Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Aug 19, 2018

5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat

Bagikan


Penyakit jantung memang menjadi salah satu penyebab utama kematian. Meskipun penyakit jantung koroner paling banyak terjadi pada kelompok umur 65 tahun ke atas, namun bukan berarti kita lengah menjaga kesehatan. 

Yuk jaga kesehatan jantung dengan menerapkan lima cara sehat ini :

1. Berolahraga 30 menit setiap hari

Berolahraga tidak hanya dapat membantu mengendalikan berat badan, tapi juga mengurangi risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes.

Anda harus melakukan olahraga ringan, seperti berjalan dengan kecepatan tinggi, selama sekitar 30 menit pada hampir setiap hari dalam seminggu.

Namun, berolahraga hanya 10 menit setiap hari pun memberikan manfaat besar untuk jantung Anda.

2. Jauhi rokok

Merokok adalah salah satu faktor risiko paling signifikan untuk mengembangkan penyakit jantung.

Bahan kimia di tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah Anda, menyebabkan penyempitan arteri akibat penumpukan plak (aterosklerosis). Atherosclerosis akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung.

Karbon monoksida dalam asap rokok menggantikan beberapa oksigen dalam darah Anda. Hal ini meningkatkan tekanan darah dan detak jantung Anda dengan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memasok cukup oksigen.

Baca Juga : Hati-hati! Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Jantung

3. Konsumsi makanan yang baik untuk jantung

Mengonsumsi makanan sehat bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Diet kaya buah, sayuran dan biji-bijian dapat membantu melindungi jantung Anda.

Anda juga dapat mengonsumsi kacang, produk susu rendah lemak atau bebas lemak, daging tanpa lemak, dan ikan sebagai bagian dari makanan sehat.

Hindari terlalu banyak garam dan gula dalam makanan Anda. Selain itu, membatasi lemak tertentu yang Anda makan juga penting. Usahakan menjaga lemak jenuh hingga 5 atau 6 persen dari kalori harian Anda. Dan cobalah untuk menghindari lemak trans dari makanan Anda.

4. Tidur cukup dan berkualitas

Kurang tidur tidak hanya membuat Anda menguap sepanjang hari tapi juga membahayakan kesehatan. Orang yang kurang tidur memiliki risiko obesitas lebih tinggi, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes dan depresi.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh sampai sembilan jam tidur setiap malam.

Salah satu tanda Anda cukup tidur adalah Anda terbangun tanpa alarm dan merasa segar kembali. Tapi jika membutuhkan perjuangan untuk bangun dari tempat tidur, itu pertanda Anda butuh lebih banyak tidur.

5. Mengelola stres

Beberapa orang mengatasi stres dengan cara yang tidak sehat - seperti makan berlebihan, minum atau merokok.

Anda bisa mencoba cara alternatif untuk mengelola stres seperti aktivitas fisik, latihan relaksasi atau meditasi - dapat membantu memperbaiki kesehatan Anda.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Sumber : meetdoctor.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.