Gaya Hidup

GAYA HIDUP
5 September 2020

10 Cara Mengobati Alergi Hidung dengan Alami, Simak di Sini!

Bisa coba makan buah-buahan atau sayuran
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, Moms, simak cara alami mengobati alergi hidung.

Mengobati alergi hidung pada orang dewasa memang tidak mudah untuk diobati, namun bisa menjadi lebih buruk jika terjadi pada anak dengan hidung tersumbat, mata merah, disertai dengan rasa gatal. Dilansir dari jurnal Allergic Rhinitis, kebanyakan penderita asma menderita rinitis.

Mengurangi ketidaknyamanan ini, Moms akan mengajak anak untuk berkonsultasi ke dokter anak, lalu dokter spesialisasi akan menangani kondisi ini.

Tetapi karena kemampuan untuk mengobati alergi hidung berhubungan dengan kekuatan sistem kekebalan tubuh, mencoba beberapa pengobatan rumahan juga dapat membantu meringankan gejala yang timbul.

Baca Juga: Langka, Balita 18 Bulan Ini Alergi Air, Kenapa Bisa Terjadi?

"Setiap makanan yang menghasilkan vitamin C, zinc, vitamin D, antioksidan, dan vitamin alami dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan merupakan pilihan yang baik untuk mengobati alergi hidung," jelas Chitra Dinakar, ahli alergi di Children's Mercy Hospital di Kansas City.

Cara Alami Mengobati Alergi Hidung

Cara alami ini termasuk makan buah-buahan, sayuran, dan barang yang bisa ditemukan di dapur lainnya. Apa saja? Simak di bawah ini.

1. Makan Buah Beri

mengobati alergi hidung

Foto: Orami Photo Stock

Cara alami mengobati alergi hidung yang pertama adalah dengan mengonsumsi blueberry dan raspberry.

“Karena kedua buah ini mengandung vitamin C dan flavanoid, yang dapat mengurangi beberapa respon histamin untuk alergi pada anak-anak,” jelas Jack Maypole, dokter anak, sekaligus associate professor di Boston University School of Medicine.

Menurut Elena Klimenko, spesialis kedokteran integratif di New York City, cobalah konsumsi ¾ cangkir sehari atau dua kali sehari. Hancurkan buah beri yang matang untuk anak yang masih belajar makan makanan padat.

Baca Juga: Resep: Blueberry Cheesecake No Bake

2. Apel

mengobati alergi hidung

Foto: Orami Photo Stock

Mengobati alergi hidung secara alami juga bisa kita lakukan dengan mengonsumsi buah apel. Buah berwarna merah ini juga kaya akan vitamin C dan flavonois, termasuk quercetin, yang dapat bertindak sebagai agen penstabil sel mast.

"Sel mast adalah mediator alergi yang penting karena mereka melepaskan histamin," jelas Corinna Bowser, ahli alergi di Narberth Allergy and Asthma di Narberth, Pennsylvania.

Jika disajikan untuk anak-anak di bawah 4, sebaiknya kupas dan parut apel. Moms juga bisa memanggangnya pada suhu 400 derajat F sampai lunak.

3. Madu

mengobati alergi hidung

Foto: Orami Photo Stock

“Latar belakangnya adalah bahwa lebah mengumpulkan serbuk sari dan serbuk sari merupakan penyebab alergi, jadi jika makan madu secara teratur, tubuh mungkin akan terbiasa dengan alergen tersebut dan tidak membuat respons [alergi]," kata Dr. Corinna Bowser.

Masalah dengan teori ini adalah bahwa serbuk sari yang menyebabkan alergi rinitis, asma, dan konjungtivitis alergi hanya berasal dari tanaman yang diserbuki angin, dan madu tidak mengandung sejumlah besar serbuk sari.

Tetapi jangan berikan madu kepada bayi di bawah 1 tahun karena berisiko botulisme bayi, kondisi pencernaan yang serius.

Baca Juga: 6 Manfaat Madu untuk Wajah, Bisa Kurangi Keriput!

4. Cuka

mengobati alergi hidung

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Dr. Beyna Maypole, cara alami mengobati alergi hidung bisa dilakukan dengan cuka. Obat satu ini merupakan obat probiotik peningkat-alergi yang meningkatkan kekebalan tubuh untuk berbagai penyakit.

Namun rekomendasi dosisnya bervariasi, tetapi biasanya dikonsumsi satu sendok teh untuk satu sendok makan dalam 8 ons air.

5. Gunakan Bawang

mengatasi alergi hidung

Foto: Orami Photo Stock

Antioksidan quercetin juga ditemukan dalam sayuran ini, meskipun bawang merah mungkin lebih sulit diminum oleh anak kita. Jika itu masalahnya, akar umbi ini, juga dikenal sebagai allium cepa, dapat dikonsumsi dalam bentuk pil, yang aman untuk anak-anak di atas usia 2 tahun.

6. Coba Makan Makanan Pedas

alergi hidung

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms mau mencobanya, hidangan yang dibuat dengan cabai rawit, jahe segar, atau fenugreek, serta bawang dan bawang putih, dapat membantu mengencerkan lendir dalam hidung dan membuka saluran hidung.

"Capsaicin yang ditemukan dalam makanan pedas, termasuk paprika merah, dapat bekerja dengan menghilangkan kepekaan serabut saraf hidung juga," kata Corinna Bowser, seorang ahli alergi di Narberth Allergy and Asthma di Narberth, Pennsylvania.

Baca Juga: Makan Makanan Pedas saat Hamil, Amankah?

7. Gunakan Kompres

kompres untuk alergi hidung

Foto: Orami Photo Stock

Apakah anak Moms mengalami mata gatal karena alergi hidung? Cobalah kompres dingin, yang dapat membantu mengurangi rasa gatal dan nyeri. Selain itu, ingatkan anak juga untuk menghindari menggosok mata, karena ini hanya akan memperparah gatal dan iritasi pada matanya.

8. Bisa Menggunakan Air

mandi air hangat

Foto: Orami Photo Stock

Ya, H2O biasa bisa memberikan hasil yang ajaib. Anak-anak yang lebih besar mungkin ingin mencoba irigasi hidung menggunakan larutan garam, baik dari toko obat atau buatan sendiri. Jika ingin mencampurkan sendiri, Moms bisa menggunakan 240 ml air dengan satu sendok teh garam non-yodium.

Minum cukup setiap hari juga penting, karena meniup dan bersin terus-terusan dapat membuat hidung kita kering. Dan terakhir, uap di pancuran atau bak mandi air hangat dapat membantu membersihkan hidung tersumbatnya.

9. Jahe

jahe bisa mengatasi alergi hidung

Foto: Orami Photo Stock

Jahe adalah ramuan yang aman dan sangat efektif. Terlepas dari kegunaannya dalam makanan, bumbu satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kita secara keseluruhan, karena menenangkan sistem pencernaan dan meningkatkan sirkulasi. Jahe bekerja sebagai antihistamin alami, agen antivirus yang manjur, dan penguat kekebalan.

Cobalah teh jahe untuk meredakan hidung tersumbat dan sakit kepala. Saat Moms menyesap teh, hirup uap yang keluar dari cangkir kita. Moms juga dapat menemukan jahe secara komersial dalam bentuk segar dan kering. Atau bisa juga bisa memasangkannya dengan herba lain, seperti kunyit, yang merupakan penyembuh alami kuat lainnya.

10. Hirup Minyak Kayu Putih

minyak kayu putih meredakan alergi hidung

Foto: Orami Photo Stock

Aroma pinus yang kuat dari minyak kayu putih dapat meningkatkan penghirupan uap, membantu membuka sinus dan saluran hidung kita lebih jauh. Beberapa penelitian menunjukkan minyak esensial, yang diekstrak dari daun pohon eukaliptus, memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, tetapi jika tidak ada lagi uapnya memberikan sensasi seperti mentol yang dapat membuat pernapasan tampak lebih mudah.

Baca Juga: Menghilangkan Kutu Rambut Cukup dengan Minyak Kayu Putih, Ini Caranya

Coba tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke semangkuk air panas, atau ke kamar mandi sebelum kita masuk. Hanya saja, jangan menelan minyak atau mengoleskannya langsung ke kulit ya, karena bisa jadi beracun dalam jumlah yang terkonsentrasi.

Nah, sebelum membawa anak ke dokter, ada baiknya Moms mencoba cara alami untuk mengobati alergi hidung terlebih dahulu, ya. Semoga 10 cara di atas ampuh untuk buah hati, Moms.

Artikel Terkait