Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Persiapan Melahirkan | Dec 7, 2018

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Trimester Ketiga Agar Persalinan Lancar

Bagikan


kehamilan

Memasuki trimester ketiga, Moms pastinya akan mempersiapkan diri untuk persalinan. Ada banyak persiapan yang bisa dilakukan agar persalinan lancar.

Apa saja, ya? Moms bisa mencoba cara-cara berikut ini saat trimester ketiga guna mempersiapkan persalinan yang lancar.

1. Makan kurma

Pernahkah moms menyangka bahwa buah yang banyak tumbuh di  Arab ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil khususnya di trimester ketiga? Ternyata, kurma jadi cara alami yang cocok untuk dikonsumsi agar persalinan lancar.

Sebuah studi yang dikeluarkan dalam Journal Of Obstertrics and Gynecology menemukan fakta bahwa kurma bisa membuat Moms yang hamil dan akan melahirkan bisa mendapatkan kontraksi 7 jam lebih cepat.

Mengapa? Ternyata kurma mengandung senyawa yang menyerupai hormon oksitosin, senyawa yang menyebabkan kontraksi.

Baca Juga : 7 Jenis Olahraga yang Bantu Persalinan Normal Lebih Lancar

2. Tidur cukup

Tidur jadi salah satu hal paling penting buat Moms yang mau melahirkan. Moms yang tidur cukup minimal 7 jam sehari punya keuntungan agar persalinan lancar.

Ternyata, Moms yang kurang tidur di akhir trimester ketiga bisa menjalankan proses melahirkan 11 jam lebih lama, serta berisiko alami operasi sesar lebih besar. Kenyamanan dalam tidur bisa didapatkan dengan cara menggunakan bantal tubuh dan kasur yang nyaman.

3. Perbanyak olahraga kaki

Banyak berdiri membuat posisi janin berada di bawah akibat gravitasi. Hal ini dapat mempersingkat waktu persalinan hingga satu jam, menurut sebuah penelitian di Australia.

Moms cukup berkeliling komplek atau area perumahan. Jangan paksakan aktivitas fisik yang berlebihan ya, Moms.

Spesialis olahraga prenatal Erin O’Brien mengungkapkan latihan juga mudah dilakukan adalah squad. Latih kaki Moms dengan tubuh bersandar di dinding pada posisi di bawah punggung dengan bantuan gym ball.

Baca Juga : Bolehkah Makan Saat Proses Persalinan?

4. Menjaga kesehatan tubuh

Moms yang sehat bugar bisa melakukan proses persalinan dengan lebih cepat. Fisik yang bugar dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam proses persalinan.

Rutin berjalan kaki, berenang, atau mengambil kelas olahraga khusus ibu hamil merupakan cara yang baik pula agar persalinan lancar.

5. Ikut kelas melahirkan

Ini adalah salah satu cara  buat Moms yang akan melahirkan. Cara ini punya banyak keuntungan di antaranya Moms jadi tahu dan paham bagaimana kondisi diri kita dalam menghadapi proses persalinan. Moms juga tahu bagaimana proses yang akan kita lalui. Hal ini membuat Moms tak lagi khawatir.

“Perasaan cemas dapat menghambat proses kehamilan,” kata Robert Stern, MD, dari Vassar Brothers Hospitals, Poughkeepsie, New York.

Nah ternyata ada banyak hal yang bisa coba Moms lakukan agar persalinan lancar. Tak lupa mencari dukungan dari pasangan dan perbanyak waktu untuk menenangkan diri. Kekhawatiran yang berlebihan justru berdampak buruk pada proses persalinan.

Kalau Moms punya cara apa agar persalinan lancar?

(GSA)

Sumber : fitpregnancy.com, parents.com

Bagikan


Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.