2-3 tahun

7 September 2017

5 Kegiatan Ini Bisa Membantu Anak Mengenal Aksara

Belajar Huruf, Belajar Membaca
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Membuat balita belajar mengenal aksara merupakan salah satu tantangan yang harus dijalani oleh setiap orangtua. Setiap anak yang memiliki kemampuan belajar yang berbeda-beda membuat setiap orangtua harus beradaptasi agar si kecil bisa belajar dengan optimal. Untuk menyambut Hari Aksara Internasional yang jatuh setiap tanggal 8 September, yuk permudah si kecil mengenal berbagai macam huruf dan aksara dengan 5 kegiatan berikut ini:

  1. Bermain Menggunakan Floor Mat

foto: ytimg.com

Selain dijadikan alas untuk bermain, Mama bisa menggunakan floor mat ini sebagai sarana bermain mengenalkan aksara untuk si kecil. Pilihlah floor mat yang berisikan huruf dengan berbagai macam warna agar si kecil tertarik. Kemudian, lepas dan acak urutan floor mat yang ada dan minta si kecil untuk menyusunnya kembali sesuai urutan.

Alternatif lainnya, Mama bisa melepas beberapa huruf dari floor mat tersebut dan minta si kecil untuk mengisinya dengan huruf yang benar. Mama juga bisa mengajaknya bernyanyi dan berdansa di atas floor mat ini agar dia dapat mengenal dan mengingat bentuk huruf lebih cepat.

  1. Bermain Blok & Huruf

5 kegiatan ini bisa membantu anak mengenal aksara 2

foto: wp.com

Selain menggunakan floor mat, Mama bisa menggunakan blok yang biasa digunakan si kecil untuk bermain membangun bentuk. Apabila si kecil memiliki blok mainan yang terbuat dari plastik atau kayu, Mama bisa menempelkan kertas bertuliskan berbagai macam huruf di setiap bagian bloknya.

Setelah setiap bagian blok ditempeli kertas huruf ini, biarkan si kecil bermain blok tersebut tanpa harus mengajari berbagai macam huruf yang ada. Karena memang, tujuan dari kegiatan ini adalah membiasakan si kecil untuk melihat beragam bentuk huruf. Nantinya, secara subliminal si kecil akan mengetahui perbedaan yang ada diantara huruf-huruf tersebut.

  1. Berburu Huruf & Harta Karun

5 kegiatan ini bisa membantu anak mengenal aksara 3

foto: pinterest.com

Jika dirasa permainan balok dan huruf kurang interaktif, Mama bisa mengajaknya untuk bermain memburu harta karun. Tapi harta karun disini bukanlah benda yang berharga, tapi lembaran kertas yang bertuliskan berbagai macam huruf dan kata. Mama bisa menyiapkan lembaran kertas ini sebelumnya, yang kemudian disembunyikan di beberapa tempat sekitar rumah.

Setelah selesai disembunyikan, minta si kecil untuk mencari satu huruf spesifik dan membawanya pada Mama untuk ditukarkan dengan hadiah kecil seperti snack atau makanan. Agar permainan ini lebih menarik dan si kecil bisa belajar lebih banyak, Mama bisa mengajak teman si kecil atau tetangga sekitar rumah untuk bermain bersama.

  1. Lomba Merebut Huruf

5 kegiatan ini bisa membantu anak mengenal aksara 4

foto: pinterest.com

Apabila Mama memiliki ruangan yang cukup besar dan luas di dalam rumah, Mama bisa mengadakan lomba merebut huruf yang sederhana untuk si kecil. Mama hanya cukup menyediakan satu boks besar yang berisikan banyak macam huruf yang ditaruh di ujung ruangan.

Di ujung lainnya, si kecil bersiap di satu titik untuk memulai lomba merebut huruf ini . Setelah semua hal sudah disiapkan, minta si kecil untuk mengambil satu huruf spesifik dari boks tersebut dan memberikannya pada Mama. Ulangi terus hingga semua huruf sudah dijelajah, dan jangan lupa untuk memberikan hadiah menarik untuk si kecil.

  1. Menggambar Dan Melukis Huruf

5 kegiatan ini bisa membantu anak mengenal aksara 5

foto: earlyyearscareers.com

Salah satu cara yang paling gampang untuk mengenalkan huruf pada si kecil adalah dengan cara menggambar dan melukis huruf. Agar kegiatan ini lebih menarik, Mama bisa menggunakan berbagai jenis alat tulis seperti krayon, spidol, atau bahkan cat air. Jangan lupa juga untuk menyiapkan kertas atau koran bekas sebagai media menulisnya.

Mama bisa memulai kegiatan ini dengan cara menggambar atau melukis huruf terlebih dahulu, yang kemudian diikuti oleh si kecil selanjutnya. Biarkan saja jika tulisan atau gambarnya masih jelek, yang penting dia jadi mengerti bentuk dan perbedaan dari berbagai macam jenis huruf.

Meskipun terlihat sulit, mengajarkan anak aksara sebenarnya mudah kok. Asalkan Mama bisa mengemas setiap kegiatannya dengan menarik, sehingga si kecil tidak akan pernah bosan untuk terus belajar. Dari 5 kegiatan di atas, mana sih yang kira-kira bakal jadi favorit si kecil?

<WA>

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait