Di atas 5 tahun

21 Maret 2019

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Anak Hendak Playdate

Penting bagi Moms untuk mengetahui setiap jadwal kegiatan anak-anak saat playdate, agar tidak ada hal yang di luar aturan atau kebiasaan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Acara bermain untuk anak-anak memang sangat menyenangkan dan dapat dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial yang penting.

Seperti yang diungkapkan Hartley, Frank, dan Goldenson yang dikutip oleh Moselichatoen, fungsi anak bermain adalah untuk dapat menyalurkan perasaan yang kuat, mencerminkan pertumbuhan, melakukan berbagai peran orang dewasa di kehidupan nyata, dan diharapkan dapat memecahkan masalah serta mencoba berbagai penyelesaian masalah.

Meski demikian, bagi orang tua dan pengasuh, hal ini juga dapat menimbulkan kekhawatiran terutama urusan keamanan dan keselamatan. Sebelum mereka pergi untuk playdate, inilah beberapa hal yang sebaiknya Moms perhatikan:

Keamanan Lokasi Bermain

play1

Foto: 1health.id

Moms tentu ingin anak-anak bermain dalam kondisi yang aman, bukan? karenanya penting untuk memastikan bahwa tempat anak playdate merupakan lingkungan yang ramah anak. Salah satu yang bisa Moms pastikan adalah tempat tersebut tidak memiliki kolam renang yang berbahaya.

Banyak kasus yang terjadi anak-anak mengalami kecelakaan di kolam renang. Tak hanya itu, sebaiknya pastikan juga lokasi bermain aman dari jalanan dimana mobil dengan cepat bisa melintas. Setidaknya, pastikan arena bermain memiliki pagar yang tak mudah dibuka oleh Si Kecil.

Baca Juga: Apa Itu Playdate?

Cari Tahu Jadwal Kegiatan

Penting bagi Moms untuk mengetahui setiap jadwal kegiatan anak-anak saat playdate. Pastikan tidak ada beberapa kegiatan yang tak sesuai dengan kebiasaan dan aturan di rumah.

Bila ada waktu untuk menonton, pastikan hal tersebut tidak berlangsung lama terlebih jika di rumah anak-anak mendapat batasan waktu untuk menikmati televisi atau gadget.

Pastikan Si Kecil Tidak Alergi

play2

Foto: sassymamasg.com

Saat hendak playdate tanpa pengawasan penuh dari orang tua, Moms harus bisa memastikan bahwa mereka dalam kondisi yang sehat dan tidak memiliki alergi. Kalaupun mereka memiliki alergi khususnya makanan, maka sebaiknya Moms memastikan menu apa yang akan mereka dapatkan dari pihak penyelenggara.

Jika mereka alergi terhadap bulu atau debu, pastikan bahwa arena bermain bebas dari hewan yang akan memicu alergi mereka.

Menyembunyikan Mainan Favorit Anak

Tujuan playdate adalah membuat mereka dapat bersosialisasi, jika ada sesuatu yang mereka sukai maka fokusnya akan teralihkan. Sebelum mereka melakukan playdate, sebaiknya pastikan Moms tak membawa mainan favoritnya di dalam tas.

Pastikan juga di arena playdate tak banyak hal yang membuat perhatian mereka tersita. 

"Mainan favorit harus disembunyikan, seperti halnya segala sesuatu yang mudah pecah atau sulit dibersihkan dalam hal kuman," kata Dr. Shu, Dokter anak, penulis, dan rekan dari American Academy of Pediatrics yang berbasis di Atlanta.

Baca Juga: Singkirkan Gadget! Ini 7 Manfaat Permainan Tradisional untuk Anak-anak

Ketahui Cara Menyelesaikan Perselisihan

play3

Foto: understood.org

Meski masih kecil bukan tak mungkin anak-anak terlibat perselisihan dengan teman sepermainan mereka. Karenanya penting bagi Moms untuk tak membekali mereka dengan sesuatu yang akan memicu perselisihan, seperti berebutan mainan atau makanan.

Bila hal ini terjadi, Moms tak boleh langsung membela Si Kecil. Ajaklah ia dan temannya untuk duduk bersama dan menyelesaikan persoalan.

Jangan pula menjadikan ini sebuah hal yang memecah hubungan baik antara Moms dan orang tua dari teman anak ya.

Itulah tadi beberapa hal yang sebaiknya Moms perhatikan sebelum melepaskan anak untuk ikut playdate. Meski menyenangkan memang yang terpenting adalah memastikan keselamatan dan keamanan anak.

(MDP/IRN)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait