Rupa-rupa

RUPA-RUPA
14 Mei 2020

5 Ide DIY Mainan Anak dari Kardus, Yuk Buat Moms!

Unik dan menarik untuk dimainkan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Si Kecil yang sedang aktif-aktifnya pasti sedang amat senang dengan hal yang berhubungan dengan kerajinan tangan. Ditambah lagi jika digabungkan dengan dunia imajinatif anak, pasti akan sangat menarik.

Di saat-saat seperti ini, Moms harus bisa memanfaatan kreativitas anak sekaligus mengasahnya terus.

Coba gunakan kardus bekas sebagai bahan dasarnya. Daripada hanya terbuang sebagai sampah, akan lebih baik jika dijadikan sesuatu yang bermakna bukan? Termasuk mainan untuk Si Kecil.

Baca Juga: Jika Anak Rebutan Mainan dengan Teman, Lakukan 7 Tindakan Ini!

Mainan dari Kardus

Apa saja mainan dari kardus yang bisa Si Kecil coba buat? Yuk kita lihat di berikut ini.

1. Roket Astronot

mainan kardus

Foto: thebearandthefox.com

Roket astronot mungkin menjadi mainan kardus yang mudah untuk Moms buat. Hanya perlu mempersiapkan kardus panjang untuk badan roket, bentuk segitiga ujungnya, lalu jangan lupa menambahkan jendela .

Jika Moms punya kertas aluminium yang tidak terpakai, Moms bisa membungkusnya dan menjadikannya sebagai bahan untuk melapisi badan roket lho. Pasti keren!

2. Akuarium dari Kardus

mainan kardus

Foto: pinterest.com

Nggak cuma mainan aja yang bisa dibuat dari kardus, Moms juga bisa membuatkan Si Kecil pajangan dari bahan bekas ini. Jika Moms punya kardus sereal di rumah yang tidak terpakai, maka akan sangat sempurna.

Caranya cukup mudah, buka kardus, lalu lipat dan lem kembali ke arah sebaliknya, sehingga bagian dalam kardus menjadi bagian luar. Lalu gunting salah satu sisi kardus menyerupai jendela besar.

Tempelkan kertas berwarna biru sebagai hiasan air di dalam. Lalu coba bentuk ikan dengan kertas lainnya, lalu tempel ke kertas panjang dengan lebar 1 cm.

Agar terlihat seperti sungguhan, kaitkan kertas panjang itu di bagian atas kardus. Nah, ikan bisa berjalan hilir mudik jika kertas digeser-geser.

Baca Juga: Tips Memilih Mainan Anak yang Paling Cocok Berdasarkan Zodiaknya

3. Lapangan Parkir

mainan kardus

Foto: creativelylivingblog.com

Mainan dari kardus yang sangat mudah pembuatannya mungkin termasuk lapangan parkir. Gunakan kardus bekas susu UHT. Bagi dua kardus, lalu gambar garis-garis pada tempat parkir umumnya.

Jika sudah, Moms dan Si Kecil tinggal meletakkan mobil-mobil di dalamnya deh. Jangan lupa untuk membuat pintu keluar dan masuknya ya.

4. Gitar

mainan kardus

Foto: pinterest.com

Jika Si Kecil menyukai musik atau alat musik, maka Moms bisa membuatkannya mainan alat musik dari kardus. Salah satu alat musik yang bisa dibuat adalah Gitar.

Cukup sediakan satu lembar kardus yang sedikit panjang dan lebar. Lalu pada permukaan kardus, gambarlah pola gitar lengkap dengan tangkai gitar.

Jika pola sudah terbentuk, kita tinggal mengguntingnya. Sebagai sentuhan akhir, jangan lupa untuk menggambar detail-detail gitarnya ya, seperti senar gitar.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Nama Bayi Laki-Laki yang Terinspirasi dari Musik

5. Mesin Cuci

mainan kardus

Foto: smartparents.sg

Biasanya anak perempuan akan suka mainan yang berbau rumah tangga, seperti rumah-rumahan misalnya. Namun kali ini kita tidak akan membuat rumah, melainkan mesin cuci.

Membuat mesin cuci juga cukup mudah Moms, tinggal sediakan kardus yang agak besar, menyerupai bentuk mesin cuci, lalu Moms tinggal bolongi bagian tengahnya. Sama seperti gitar, kunci mainan kardus ini ada pada detainya.

Moms dan Si Kecil bisa menggambar detail-detail tombol mesin cuci sama seperti mesin cuci sesungguhnya. Cukup simple bukan? Jangan lupa masukan beberapa helai baju juga ya.

Itu dia Moms cara mudah untuk membuat mainan dari kardus. Jangan ragu mengeluarkan ide kreatif Moms bersama Si Kecil ya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait