Kesehatan

KESEHATAN
3 September 2020

5 Cara Meningkatkan Stamina dengan Ampuh, Ayo Ikuti!

Stamina yang baik tidak membuat Moms cepat lelah
placeholder

Foto: healthtrends.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Simak cara meningkatkan stamina di sini, yuk, Moms.

Stamina merupakan kekuatan dan energi yang dimiliki seseorang untuk mempertahankan kesehatan fisik serta mental dalam jangka waktu yang lama. Setiap orang membutuhkan stamina atau daya tahan tubuh yang baik dalam melakukan aktivitas fisik. Karena itu, penting untuk mencari tahu cara meningkatkan stamina.

Baca Juga: Enak dan Sehat, Ini Dia 4 Minuman Peningkat Daya Tahan Tubuh

Cara Meningkatkan Stamina

Dengan meningkatkan stamina, Moms bisa menahan ketidaknyamanan atau stres saat melakukan aktivitas fisik, serta mengurangi kelelahan. Ketahui tips meningkatkan stamina yang bisa dilakukan.

1. Latihan Fisik

cara meningkatkan stamina-olahraga

Foto: Orami Stock Photos

Olahraga atau latihan fisik yang konsisten dapat membantu membangun stamina dengan lebih baik. Terutama bila Moms kerap merasa kekurangan energi.

Mengutip Heart.org, ada banyak jenis latihan untuk dapat meningkatkan kekuatan, daya tahan, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh. Misalnya, yoga dapat meningkatkan keseimbangan, kekuatan, dan fleksibilitas. Beberapa aktivitas fisik lain seperti olahraga aerobik bisa membantu menjaga tubuh tetap bugar dan sehat, serta membuat olahraga menjadi menarik.

Olahraga secara rutin dan teratur serta melatih kekuatan tubuh bagian bawah juga akan meningkatkan keseimbangan. Latihan keseimbangan ini dapat membantu otak untuk lebih fokus dan memberikan efek yang baik terhadap kesehatan mental.

2. Yoga dan Meditasi

cara meningkatkan stamina-yoga dan meditasi

Foto: Orami Stock Photos

Selain aktivitas fisik, yoga dan meditasi juga menjadi cara untuk meningkatkan stamina dan kemampuan Moms dalam mengatasi dan mengelola stres dengan lebih baik. Jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine yang melakukan studi terhadap 27 mahasiswa kedokteran menghadiri kelas yoga dan meditasi selama enam minggu.

Setelah dilakukan survey didapatkan bahwa terdapat perbaikan signifikan pada perasaan tenang, fokus, dan daya tahan. Mahasiswa ini juga melaporkan adanya perbaikan dalam rasa bahagia, pikiran positif, kepuasan terhadap diri sendiri, dan kepercayaan diri.

Yoga dan meditasi tidak sulit untuk dilakukan. Moms bisa mencobanya dengan mudah di rumah!

Baca Juga: 5 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

3. Mendengarkan Musik

cara meningkatkan stamina-mendengarkan musik.png

Foto: bestfunforall.com

Mendengarkan musik dapat meningkatkan efisiensi jantung, yang kemudian bisa meningkatkan stamina. Dikatakan dalam penelitian Journal of Clinical and Diagnostic Research, 30 peserta memiliki detak jantung lebih rendah ketika berolahraga sambil mendengarkan musik yang mereka pilih.

Selain itu, peserta pada penelitian ini mampu melakukan lebih banyak olahraga saat mendengarkan musik daripada ketika berolahraga tanpa musik. Irama yang menyenangkan pada musik dapat membangkitkan semangat selama melakukan gerakan-gerakan olahraga. Musik juga dikaitkan dengan pikiran yang menyenangkan dan sebagai alternatif untuk relaksasi.

4. Konsumsi Kafein

cara meningkatkan stamina-konsumsi kafein

Foto: Orami Stock Photos

Dalam Journal of Sports Science & Medicine, dilakukan studi terhadap perenang pria yang mengonsumsi 3 mg miligram kafein satu jam sebelum berenang cepat gaya bebas. Para perenang ini meningkatkan waktu berenang mereka tanpa meningkatkan detak jantung.

Mengonsumsi kafein mungkin dapat menjadi cara meningkatkan stamina pada jika Moms merasa terlalu lelah untuk berolahraga. Tetapi, jaga agar porsinya tidak berlebihan, maksimal 6 cangkir per hari. Studi dari The American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa orang yang minum lebih dari 6 cangkir kopi sehari berisiko lebih tinggi alami penyakit kardiovaskular sebanyak 22 persen.

Baca Juga: Jaga Stamina Saat Puasa dengan 4 Tips Mudah Ini!

4. Ashwagandha

cara meningkatkan stamina-ashwagandha.png

Foto: healthtrends.com

Ashwagandha adalah ramuan tradisional yang digunakan untuk menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh secara keseluruhan. Tanaman ini juga dapat meningkatkan stamina, fungsi kognitif, dan mengurangi stres.

Studi dalam jurnal Ayurveda, melakukan penelitian pada 50 orang dewasa atletik yang mengonsumsi 300 mg kapsul Ashwagandha selama 12 minggu. Hasilnya, kelompok ini punya daya tahan dan kualitas hidup lebih baik dibanding kelompok yang mengonsumsi pil plasebo.

Itulah cara meningkatkan stamina dengan benar, Moms. Ingat selalu ya, Moms. Cara alami lebih baik!

Artikel Terkait