2-3 tahun

4 Juli 2017

5 Hal Mudah dan Sederhana Untuk Persiapan Balita Masuk Preschool

Supaya mandiri menghadapi pengalaman baru
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Setelah sekian lama nyaris tak terpisahkan dari Mama, pasti rasanya campur aduk saat harus mulai melakukan persiapan balita sebelum masuk preschool. Selain senang dan sedih, biasanya ada juga kekhawatiran tentang kesiapan si kecil menghadapi pengalaman baru di preschool.

Masuk preschool mungkin jadi kali pertama balita berkegiatan sendiri tanpa ditemani Mama, tapi ini adalah langkah penting yang menandai fase baru perkembangannya. Daripada terus khawatir, lebih baik Mama bantu persiapan balita sebelum masuk preschool, dengan menumbuhkan kemandirian dan ketangguhannya.

Yuk, coba lakukan beberapa aktivitas mudah dan sederhana ini.

  1. Mengajak Balita Bermain

Meski terdengar sederhana, banyak sekali hal yang bisa anak pelajari dengan bermain. Supaya balita terbiasa dengan rutinitas preschool, tetapkan waktu khusus untuk bermain bersama anak di rumah. Mulai dari main halma maupun main bola, semua jenis permainan boleh digunakan, asal balita bermain bersama setidaknya satu orang lain.

Saat bermain, sebaiknya jangan biarkan balita selalu menang dalam setiap permainan, sebagai cara halus untuk belajar berbagi dan menumbuhkan ketangguhannya saat menghadapi teman di preschool nanti.

  1. Berbagi Perhatian

Ini penting untuk dilakukan sebagai persiapan balita sebelum masuk preschool, karena nantinya si kecil akan berinteraksi dengan guru dan banyak anak lain. Untuk itu, balita harus diajari kalau ia harus berbagi perhatian, baik dengan saudara ataupun orang dewasa lain di rumah. Jadi saat Mama sedang melakukan sesuatu, minta si kecil untuk menunggu sebentar sebelum Mama memberikan perhatian.

  1. Mulai Mengajarkan Kemandirian

Saat balita sudah masuk preschool, Mama pasti akan terkejut melihat kecepatan perkembangan kemandiriannya nanti. Untuk itu, mulai ajari beberapa keterampilan mandiri dari rumah. Misalnya: memakai sepatu sendiri, merapikan peralatan makan setelah selesai, dan mengelap ingus dengan tisu atau sapu tangan.

  1. Kenalkan Rutinitas Pada Balita

Di preschool akan ada peraturan dan rutinitas yang harus diikuti oleh balita. Supaya terbiasa, Mama bisa mulai terapkan hal ini di rumah agar nantinya si kecil juga bisa siap untuk pergi preschool di pagi hari tanpa keributan.

Setiap pagi Mama bisa bangunkan si kecil di jam yang sama, lalu lanjutkan dengan mandi dan sarapan. Kenalkan juga rutinitas lain yang akan dilakukan di preschool, seperti: makan di meja, mencuci tangan sebelum makan, atau berbicara pada guru saat ingin ke kamar mandi.

  1. Siapkan Tas Punggung

Supaya lebih semangat menyambut preschool, ajak balita untuk membeli tas punggung pilihannya. Setelah itu minta balita untuk membantu Mama memasukkan semua barang yang akan diperlukannya di kelas nanti, seperti baju ganti, mainan, bantal kecil, kotak makanan, dan lainnya.

Ingin balita bisa bertanggung jawab dengan barangnya sebelum pulang ke rumah? Mama bisa minta bantuan si kecil untuk membereskan kembali isi tas setelah dikeluarkan, atau membereskan mainan setelah selesai.

Baca juga: 5 Tips Penting Saat Memilih Tas Ransel Anak

  1. Ikut Trial Preschool

Banyak preschool yang kini membuka kesempatan bagi balita untuk mengikuti sesi trial atau percobaan. Manfaatkan peluang ini sebagai pengenalan dan membantu balita menyesuaikan diri saat berinteraksi dengan banyak anak lain sekaligus.

Supaya lebih efektif, akan lebih baik lagi kalau ada teman yang sudah dikenal balita di preschool tersebut.

Persiapan balita sebelum masuk preschool memang harus dilakukan secara bertahap, jadi sabar dan selalu ingatkan kalau Mama bangga melihat ia akan segera masuk sekolah. Bagaimana cerita persiapan balita Mama?

<WA>

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait