Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Keamanan Bayi | Aug 3, 2018

5 Kesalahan dalam Penggunaan Stroller yang Bisa Bahayakan Bayi

Bagikan


ibu dan stroller

Moms mungkin pernah mencoba menghalangi sinar matahari masuk ke stroller bayi dengan menutupinya menggunakan selimut atau kain. Atau, mungkin Moms pernah melihat orang lain melakukan hal itu.

Tahukah Moms, apa yang Moms lakukan itu merupakan salah satu kesalahan dalam penggunaan stroller yang cukup fatal? Alih-alih melindungi si kecil, cara tersebut ternyata justru membahayakannya!

Menurut Svante Norgen, M.D., dokter anak di Rumah Sakit Anak Astrid Lindgren di Stockholm saat diwawancarai surat kabar Swedia Svenska Dagbladet, menempatkan sesuatu di atas stroller, meskipun itu selimut paling tipis sekaligus, bisa menciptakan panas dengan suhu setara tungku atau termos.

Menutupi stroller bisa mengurangi sirkulasi udara dan membuat si kecil berisiko kepanasan. Bahkan, bayi bisa mengalami sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) saat suhu tubuh mereka meningkat secara drastis.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Svante Norgen dkk di Swedia, suhu dalam stroller 22oC jika tidak ditutup. Namun, saat ditutupi kain tipis, suhunya meningkat menjadi 34oC dalam waktu 30 menit. Setelah satu jam, suhunya meningkat hingga 37,8oC. Nah, masih mau membahayakan si kecil dengan menutupi stroller-nya?

Masih banyak cara menggunakan stroller yang salah yang mungkin seringkali Mama lakukan dan sangat berbahaya bagi si kecil. Berikut beberapa di antaranya:

1. Menaruh Barang Belanjaan di Atas Stroller

stroller

Saat berbelanja, Moms mungkin menempatkan tas belanjaan Moms di stroller si kecil. Entah dilakukan tanpa sadar atau karena ingin mempermudah aktivitas Moms yang harus membawa barang belanjaan dan mendorong stroller, ini merupakan sebuah kesalahan fatal.

Belanjaan yang Moms taruh di atas stroller sangat mungkin menjatuhi si kecil yang berada di dalam stroller tersebut. Bukan hanya belanjaan, Moms tidak boleh menaruh barang apapun di atas stroller. Gunakan baki yang sudah disediakan -- biasanya ada di bagian bawah stroller -- jika ingin memasukkan beberapa barang.

2. Menggantungkan Benda atau Tas Berat pada Pegangan Stroller

belanja pakai stroller

Moms pernah menggantung tas atau benda berat pada pegangan stroller? Tindakan Moms tersebut bisa menyebabkan stroller miring atau bahkan terbalik karena adanya beban yang terlalu berat di bagian belakangnya.

Baca Juga: Memilih Aksesoris Tepat untuk Baby Stroller

3. Jangan Membiarkan Si Kecil Sendirian di Dalam Stroller

balita di stroller

Ini merupakan kesalahan dalam penggunaan stroller yang paling umum dilakukan orang tua. Meninggalkan si kecil sendirian di dalam stroller bisa mengundang bahaya. Si kecil mungkin mencoba duduk di tepi stroller, terjatuh, bermain-main di bawah stroller, atau berdiri dengan berpegangan ke stroller.

4. Mengabaikan Petunjuk Penggunaan

user manual

Berbicara mengenai sebuah produk memang tidak bisa terlepas dari petunjuk penggunaan. Tidak terkecuali dengan stroller. Moms harus membaca petunjuk penggunaan stroller alih-alih langsung membuangnya.

Petunjuk penggunaan stroller yang Moms beli tersebut akan menginformasikan berbagai cara menggunakan stroller yang benar (sesuai masing-masing produk).

5. Meninggalkan Stroller di Bawah Paparan Sinar Matahari Langsung

bayi kepanasan

Jangan pernah meninggalkan stroller di bawah paparan sinar matahari langsung, terutama jika si kecil masih berada di dalamnya. Jika Moms meninggalkan stroller di bawah paparan sinar matahari langsung saat mengajak si kecil bermain (turun dari stroller-nya), periksa terlebih dahulu suhu permukaan stroller sebelum menempatkan si kecil di dalamnya.

6. Mendorong Stroller Sambil Naik Sepeda atau Kendaraan Bermotor

stroller dan sepeda

Pernah berpikir untuk bersepeda sambil mendorong stroller si kecil? Ini merupakan hal paling gila yang mungkin pernah Moms pikirkan karena akan sangat membahayakan si kecil.

Selain itu, saat mendorong stroller, usahakan untuk memperhatikan jalan dan tidak sambil asik berbicara di telepon maupun mengobrol dengan teman yang kebetulan berjalan bersama. Bukan tidak mungkin stroller si kecil tergelincir dan mengakibatkan buah hati Moms terjatuh dari dalam stroller-nya.

Moms punya pengalaman terkait cara menggunakan stroller yang salah? Bagikan melalui kolom komentar yuk, Moms!

(RGW)

Foto: Shutterstock

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.