Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Keamanan Bayi | Mar 9, 2018

5 Kesalahan Saat Mengajak Bayi Naik Pesawat

Bagikan


Moms berencana mengajak Si Kecil traveling atau bepergian naik pesawat? Tentunya ini akan menjadi tantangan tersendiri. Terutama jika ini merupakan pertama kalinya Moms membawa bayi naik pesawat. Mungkin Moms merasa khawatir buah hati akan sulit tidur atau justru rewel selama penerbangan.

Nah, agar penerbangan pertama Moms bersama si kecil berjalan lancar, ketahui 5 kesalahan yang umum dilakukan orang tua saat mengajak bayi naik pesawat seperti yang ada di bawah ini:

Tidak Membawa Car Seat

Beberapa maskapai penerbangan memang mengizinkan bayi di bawah 2 tahun dipangku Moms atau Dads sepanjang penerbangan, namun bukan berarti itu menjadi pilihan yang terbaik. Saat penerbangan usahakan untuk membawa car seat agar Si Kecil, Moms, dan juga Dads sama-sama merasa nyaman selama penerbangan.

Terlebih lagi jika Moms, Dads, dan Si Kecil akan menempuh penerbangan jarak jauh. Cek website berbagai maskapai penerbangan sehingga Moms mengetahui rincian peraturan membawa car seat yang mereka tetapkan.

Baca juga: Nyaman Membawa Bayi Naik Pesawat dengan Cara Ini

Mengabaikan Tanda Lelah Pada Si Kecil

Jangan pernah mengabaikan tanda kelelahan atau menganggap tanda-tanda tersebut muncul karena waktunya buah hati tidur siang. Mengantuk biasa dengan lelah merupakan dua hal yang berbeda, meskipun terkadang menunjukkan gejala yang hampir sama.

Moms bisa menunda untuk membeli tiket pesawat jika Si Kecil terlihat kelelahan setelah berlibur maupun sebelum berangkat liburan.

Terlalu Stres

Selama penerbangan Moms mungkin berjaga agar tidak melakukan kesalahan naik pesawat saat membawa Si Kecil. Namun, tanpa disadari hal tersebut justru membuat Moms merasa stres.

Mark Henick, seorang advokat kesehatan mental menyampaikan bahwa rasa khawatir berlebih hingga menyebabkan stres tidak akan memberikan manfaat apa-apa. Jadi, berusaha membuat bayi tetap tenang dan nyaman selama penerbangan lebih baik Moms lakukan dengan rileks. Nikmati penerbangan yang Moms lakukan bersama Si Kecil.

Lupa Memeriksa Aturan Maskapai Penerbangan Mengenai Membawa ASIP

Membawa ASI perah (ASIP) bisa menjadi salah satu pilihan Moms saat bepergian bersama Si Kecil. Namun, untuk membawanya Moms perlu mengetahui aturan membawa ASIP. Penerbangan nasional sendir menetapkan aturan bahwa ASIP harus dibawa dalam kotak berukuran 30-40 cm dan jumlah yang boleh dibawa sebanyak 1 liter.

Kendati demikian, Moms perlu memperhatikan keamanan wadah ASIP yang digunakan. Selain itu, wadah ASIP harus tersegel dengan baik dan dipastikan tidak akan tumpah. Jika Moms dan Si Kecil menempuh penerbangan jarak jauh, maka ASIP yang dibawa bisa dititipkan dalam lemari pendingin pesawat.

Baca juga: Berapa Batas Usia Kehamilan untuk Naik Pesawat?

Melewatkan Pemeriksaan Dokter Sebelum Terbang

Kapan jadwal penerbangan Moms bersama Si Kecil? Pastikan Moms membawa si kecil ke dokter untuk diperiksa kesehatannya sebelum terbang. Terutama jika baymasih berusia di bawah 2 bulan. Moms bahkan harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatan si kecil sebelum booking tiket pesawat. Tidak semua bayi siap diajak naik pesawat, mengingat ia membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembangkan sistem imun tubuhnya.

Kelihatan sangat sepele, bukan? Namun, beberapa kesalahan saat membawa atau mengajak bayi naik pesawat di atas faktanya sering dilakukan. Pastikan Moms tidak melakukan kesalahan-kesalahan tersebut agar bisa terbang nyaman bersama bayi, ya.

Jangan lupa sebelum berangkat liburan, lengkapi perlengkapan traveling Moms dan Si Kecil dengan berbelanja di Orami! Ada promo Lebaran yang menarik untuk berbagai perlengkapan traveling hingga 70%, lho! Yuk segera kunjungi Orami!

Punya pengalaman unik seputar persiapan mengajak Si Kecil naik pesawat? Jangan lupa untuk membagikannya melalui kolom komentar di bawah ini ya, Moms.

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.