Kesehatan

KESEHATAN
4 September 2020

Serba-serbi Diet Keto, yang Dianggap Ampuh Turunkan Berat Badan

Ternyata diet keto yang ampuh menurunkan berat badan memiliki efek pada kesehatan tubuh kita
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms tentu sudah familiar dengan diet keto, yang sempat menjadi diet paling populer di masyarakat. Diet ini bahkan juga dilakukan oleh beberapa kalangan selebriti dunia.

Jika Moms memutuskan untuk melakukan diet keto, Moms harus melakukan perubahan besar pada pola makan. Ini karena dietnya menghilangkan atau sangat membatasi banyak makanan yang bisa dimakan.

Melansir Harvard Health Publishing, diet ini akan memaksa tubuh untuk menggunakan lemak daripada glukosa sebagai sumber energi utama. Artinya, Moms akan lebih banyak makan makanan berlemak dan harus membatasi protein dan karbohidrat.

Yuk, cari tahu seperti apa serba-serbi diet keto berikut ini, Moms.

Baca Juga: Sebelum Melakukan Diet Puasa, Perhatikan Hal Ini!

Cara Kerja Diet Keto

cara kerja diet keto

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum melakukan dietnya, Moms perlu memahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja diet keto pada tubuh dalam menurunkan berat badan.

Melansir Diet Doctor, disebut diet “keto” atau “ketogenik” karena menyebabkan tubuh seseorang memproduksi molekul bahan bakar kecil yang disebut “keton.” Ini adalah sumber bahan bakar alternatif untuk tubuh yang dapat digunakan ketika gula darah (glukosa) kekurangan pasokan.

Ketika Moms makan sangat sedikit karbohidrat atau sangat sedikit kalori, hati menghasilkan keton dari lemak. Keton ini kemudian berfungsi sebagai sumber bahan bakar ke seluruh tubuh, terutama untuk otak.

Otak adalah organ lapar yang mengonsumsi banyak energi setiap hari, dan tidak dapat langsung menggunakan lemak. Energi ini hanya didapat dengan glukosa, atau keton.

Pada diet ketogenik, seluruh tubuh mengalihkan pasokan bahan bakarnya sebagian besar pada lemak, dan membakar lemak 24-7. Ketika kadar insulin turun sangat rendah, pembakaran lemak bisa meningkat secara dramatis.

Kondisi ini menjadi lebih mudah untuk mengakses simpanan lemak dan selanjutnya untuk dibakar.

Ketika tubuh memproduksi keton, tubuh memasuki keadaan metabolisme yang disebut ketosis. Cara tercepat untuk mencapainya adalah dengan berpuasa.

Baca Juga: Mengenal Diet Sirtuin, Diet yang Dilakukan Adele

Manfaat dari Diet Keto

manfaat diet keto

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata, makan rendah karbohidrat atau diet keto menyebabkan penurunan nafsu makan secara otomatis.

Eberstein JA, dokter dari Divisi Psikiatri dan Studi Ilmu Perilaku di University Duke Medical Center, mengatakan studi secara konsisten menunjukkan bahwa ketika orang mengurangi karbohidrat dan makan lebih banyak protein dan lemak, mereka akhirnya makan jauh lebih sedikit kalori.

Selain itu, studi Journal of Pediatric Endocrinology and Metabolism mengungkapkan bahwa pola makan diet keto yang dirancang dengan baik bisa menurukan berat badan dan massa lemak, serta mengurangi lingkar pinggang.

Menurut Dr. Jeff Volek, pakar diet dan profesor Divisi Kinesiology di University of Connecticut, diet rendah karbohidrat bermanfaat untuk menghilangkan kelebihan air dari tubuh, menurunkan kadar insulin dan menyebabkan penurunan berat badan yang cepat pada minggu pertama atau kedua.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa diet rendah karbohidrat sangat efektif mengurangi lemak berbahaya di perut.

Seiring waktu, melakukan diet keto yang mengonsumsi makanan rendah karbohidrat ini akan mengarah pada penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2 secara drastis.

Baca Juga: 5 Jenis Buah untuk Diet yang Menyehatkan

Efek Samping dari Diet Keto

Banyak orang menjalani diet keto karena telah terbukti ampuh menurunkan berat badan. Selain itu, mereka juga percaya bahwa diet keto memberikan banyak manfaat kesehatan.

Sementara itu, penelitian menunjukkan bahwa diet ketosis memang membantu mengurangi lemak tubuh. Tetapi, studi jangka panjang justru menunjukkan efektivitasnya masih kurang.

Karena, orang yang menjalani diet ini pasti mendapat asupan karbohidrat kurang dari 5-10 persen dari total asupan kalori harian yang disarankan. Hal ini membuat tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar utama, bukan karbohidrat lagi.

Artinya, diet keto ini tidak hanya mampu menurunkan berat badan. Ada juga efek samping dari diet ketosis ini yang berdampak beberapa hal pada kondisi tubuh.

Berikut ini efek samping diet keto yang bisa terjadi pada Moms:

1. Bau Mulut

5 Efek Samping Diet Keto yang Mungkin Terjadi pada Tubuh 01.jpg

Foto: shutterstock.com

Seperti yang dilansir dari jurnal Indian Journal of Medical Research, saat tubuh kekurangan glukosa untuk bahan bakar energi, tubuh akan membakar karbohidrat yang telah disimpan sebagai glikogen. Proses ini akan menciptakan keton.

Setelah tubuh memasuki ketosis, seseorang akan mengalami efek sampingnya berupa napas aseton yang menghasilkan bau tidak sedap.

2. Energi Tidak Stabil

5 Efek Samping Diet Keto yang Mungkin Terjadi pada Tubuh 02.jpg

Foto: shutterstock.com

Diet keto membuat seseorang tidak boleh mengonsumsi makanan karbohidrat dan tinggi gula. Akibatnya, kadar gula dalam darah pun akan rendah.

Bagi penderita diabetes, diet jenis ini tentu bermanfaat bagi mereka karena membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

“Tetapi, orang yang tidak menderita diabetes akan mengalami energi tidak stabil,” kata Brett Osborn, MD, seorang neurosurgeon dan spesialis ketogenik dari Amerika Serikat.

3. Kram Otot

5 Efek Samping Diet Keto yang Mungkin Terjadi pada Tubuh 03.jpg

Foto: shutterstock.com

Kram otot tidak hanya disebabkan oleh latihan fisik. Diet keto juga bisa menyebabkan kram otot karena kurangnya natrium dan kalium dalam tubuh.

Sehingga tubuh tidak menyimpan banyak cadangan untuk bahan bakar.

4. Perubahan Warna Urin

5 Efek Samping Diet Keto yang Mungkin Terjadi pada Tubuh 04.jpg

Foto: shutterstock.com

Efek samping diet keto yang dijalani, salah satunya juga mengalami perubahan warna, bau dan konsistensi urin. Kondisi ini disebabkan oleh tubuh yang tidak menggunakan gula dari darah untuk bahan bakar.

Sehingga proses ini merusak liver karena menyimpan banyak karbohidrat dalam bentuk glikogen.

5. Ruam

5 Efek Samping Diet Keto yang Mungkin Terjadi pada Tubuh 05.jpg

Foto: shutterstock.com

Ada pula efek samping dari diet ketosis pada kulit tubuh, salah satunya ruam yang muncul sebagai lesi kulit merah. Kondisi ini membuat orang tidak nyaman karena gagal dan tidak nyaman.

Sebenarnya ruam akibat diet keto tidak berbahaya. Tapi orang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan multivitamin.

Baca Juga: Mengenal Diet Plant-Based, Pola Makan Nabati yang Baik untuk Kesehatan

Contoh Menu Makan Diet Keto

menu makan diet keto

Foto: Orami Photo Stock

DalamJournal of Nutrition and Metabolism, keto mengarahkan tubuh pada kondisi ketosis atau ketika tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar utama, bukan lagi karbohidrat.

Karena diet keto berfokus pada makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat, dalam satu hari, konsumsi diet keto biasanya terdiri dari 75% lemak, 20% protein, dan hanya 5% atau sekitar 50 gram karbohidrat.

Jika Moms hendak mencari tahu seperti apa menu makanan diet ketosis, perlu diketahui bahwa menu yang disajikan fokus pada sajian daging merah, ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, keju, serta produk yang terbuat dari susu sapi.

Berikut ini contoh menu diet keto selama satu minggu yang bisa dicoba.

1. Menu Hari 1

Sarapan: Telur goreng mentega yang disajikan dengan tumisan sayur

Makan siang: Daging burger dengan topping keju, jamur, alpukat, dan sayuran

Makan malam: Daging panggang yang ditambah minyak kelapa

2. Menu Hari 2

Sarapan: Omelet jamur

Makan siang: Salad tuna dengan tomat dan sayuran

Makan malam: Ayam panggang dilengkapi saus krim dan tumis brokoli

3. Menu Hari 3

Sarapan: Paprika panggang isi telur dan keju

Makan siang: Salad daun arugula dilengkapi telur rebus, daging ayam, alpukat dan keju

Makan malam: Salmon panggang dengan tumisan bayam

4. Menu Hari 4

Sarapan: Full-fat yogurt dengan granola

Makan siang: Steak dengan tumisan kembang kol, keju, dan saus pedas manis

Makan malam: Steak dilengkapi brokoli keju

5. Menu Hari 5

Sarapan: Alpukat panggang isi telur

Makan siang: Caesar salad dengan ayam

Makan malam: Rendang dilengkapi sayuran

6. Menu Hari 6

Sarapan: Tumis kembang kol keju

Makan siang: Burger salmon

Makan malam: Bakso daging sapi dilengkapi mie zucchini dan keju

7. Menu Hari 7

Sarapan: Puding susu

Makan siang: Salad telur rebus, daging ayam, alpukat dan keju

Makan malam: Kari ayam

Moms tentu dapat memodifikasi menu diet keto di atas dengan bahan-bahan lokal yang mudah didapat. Asal prinsipnya sama, yaitu menu yang kaya lemak dan rendah karbohidrat.

“Sangat penting untuk mengetahui makanan apa yang akan Anda makan sebelum Anda memulainya, dan bagaimana memasukkan lebih banyak lemak ke dalam diet Anda,” ujar Kristen Mancinelli, RD, penulis The Ketogenic Diet: A Scientifically Proven Approach to Fast, Healthy Weight Loss.

Itu dia Moms, serba-serbi tentang diet keto. Apakah Moms masih berminat untuk melakukan diet ini sebagai usaha dalam menurunkan berat badan?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait