Kesehatan

10 Juni 2019

5 Kebiasaan yang Perlu Diterapkan untuk Hidup Lebih Bahagia

Yuk terapkan kebiasaan-kebiasaan ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Intan Aprilia

Kebahagiaan terlihat berbeda bagi setiap orang. Bagi Moms, mungkin kebahagiaan diartikan dengan menginginkan hidup yang tenang, mempunyai lingkaran pertemanan yang mau menerima apa adanya, atau bebas dalam mengejar impian.

Bahagia ini biasanya diciptakan oleh diri sendiri, bukan dari orang lain, karena kitalah yang mengendalikan emosi diri.

Namun, tidak semua orang bisa mengatur naik turunnya emosi lho Moms, bisa saja ada pengaruh lingkungan yang membuat mood berubah drastis.

Menurut Healthline, ada sejumlah hal sehari-hari yang dapat membantu Moms untuk mencapai hidup lebih bahagia, bahkan saat berada di tengah orang-orang yang membawa pengaruh negatif.

Ini dia kebiasaan yang perlu diterapkan untuk hidup lebih bahagia:

Baca Juga: Diskusikan 4 Hal Ini Setiap Hari dengan Suami Agar Pernikahan Bahagia

1. Tersenyum

hidup bahagia

Moms akan tersenyum ketika merasa bahagia. Walaupun ada dua maksud dari senyuman itu, senyum palsu atau senyum yang benar-benar membuat otak melepaskan dopamine sehingga membuat perasaan lebih bahagia.

Jangan sampai Moms beraktivitas dengan senyum palsu setiap hari ya. Ketika Moms sedang dirundung masalah, cobalah untuk tersenyum dan lihat apa yang terjadi.

Atau cobalah tersenyum pada diri sendiri saat berkaca setiap pagi sebelum beraktivitas supaya bisa hidup lebih bahagia.

"Setiap kali kita tersenyum, kita mengirimkan pesan menyenangkan pada otak. Tersenyum akan mengaktivasi pesan neural di otak yang bermanfaat pada kesehatan dan kebahagiaan," ujar Ronald E. Riggio, Ph.D., profesor Psikologi Kepemimpinan dan Organisasi, di Claremont McKenna College.

2. Olahraga

hidup bahagia

Berolahraga bukan hanya baik untuk tubuh saja lho Moms. Dengan berolahraga rutin juga dapat mengurangi stres, rasa cemas, dan depresi, yang membuat hidup lebih bahagia.

Cobalah untuk berjalan santai keliling blok perumahan setiap pagi atau melakukan peregangan otot ringan agar badan tetap sehat sehingga selalu menimbulkan energi positif. Di mana energi positif akan memberikan rasa bahagia.

Baca Juga: Tahukah Moms, 5 Sikap Orang Tua Ini Ternyata Bisa Membuat Anak Bahagia

3. Tidur Cukup

hidup bahagia

Sebuah survei yang dilakukan perusahaan Amerisleep melibatkan 2.000 orang yang menghasilkan kesimpulan kalau mereka benar-benar bahagia setela mendapatkan tidur 7.1 jam per malam.

Hasil dari studi itu mengatakan orang paling bahagia jika tidur 7 malam per jam dan termasuk cukup bahagia saat tidur 6 jam per malam.

4. Makan dengan Benar

hidup bahagia

Tentunya Moms sudah tahu kan kalau makanan punya dampak bagi kesehatan tubuh? Namun, ada beberapa makanan yang juga bisa memengaruhi pikiran kita lho Moms.

Contohnya, karbohidrat dapat melepaskan serotonin, sebuah hormon “feel good”. Konsumsi karbohidrat sederhana, kurangi makanan tinggi gula dan pati, karena akan menghancurkan energi.

Moms bisa mengonsumsi sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian untuk asupan yang baik bagi tubuh.

Baca Juga: 3 Cara Menjadi Ibu yang Bahagia, Bisa Ditiru!

5. Bersyukur

hidup bahagia

Bersyukur dapat memberikan dorongan besar pada suasana hati. Moms bisa memulai setiap hari untuk mengakui satu hal yang patut disyukuri dan lakukan saat sedang menggosok gigi atau berkaca saat akan pergi beraktivitas.

Nah, itulah kebiasaan-kebiasaan yang bisa Moms lakukan untuk hidup lebih bahagia. Selain kelima hal di atas, masih ada kebiasaan lain yang bisa Moms lakukan seperti:

  • Selalu memberi pujian kepada orang yang Moms temui
  • Cobalah untuk bernapas dalam untuk menenangkan hati dan pikiran
  • Mengakui hal tidak menyenangkan dan tetap memaafkan
  • Membuat jurnal harian
  • Stres harus dihadapi, jangan dihindari

Yuk coba hal-hal di atas untuk membuat hidup Moms lebih bahagia!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait