olahraga yoga. Olahraga ini terbukti menjadi alternatif pengobatan yang efektif untuk berbagai masalah haid. Sebuah studi menunjukkan bahwa melakukan 35 hingga 40 menit yoga, 5 hari seminggu selama 6 bulan, dapat menurunkan kadar hormon yang berkaitan dengan haid tidak teratur.

Yoga juga telah terbukti mengurangi nyeri haid dan gejala emosi yang berhubungan dengan haid, seperti depresi dan kecemasan, serta meningkatkan kualitas hidup pada wanita dengan dismenore primer. Wanita dengan dismenore primer mengalami rasa sakit yang luar biasa sebelum dan selama periode haid.

Stress memiliki kaitan yang erat dengan perubahan siklus dan nyeri menstruasi. Oleh karena itu, yoga yang merelaksasikan pikiran dapat membantu menyelesaikan masalah ini.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

cara mengatasi haid tidak teratur

Foto: willowplaceforwomen.com

Perubahan berat badan dapat memengaruhi siklus haid. Jika mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, dengan menurunkan berat badan bisa membantu mengatur haid.

Tingginya kadar gula darah juga berpengaruh terhadap berbagai penyakit terkait siklus menstruasi yang tidak teratur seperti PCOS (sindrom ovarium polikistik). Namun penurunan berat badan yang ekstrem atau berat badan kurang juga dapat menyebabkan haid tidak teratur. Itu sebabnya cara mengatasi haid tidak teratur lainnya adalah dengan mempertahankan berat badan yang sehat.

Baca Juga: Remaja Rentan Obesitas! Ini Aktivitas Fisik untuk Mempertahankan Berat Badan Ideal

3. Menggunakan Jahe

cara mengatasi haid tidak teratur

Foto: simplyrecipes.com

Jahe bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi haid tidak teratur. Hasil dari sebuah penelitian terhadap 92 wanita yang mengalami perdarahan haid yang berat menunjukkan bahwa suplemen jahe setiap hari dapat membantu mengurangi jumlah darah yang hilang selama haid.

Serum prostaglandin yang tinggi pada seseorang dapat mengakibatkan perdarahan menstruasi yang banyak. Kandungan jahe diduga dapat menekan kerja prostaglandin ini sehingga mengurangi perdarahan haid yang banyak.

4. Olahraga Teratur

cara mengatasi haid tidak teratur

Foto: hivisasa.com

Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat membantu haid berjalan lancar. Olah raga juga dimasukkan ke dalam bagian dari rencana perawatan pasien sindrom ovarium polikistik (PCOS), yang bisa menyebabkan ketidakteraturan menstruasi agar berat badaan dan gula darahnya terkontrol.

Selain itu, dengan berolahraga, dapat melancarkan sirkulasi darah, termasuk di daerah rahim yang berkaitan dengan siklus menstruasi.

Baca Juga: Ini 4 Jenis Olahraga yang Tidak Disarankan untuk Penderita Penyakit Jantung

5. Minum Cuka Sari Apel secara Teratur

cara mengatasi haid tidak teratur

Foto: Orami stock photos

Jurnal penelitian yang diterbitkan oleh U.S. Library of Medicine menunjukkan bahwa cuka apel bisa membantu mengatasi haid tidak teratur.

Minum 0,53 oz (15 ml) cuka sari apel setiap hari dapat mengembalikan menstruasi ovulasi pada wanita yang menderita PCOS.

Cuka sari apel juga dapat membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kadar gula darah dengan memperbaiki kinerja insulin pada tubuh.

6. Coba Konsumsi Kayu Manis

kayu manis untuk haid lancar

Foto: Orami Photo Stock

Kayu manis nyatanya sangat bermanfaat untuk Moms yang memiliki berbagai masalah terkait dengan menstruasi.

Sebuah studi dalam American Journal of Obstretics & Ginecology menemukan itu membantu mengatur siklus menstruasi dan merupakan pilihan pengobatan yang efektif untuk wanita dengan PCOS, meskipun studi tersebut dibatasi oleh sejumlah kecil peserta.

Ini juga telah terbukti secara signifikan mengurangi nyeri haid dan perdarahan, dan meredakan mual dan muntah yang terkait dengan dismenore primer.

7. Konsumsi Vitamin yang Cukup

mengatasi haid tidak teratur

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam U.S. National Library of Medicine mengaitkan rendahnya tingkat vitamin D dengan menstruasi yang tidak teratur dan menyarankan bahwa mengonsumsi vitamin D dapat membantu mengatur menstruasi.

Baca Juga: Berhubungan Seks di Awal Haid, Bisakah Hamil?

Studi lain juga menemukan bahwa vitamin efektif dalam mengobati ketidakteraturan menstruasi pada wanita dengan PCOS.

Vitamin D juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, termasuk menurunkan risiko penyakit tertentu, membantu penurunan berat badan, dan mengurangi depresi.

Vitamin D sering ditambahkan ke beberapa makanan, termasuk susu dan produk susu lainnya, serta sereal. Moms juga bisa mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari atau melalui suplementasi.

Vitamin B sering diresepkan untuk wanita yang mencoba untuk hamil, dan mereka dapat membantu mengatur menstruasi Anda, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi klaim ini.

Vitamin B juga dapat menurunkan risiko gejala pramenstruasi. Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan sumber vitamin B memiliki risiko PMS yang lebih rendah secara signifikan.

Studi lain dari tahun 2016 menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi 40 mg vitamin B-6 dan 500 mg kalsium setiap hari mengalami penurunan gejala PMS. Saat menggunakan suplemen, ikuti petunjuk pada kemasannya ya Moms.

8. Pepaya Muda

cara mengatasi haid tidak teratur

Foto: specialtyproduce.com

Pepaya muda berwarna hijau dianggap berguna dalam mengatur aliran menstruasi karena membantu mengontrak serat otot di rahim. Konsumsi jus pepaya mentah secara teratur selama beberapa bulan tetapi jangan meminumnya selama menstruasi.

9. Kunyit

cara mengatasi haid tidak teratur

Foto: Orami Photo Stock

Kunyit dianggap sebagai salah satu ramuan obat terbaik yang juga cukup menghangatkan. Ini membantu dalam mengatur menstruasi dan menyeimbangkan hormon. Sifat antispasmodik dan anti-inflamasi meredakan nyeri haid.

Konsumsi seperempat sendok teh kunyit dengan susu, madu atau jaggery. Minumlah setiap hari selama beberapa minggu atau sampai Moms melihat peningkatan.

10. Lidah Buaya

cara mengatasi haid tidak teratur

Foto: Orami Photo Stock

Jangan gunakan obat ini selama menstruasi kita. Lidah buaya membantu mengatasi ketidakteraturan menstruasi secara alami dengan mengatur hormon kita. Untuk mendapatkan hasil terbaik, ekstrak gel lidah buaya segar dari daun lidah buaya, campurkan satu sendok teh madu dan konsumsi setiap hari sebelum sarapan.

Baca Juga: Bikin Kulit Lembap, Ini 8 Manfaat Masker Lidah Buaya dan Cara Membuatnya

11. Coba Jinten

haid tidak teratur

Foto: Orami Photo Stock

Jinten sarat dengan sejumlah manfaat kesehatan. Jinten yang direndam dapat digunakan untuk pengobatan menstruasi yang tidak teratur. Ambil 2 sendok biji jintan lalu rendam dalam air semalaman dan minum keduanya pada pagi hari. Moms perlu minum air ini setiap hari agar menstruasi kita teratur.

Sekarang Moms tidak perlu khawatir lagi dengan haid yang tidak teratur, karena bisa diatasi dengan beberapa cara di atas.


Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Ayuwidia

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait