Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Bayi | Sep 22, 2018

5 Fakta Mengejutkan Seputar Bayi Laki-laki

Bagikan


5 Fakta Mengejutkan Seputar Bayi Laki-laki

Setelah lahir, bayi akan memberi respons dengan berbagai cara. Dimulai dari ia mengenali wajah ibunya dengan senyum pertamanya, kemudian bayi akan mulai menunjukkan satu per satu hal mengejutkan lainnya.

Tapi, bagaimana memahami lebih jauh soal fakta menakjubkan seputar bayi baru lahir? Khususnya jika Moms baru saja melahirkan bayi laki-laki.

Tentu kita sering mendengar mitos ataupun kenyataan seputar bayi perempuan dan laki-laki yang katanya memiliki cukup banyak perbedaan. Mulai dari fitur fisik, organ reproduksi, dan dalam beberapa kasus berhubungan dengan metode perilaku.

Baca Juga : Bagaimana Mendapatkan Anak Laki-Laki? 

Nah, di bawah ini merupakan beberapa fakta mengejutkan seputar bayi laki-laki yang perlu Moms ketahui.

1. Otak Bayi Laki-laki Berbeda Dengan Bayi Perempuan

Persisnya perbedaan seperti apa yang dimaksud dan apa pengaruhnya terhadap perkembangan bayi memang masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli hingga saat ini.

Namun, meskipun demikian, penelitian menunjukkan bahwa otak bayi laki-laki yang baru lahir memiliki kemampuan untuk tumbuh lebih cepat dibandingkan otak bayi perempuan dalam tiga bulan pertama kehidupan, terutama untuk daerah yang mengontrol gerakan.

Di sisi lain, bayi perempuan memiliki indera yang lebih sensitif dibandingkan bayi laki-laki, yang berarti bayi perempuan dapat melihat dan mendengar lebih baik dibandingkan bayi laki-laki.

Namun, cara Moms merawat Si Kecil cenderung memiliki pengaruh yang jauh lebih besar terhadap tumbuh kembangnya dibanding perbedaan jenis kelaminnya itu sendiri.

Selain itu, ada banyak cara yang dapat diterapkan untuk menghindari gender-stereotip pada anak.

Baca Juga : Seperti Ini Tahapan Perkembangan Bayi Mulai Minggu 1-52 dalam Setahun Pertama Kehidupannya

2. Bayi Laki-laki Mendapatkan Manfaat Lebih Banyak dari ASI

Kebanyakan orang mungkin tidak mengetahui fakta bayi laki-laki yang sangat mengejutkan ini. Namun, sebenarnya bayi laki-laki memang mendapatkan manfaat yang lebih besar dari pemberian ASI eksklusif, lebih dari yang didapatkan bayi perempuan.

Mungkinkah ini alasan mengapa kebanyakan ibu mengeluh lebih sulit menyapih anak laki-laki dibandingkan dengan anak perempuan? 

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Pediatrics, ditemukan bahwa bayi laki-laki yang disusui secara eksklusif, setidaknya selama enam bulan, memiliki prestasi yang lebih baik di sekolah dibandingkan dengan anak laki-laki yang diberi susu formula.

Baca Juga : Benarkah Posisi Bercinta Ini Berpeluang Hamil Bayi Laki-laki?

3. Bayi Laki-laki Biasanya Memiliki Berat Badan Lebih Banyak

Bayi laki-laki biasanya lebih berat dibandingkan dengan bayi perempuan.

Berat rata-rata dari bayi laki-laki yang baru lahir sendiri sekitar 7 lbs. 10 oz. Sedangkan bayi perempuan yang  baru lahir cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah, yakni sekitar 7 lbs. 2 oz.

Baca Juga : 9 Tips Agar Hamil Anak Perempuan

4. Bayi Laki-laki Juga Mengalami Ereksi

Ereksi pada bayi laki-laki sering terjadi sesaat sebelum mereka buang air kecil. Anggap saja ini merupakan peringatan bagi Moms saat mengganti popoknya yang basah.

Selain itu, hal ini sendiri belum diketahui secara pasti mengapa bayi laki-laki dapat mengalami ereksi.

Namun, Moms tidak perlu khawatir karena ini merupakan sesuatu yang normal. 

Penis bayi laki-laki mungkin terlihat besar saat lahir, dan itu juga merupakan kondisi yang normal. Hormon dan Moms memainkan peran dalam hal ini, termasuk memar dan pembengkakan dari proses kelahiran.

5. Tampak Memiliki Payudara yang Menonjol

Moms, jangan kaget saat melihat payudara bayi laki-laki yang baru lahir terlihat agak menonjol. Hal ini terjadi karena selama 9 bulan kehamilan Moms, janin terkena hormon estrogen yang tinggi.

Hormon inilah yang menyebabkan bayi laki-laki memiliki payudara yang sedikit menonjol saat baru lahir dan ini bukan sesuatu yang perlu Moms khawatirkan.

Pasalnya, dalam beberapa minggu kelahiran, pembengkakan pada payudaranya tersebut akan menghilang dengan sendirinya. 

Nah, itulah 5 fakta mengejutkan seputar bayi laki-laki yang mungkin selama ini belum Moms ketahui. Fakta mana saja nih Moms yang sudah pernah Moms lihat sendiri dari Si Kecil?

(RGW) 

Sumber: babble.com, webmd.com, livingandloving.com, babygaga.com, babycentre.co.uk

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.