Pasca Melahirkan

PASCA MELAHIRKAN
31 Januari 2021

8 Obat Radang Tenggorokan untuk Ibu Menyusui, Aman dan Terbukti Ampuh!

Radang tenggorokan yang menyerang ibu menyusui bisa diatasi dengan cara alami
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

8 Obat Radang Tenggorokan untuk Ibu Menyusui, Aman dan Terbukti Ampuh

--

Saat ini cuaca sangat kurang bersahabat ya Moms. Cuaca kemarau yang baru kita lewati dan masuk ke musim hujan dengan udara yang dingin membuat kita lebih mudah terserang batuk, flu, bahkan gejala keduanya yang cukup mengganggu, yaitu radang tenggorokan.

Bagi ibu menyusui, radang tenggorokan akan lebih terasa mengganggu, pasalnya ibu menyusui harus lebih menjaga kesehatan karena khawatir Si Kecil akan tertular.

Ibu menyusui juga perlu asupan makanan yang lebih banyak, sehingga radang tenggorokan bisa saja menghambat proses tersebut.

Maka dari itu, jika Moms mengalami kondisi ini pastikan segera diatasi. Meskipun pada umumnya radang tenggorokan itu bersifat ringan, tapi jika kita tidak mengatasinya bisa berkelanjutan menjadi batuk ataupun flu, bahkan bisa lebih parah.

Seperti yang ditegaskan oleh seorang Profesor Kedokteran Preventif dan Penyakit Menular di Vanderbilt University School of Medicine, "Infeksi atau peradangan bisa menimbulkan sepsis dan komplikasi yang sangat bisa mengancam jiwa jika tidak segera diatasi," ucap dr William Schaffner.

Baca Juga: Radang Tenggorokan Pada Busui, Apakah Berpengaruh Pada Bayi?

Moms bisa menggunakan obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui dengan cara yang alami, dengan banyak mengonsumsi air putih, tidak mengonsumsi makanan berminyak dan pedas, alangkah lebih baik mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

Berikut obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui yang bisa diterapkan.

Obat Radang Tenggorokan untuk Ibu Menyusui

Menelan sakit dan perih memang menjadi ciri khas sakit tenggorokan yang sering dialami setiap orang.

Menurut Mayo Clinic, rasa sakit, gatal, dan iritasi pada tenggorokan adalah penyebab paling umum yang disebabkan oleh infeksi virus seperti flu dan batuk.

Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus sembuh dengan sendirinya. Namun Moms bisa menerapkan obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui di bawah ini untuk mencegah penularan dengan Si Kecil.

1.Air Lemon dan Madu

cara alami mengatasi radang tenggorokan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui yang aman adalah dengan mengonsumsi air lemon dan madu.

Cara ini cukup umum yang biasa dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan. Cukup peras 1 buah lemon dalam segelas air hangat kemudian campurkan 2 sendok teh madu.

“Madu adalah salah satu obat tenggorokan untuk ibu menyusui terbaik karena sifat antibakterinya yang alami yang memungkinkannya sebagai penyembuh luka, segera menawarkan pereda nyeri sambil bekerja untuk mengurangi peradangan," jelas Charlotte Smith, MD, dokter di Penn Urgent Care South Philadelphia.

Madu juga dapat membunuh bakteri dan membantu melawan infeksi virus.

Namun, Dr. Smith memperingatkan, "Madu tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia satu tahun."

2. Air Garam

cara alami mengatasi radang tenggorokan 2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sifat antiseptik pada garam sangat tepat dalam mengatasi peradangan pada tenggorokan.

Obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui satu ini sering diterapkan di rumah sebagai cara alami dalam meredakan gatal dan sakit pada tenggorokan.

Caranya sangat mudah, cukup larutkan 2 sendok teh garam dan masukkan dalam satu cangkir air panas, kemudian berkumurlah menggunakan larutan air garam tersebut.

Selain itu, menurut Health Care University of Utah, larutan garam sebaiknya hanya digunaan untuk berkumur dan tidak menelannya. Setelah menggunakan garam sebagai obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui, dapat diteruskan dengan berkumur larutan penyegar mulut untuk mencegah tumbuhnya bakteri atau virus penyebab sakit tenggorokan.

3. Sup Ayam

cara alami mengatasi radang tenggorokan 4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Lezat dan praktis karena kita juga bisa menyajikannya untuk menu keluarga ya Moms. Nah, kandungan sodium dalam kaldu ayam berfungsi sebagai antiinflamasi sebagai obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui.

Cairan panas dari sup ayam membantu membersihkan selaput lendir, menjaga aliran darah, dan mencegah infeksi sinus. Suhu yang hangat juga dapat mengurangi batuk dengan menenangkan bagian belakang tenggorokan.

Maka dari itu perbanyaklah konsumsi makanan atau minuman hangat sebagai cara alami obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui. Mudah bukan Moms?

Baca Juga: Mengatasi Radang Tenggorokan Saat Hamil

4. Buah-buahan

cara alami mengatasi radang tenggorokan 5.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika kita jarang mengonsumsi buah-buahan, maka saat mengalami radang tenggorokan pastikan Moms memperbanyak asupan buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi.

Obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membunuh infeksi yang sudah ada di tubuh kita.

Jeruk, jambu, stroberi, jeruk bali, dan kiwi merupakan buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi untuk mengatasi radang tenggorokan.

5. Obat Antihistamin

obat sakit tenggorokan untuk ibu menyusuil.webp

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Cleveland Clinic, antihistamin bisa meredakan sakit tenggorokan. Asetaminofen, ibuprofen, dan naproxen juga membantu meredakan nyeri yang terletak pada area tenggorokan.

Tentunya, obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui ini perlu mendapat anjuran dari dokter agar sesuai dengan kondisi kesehatan Moms.

Karena obat ini tergolong keras, ketika dikonsumsi tidak sesuai kondisi sebenarnya, ini akan memicu gejala (seperti hidung tersumbat dan post-nasal drip) yang bisa membuat sakit tenggorokan terasa lebih buruk.

Maka dari itu rekomendasi dokter sangat diperlukan ya dalam menggunakan obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui ini.

6. Humidifier

humidifier-today-main-200123_d190a41dfd9c867281abeaf49c09cc94.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata, menurut studi Penn Medicine, humidifier atau alat pelembab udara ini dapat digunakan sebagai obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui, lho!

Udara kering dan saat memasuki musim hujan ini, dapat menjadi penyebab sakit tenggorokan. Humidifier akan menjaga kelembapan udara dan melegakan pernapasan termasuk melegakan tenggorokan.

Tambahkan satu atau dua sendok makan cairan aromaterapi atau larutan hidrogen peroksida pada humidifer untuk meredakan nyeri tenggorokan.

Moms bisa gunakan ini sebagai obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui ketika tidur. Maka napas akan menjadi lebih lega dan meredakan nyeri dan rasa gatal.

Baca Juga: 8 Cara Alami Menyembuhkan Radang Tenggorokan yang Wajib Diketahui

7. Teh Herbal

Teh sebagai obat tenggorokan untuk ibu menyusui

Foto: Orami Photo Stock

Ada banyak jenis teh herbal yang bisa dicoba untuk meredakan sakit tenggorokan dengan cepat sebagai obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui. Teh cengkeh dan teh hijau mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi untuk melawan infeksi sekaligus meredakan infeksi, menurutPenn Medicine.

Selain teh cengkeh dan hijau, teh raspberry, chamomile, dan peppermint adalah pilihan yang bagus untuk meredakan nyeri dan mengurangi peradangan tenggorokan.

Teh chamomile juga bisa berfungsi sebagai pelumas alami, jadi jika suara serak atau kesulitan berbicara, ini mungkin pilihan terbaik. Selain itu, teh peppermint secara alami dapat membuat tenggorokan lebih lega dan meredakan nyeri.

Saat memilih teh herbal terbaik sebagai obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui, Moms perlu menghindari teh yang mengandung kafein ya.

“Saat pulih dari penyakit, penting untuk istirahat. Jika telah memasuki jam tidur, mungkin yang terbaik adalah dengan mengonsumsi teh tanpa kafein, ”saran Dr. Charlotte Smith MD, seorang dokter di Penn Urgent Care South Philadelphia.

8. Istirahat Cukup

tidur sebagai obat tenggorokan untuk ibu menyusui

Foto: Orami Photo Stock

Cara ampuh obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui lainnya adalah istirahat cukup.

Jangan meremehkan mengistirahatkan tubuh dan suara ketika sedang tidak sehat atau sakit tenggorokan. Namun Moms perlu perhatikan, berbaring datar terkadang bisa menyebabkan pembengkakan karena adanya peningkatan tekanan di bagian belakang tenggorokan.

Sebaliknya, cobalah meninggikan tempat tidur atau duduk dengan penyangga atau di kursi untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Atur posisi terbaik agar tidur lebih berkualitas sehingga radang tenggorokan akan mereda dan segera pulih.

Baca Juga: Kenali Gejala Sakit Tenggorokan pada Balita untuk Penanganan yang Tepat

Dari kedelapan obat radang tenggorokan untuk ibu menyusui di atas, kita harus mengimbanginya dengan istirahat yang cukup, minum air putih sesuai aturan yang dianjurkan setiap harinya, dan hindari makanan beminyak juga pedas.

Jika Moms merasa radang tenggorokan yang dialami lebih dari satu minggu dan semakin parah, maka alangkah lebih baiknya konsultasikan dengan dokter.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait