Kehamilan

KEHAMILAN
29 April 2020

5 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Program Hamil Anak Kedua

Lakukan ini terlebih dahulu ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apakah Moms berencana untuk memberikan adik pada Si Kecil? Merencanakan kehamilan kedua memang bisa tampak sangat mudah karena sebelumnya Moms sudah pernah hamil.

Namun, faktanya tidak semudah itu. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan Moms menjadi sulit hamil anak kedua.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Hamil Anak Kedua

Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk melakukan beberapa hal di bawah ini sebelum hamil anak kedua.

1. Tunggu Sampai Benar-benar Pulih Setelah Melahirkan

5 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Program Hamil Anak Ke-2 1

Foto: pexels.com

Hamil berarti akan terjadi perubahan besar yang terjadi pada tubuh Moms dan itu hanya dapat terjadi jika kesehatan Moms berada pada level optimal.

Bahkan jika Moms belum terlalu lama melahirkan, Parenting FirstCry mengungkapkan bahwa sebaiknya menunggu beberapa saat sampai benar-benar pulih dan dalam keadaan sehat sebelum kembali hamil anak kedua untuk mencegah risiko komplikasi yang mungkin terjadi.

Pasalnya sebuah studi dalam JAMA Internal Medicine menemukan bahwa kehamilan kedua yang berjarak kurang dari 18 bulan dari waktu melahirkan berkaitan dengan peningkatan risiko seperti kelahiran prematur, bayi lahir dengan ukuran yang lebih kecil, hingga lahir mati.

Baca Juga: Kenapa Susah Hamil Anak Kedua?

2. Pantau Siklus Menstruasi Moms

5 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Program Hamil Anak Ke-2 2

Foto: pexels.com

Selain memulihkan kesehatan, menurut Parenting FirstCry, memantau siklus menstruasi secara rutin juga merupakan faktor penting lainnya yang penting untuk dilakukan sebelum Moms hamil anak kedua.

Bahkan meskipun Moms tidak menggunakan alat kontrasepsi, menstruasi yang terlambat tidak selalu berarti bahwa Moms mungkin hamil.

Pasalnya, setelah melahirkan anak pertama biasanya siklus menstruasi cenderung tidak teratur sehingga Moms perlu memantaunya secara rutin untuk mengetahui waktu yang optimal dalam merencanakan kehamilan.

3. Berkonsultasi dan Memeriksakan Diri Ke Dokter Kandungan

5 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Program Hamil Anak Ke-2 3

Foto: unsplash.com

Konsultasi ke dokter kandungan tidak hanya berlaku pada kehamilan pertama. Tetapi Moms juga perlu melakukannya sebelum hamil anak kedua, ketiga, atau seterusnya.

Di mana hal ini penting untuk dapat mengetahui kemungkinan adanya masalah-masalah yang dapat menghambat kehamilan kedua, baik dari sisi Moms ataupun Dads.

Mengutip Parents, Mary Jane Minkin, M.D., profesor klinis di Departemen Obstetri, Ginekologi, dan Ilmu Reproduksi di Yale University School of Medicine, mengungkapkan bahwa beberapa kondisi medis dapat mempengaruhi kemampuan seorang wanita untuk hamil.

Ini termasuk sindrom ovarium polikistik (PCOS), endometriosis, gangguan tiroid, dan penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan infertilitas sekunder.

Selain itu, masalah pada jumlah, motilitas, atau morfologi sperma juga dapat mempersulit kehamilan.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Jadi Penyebab Susah Hamil Anak Kedua

4. Konsumsi Suplemen dan Vitamin

5 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Program Hamil Anak Ke-2 4

Foto: pexels.com

Menurut Dr. Minken, sebagaimana persiapan kehamilan pertama, setiap calon Moms yang ingin hamil anak kedua harus sudah mulai mengonsumsi suplemen asam folat sejak enam bulan sebelum mencoba untuk hamil.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena asam folat dapat membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf dan beberapa cacat lahir lainnya.

Moms mungkin juga perlu mengonsumsi vitamin prenatal sebagaimana yang direkomendasikan dokter, terutama jika telah didiagnosis kekurangan nutrisi tertentu.

5. Mengubah Gaya Hidup

5 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Program Hamil Anak Ke-2 5

Foto: unsplash.com

Setelah melahirkan mungkin Moms dan Dads tidak lagi memperhatikan gaya hidup seketat ketika merencanakan kehamilan. Bahkan mungkin Moms menjadi lebih sering begadang karena harus menjaga bayi ataupun karena sudah harus kembali bekerja.

Namun, menurut Baby Center, kembali ke gaya hidup yang sehat adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan sebelum Moms hamil anak kedua.

Jadi, pastikan Moms dan Dads sudah kembali mengonsumsi makanan sehat, beristirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan menerapkan gaya hidup sehat lainnya sebelum mencoba hamil anak kedua.

Baca Juga: Ini 7 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Hamil Anak Kedua

Nah, itulah beberapa hal yang sebaiknya Moms lakukan sebelum hamil anak kedua. Apa sejauh ini sudah Moms terapkan semua?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait