Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Langsung Diet, 1 dari 5 Hal yang Mesti Dihindari di Trimester Keempat Kehamilan

Bagikan


5 Hal yang Mesti Dihindari di Trimester Keempat Kehamilan

Meski menyenangkan, kehamilan memang sebuah kondisi yang melelahkan bagi tubuh. Akan banyak sekali perubahan yang terjadi, mulai dari cara berjalan, pola tidur hingga perasaan.

Pada akhir trimester ketiga, kebanyakan calon ibu tidak sabar untuk melahirkan, namun mungkin tidak sadari bahwa beberapa bulan pertama setelah melahirkan adalah masa transisi yang tak kalah sulit.

Ada beberapa hal yang perlu dihindari selama trimester keempat seperti:

1. Melupakan Kontrol Rutin

Moms mungkin berpikir bahwa setelah melahirkan makan akan bebas kunjungan ke rumah sakit. Hal tersebut jelas salah, karena pemeriksaan pascanatal atauu pemeriksaan yang dilakukan 6 minggu setelah melahirkan normal adalah penting.

Pada tahap ini dokter kandungan akan melihat apakah ada sesuatu di bawah yang masih membengkak dan masih berdarah. Selain itu, dokter juga ingin memantau fluktuasi hormon yang normal setelah melahirkan.

Jika Moms memiliki masalah kesehatan selama kehamilan, maka akan membutuhkan bantuan untuk pemulihan.

Baca Juga : Kapan Waktu Tepat Kembali Bercinta Setelah Melahirkan?

2. Membuat Jadwal Kegiatan Mengurus Bayi

Bukan hal yang salah bila Moms ingin membuat jadwal dalam mengurus Si Kecil, lantaran ingin semuanya berjalan dengan baik. Hanya saja, hal ini terasa sebagai sesuatu yang mustahil.

Pada 3 bulan pertama, Si Kecil akan cepat sekali lapar sehingga perlu 2 hingga 3 jam sekali untuk mendapatkan ASI.

Menyelesaikan perkembangan janin membutuhkan banyak energi, dan mencoba menempatkan mereka pada jadwal yang Moms buat mungkin malah akan membuat sebuah masalah.

Baca Juga : Kok Jadi Insomnia Setelah Melahirkan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

3. Melakukan Semuanya Sendiri

Meski merasa mampu melakukan semuanya sendiri, hal ini lebih baik dihindari. Mintalah bantuan terutama dari suami untuk membantu Moms mengurus Si Kecil. Bagilah tugas di rumah agar ada waktu istirahat yang dapat Moms miliki.

Kesehatan tubuh ibu pasca melahirkan juga sangat penting untuk diperhatikan. Jangan sampai kurang istirahat atau tidur karena akan berpengaruh pada kualitas ASI nantinya, lho.

Baca Juga : Menutup Luka Operasi Cesar, Pilih Metode Jahit, Lem atau Staples?

4. Menutup Diri dari Dunia Luar

Banyak ibu yang mungkin ingin fokus merawat bayi mereka sehingga memilih untuk berdiam di rumah bahkan hingga menjauhkan diri dari dunia luar. Meski memang akan sangat sibuk dengan urusan Si Kecil, namun jangan biarkan hal ini terjadi karena Moms juga butuh sosialisasi.

Bukan hanya untuk bersenang-senang, tetapi guna mendapatkan support system atau pendukung yang dapat membuat Moms terhindar dari stress.

Tak hanya itu, dengan tetap terbuka dengan dunia luar, Moms akan dapat memperoleh informasi yang bermanfaat terutama urusan mengurus bayi.

Baca Juga : Apa yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?

5. Mengurangi Porsi Makan

Jangan pernah beranggapan bahwa setelah melahirkan Moms dapat segera mendapatkan berat badan ideal. Banyak perempuan yang ingin segera mendapakan tubuh langsing sehingga mengurangi porsi makan mereka.

Padahal, bagi ibu menyusui setidaknya mendapatkan 200 kalori tambahan setiap hari. dengan kata lain, Moms tidak boleh mengurang porsi makan, diet dan harus tetap terhidrasi. ASI memproduksi banyak cairan di siang hari dan mereka membutuhkan air untuk menjaga payudara tetap penuh.

Beberapa hal tadilah yang harus dihindari selama trimester keempat, memang terlihat sepele namun tetap tak boleh sampai terlupakan ya, Moms.

(MDP) 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.