Kesehatan

KESEHATAN
28 November 2019

5 Jenis Diet Sesuai Bentuk Tubuh, Jangan Asal-asalan, Moms

Aturan diet setiap orang ternyata berbeda-beda, tergantung dengan bentuk tubuhnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, simak penjelasan tentang diet sesuai bentuk tubuh ini. Sebab, setiap orang tidak bisa menjalani aturan diet yang sama karena memiliki bentuk tubuh dan kebutuhan nutrisi berbeda-beda.

Sebelum menjalani diet, seseorang harus mengetahui tipe bentuk tubuhnya untuk mengetahui risiko kesehatan dan kebutuhan nutrisinya.

Karena, satu tipe tubuh mungkin memiliki penumpukan lemak yang sulit dihilangkan dan berisiko penyakit tertentu dibandingkan tipe tubuh lainnya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition 2015 menemukan bahwa diet rendah karbohidrat dann tinggi lemak bisa menghilangkan lemak di perut lebih efektif.

Tetapi tidak semua orang bisa melakukan diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Berikut ini aturan diet sesuai dengan bentuk tubuh masing-masing orang:

1. Orang Bertubuh Apel

1 - 5 Jenis Diet Sesuai Bentuk Tubuh.jpg

Foto: shutterstock.com

Orang dengan tubuh apel cenderung berisi di bagian tengah dan lebih ramping di bagian bawah. Sehingga lebih berisiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes karena lemak mengelilingi organ utama tubuh.

Diet sesuai bentuk tubuh orang berbadan apel adalah glikemik rendah. Diet rendah glikemik telah terbukti paling bermanfaat untuk penurunan berat badan dan membantu membakar lemak.

Adapun makanan glikemik rendah, seperti buah-buahan, kacang merah, buncis, lentil dan sayuran hijau. Makanan ini bisa mengontrol gula darah agar tidak melonjak.

Baca Juga: Yuk Ikuti Tips Diet Ampuh Berdasarkan Zodiak Masing-masing!

2. Orang Bertubuh Pir

2 - 5 Jenis Diet Sesuai Bentuk Tubuh.jpg

Foto: shutterstock.com

Berkebalikan dengan orang bertubuh apel, orang dengan bentuk tubuh buah pir cenderung berisi di bagian bawahnya. Di sisi lain, jenis lemak pada orang bertubuh pir cenderung lebih sulit dihilangkan.

Karena itu, diet sesuai bentuk tubuh pir yang paling tepat adalah makanan tinggi serat, rendah lemak, hindari daging non-organik dan berhenti minum alkohol maupun soda.

3. Orang Bertubuh Segitiga Terbalik

3 - 5 Jenis Diet Sesuai Bentuk Tubuh.jpg

Foto: eatthis.com

Orang dengan tubuh segitiga terbalik cenderung memiliki bahu lebar dan menyimpan lemak di bagian atas tubuhnya. Sehingga makanan yang baik untuk mereka adalah karbohidrat kompleks, seperti quinoa, gandum, sayuran segar dan jauhkan makanan berlemak tinggi.

Selain itu, orang bertubuh segitiga terbalik juga harus memenuhi asupan magnesiumnya. Moms bisa mendapatkan kandungan ini dari konsumsi kacang almond dan sayuran hijau gelap.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Untuk Menerima dan Mencintai Bentuk Tubuh Sendiri

4. Orang Bertubuh Jam Pasir

4 - 5 Jenis Diet Sesuai Bentuk Tubuh.jpg

Foto: shutterstock.com

Tubuh jam pasir adalah bentuk tubuh yang paling diinginkan semua wanita. Biasanya, orang bertubuh jam pasir mengalami kenaikan berat badan akan terlihat di bagian wajah, lengan, dada, lutut dan pergelangan kaki.

Diet sesuai bentuk tubuh jam pasir lebih baik menggunakan tipe diet anti-inflamasi yang kaya produk segar, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, alpukat, salmon dan kacang-kacangan.

5. Orang Bertubuh Pensil

5 - 5 Jenis Diet Sesuai Bentuk Tubuh.jpg

Foto: eatthis.com

Orang berbentuk tubuh pensil memiliki ukuran yang sama antara bahu, pinggang dan pinggulnya. Biasanya juga disebut tubuh lurus. Mereka setidaknya harus mengonsumsi 3 porsi susu rendah lemak per hari.

Selain itu, diet sesuai bentuk tubuh pensil harusnya kaya akan konsumsi makanan kaya karbohidrat kompleks, produk segar dan lemak sehat. Karena, diet ini bisa membantu mengurangi risiko masalah kardiovaskular.

Nah, Moms. Itulah diet sesuai bentuk tubuh yang bisa Moms coba. Kalau bentuk tubuh Moms, paling cocok dengan diet apa?

Baca Juga: Ini Cara Memilih Pakaian Anak Sesuai Bentuk Tubuhnya

(SA/DIN)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait