Kesehatan

KESEHATAN
26 Agustus 2020

5 Cara Mengatasi Sakit Pinggang pada Perempuan, Alami dan Mudah!

Menjaga postur tubuh yang baik adalah kuncinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Cara mengatasi sakit pinggang pada wanita berikut ini mudah diikuti dan manjur, Moms.

Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS), sakit pinggang merupakan penyebab paling umum dari kecacatan yang berhubungan dengan pekerjaan.

Sebagian besar kondisi sakit pinggang adalah hasil dari cedera, seperti keseleo otot atau ketegangan akibat gerakan tiba-tiba atau mekanisme tubuh yang buruk saat mengangkat benda berat, termasuk di dalamnya sakit pinggang pada wanita.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang pada Wanita

Sakit pinggang akut dapat terjadi selama beberapa hari hingga beberapa minggu, sedangkan sakit pinggang kronis adalah nyeri yang berlangsung lebih dari tiga bulan.

Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang yang diderita oleh perempuan?

Baca Juga: Sakit Pinggang Saat Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Tidur dengan Bantal di Bawah Lutut

cara mengatasi sakit pinggang

Foto: mobilityresource.easyname.website

Tidur telentang akan memberi tekanan berlebih pada tulang belakang kita. Untuk mengurangi tekanan ini, memposisikan kaki sedikit terangkat akan mengurangi tekanan di bagian punggung saat kita tidur. Agar lebih nyaman, letakkan bantal di bawah lutut. Cara ini juga dapat melancarkan peredaran darah di kaki.

2. Berolahraga

cara mengatasi sakit pinggang

Foto: beyondwords.life

Cara mengatasi sakit pinggang selanjutnya tentu dengan berolahraga. Ini merupakan salah satu cara efektif yang bisa dilakukan.

Rutin berolahraga secara teratur dan fokus pada pergerakan otot dapat membantu mengurangi risiko cedera terkait punggung, seperti ketegangan otot dan kejang otot. Cobalah memasukkan latihan penguatan punggung ke dalam olahraga kita setidaknya dua kali per minggu untuk membangun punggung yang lebih kuat dan lebih fleksibel.

Contohnya olahraga yang baik untuk kekuaatan punggung yaitu berenang, naik sepeda, dan pilates. Namun, hindari melakukan sit-up karena akan semakin membebani tulang punggung.

Baca Juga: Sakit Pinggang Saat Hamil Muda Umum Terjadi, Ketahui Penyebab dan Penanganannya

3. Tingkatkan Asupan Kalsium dan Vitamin D

cara mengatasi sakit pinggang

Foto: mahamumbainews.com

Tulang yang kuat dapat membantu mencegah osteoporosis. Ini adalah salah satu penyebab paling umum dari sakit punggung, terutama pada wanita.

Pertahankan kekuatan tulang belakang dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D.

Kalsium bisa ditemukan dalam susu, yogurt, sayuran hijau, dan suplemen vitamin. Sedangkan vitamin D bisa ditemukan pada ikan berlemak, kuning telur, hati sapi, dan keju. Selain itu, berjemur di bawah sinar matahari seminggu 3 kali di pagi hari selama 15 menit dapat meningkatkan jumlah vitamin D.

4. Gunakan Sepatu yang Nyaman

cara mengatasi sakit pinggang

Foto: quora.com

Tips cara mengatasi sakit punggung selanjutnya untuk para wanita adalah dengan mengenakan sepatu yang nyaman dan bertumit rendah. Ya, penggunaan sepatu berhak tinggi dalam waktu yang lama dapat membuat otot sekitar punggung menegang. Penggunaan sepatu bertumit rendah adpat mengurangi ketegangan di punggung saat berdiri. Sepatu dengan tumit kurang dari 1 inci adalah pilihan terbaik untuk punggung kita.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Linu Panggul Saat Hamil, Bebas Rasa Sakit!

5. Meluruskan Postur Tubuh

cara mengatasi sakit pinggang

Foto: fitseats.com/

Postur tubuh yang baik bukan hanya agar kita terlihat cantik atau untuk penampilan saja, tetapi juga melindungi tulang belakang agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan ketegangan dan tekanan pada punggung dan dapat mengubah arsitektur tulang belakang kita. Hindari membulatkan bahu, membungkuk, atau menekuk ke samping saat berdiri.

Perhatikan posisi duduk saat bekerja, atur ketinggian meja dan kursi agar postur tubuh baik. Kesalahan dalam mengatur posisi duduk ini dapat mengakibatkan rasa kurang nyaman pada punggung. Selain itu, berjalan-jalanlah selama 15 menit setelah duduk selama 2 jam.

Itu dia beberapa cara mengatasi sakit pinggang pada wanita agar tulang dan otot kita bisa lebih sehat dan nyaman.


Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Ayuwidia

Artikel Terkait