Di atas 5 tahun

29 April 2019

5 Kiat Ajarkan Anak Mengurus Binatang Peliharaan Dengan Baik

Lakukan secara bertahap sambil didampingi Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Bermain dengan binatang peliharaan memang menyenangkan, tapi jangan sampai lupa mengajarkan anak mengurus binatang peliharaan ya, Moms.

Seperti dikutip dari pakar hewan di Shackle Ford Vet Clinic, Amerika Serikat, di usia 5 tahun seharusnya anak sudah terlatih memperlakukan binatang peliharaan dengan baik dan sesekali membantu Moms memberi makan, memandikan, atau menyiapkan kandang.

Nah, anak berusia 6 sampai 11 tahun sudah bisa mulai diajarkan untuk lebih aktif mengurus binatang peliharaan. Mulai dari memberi makan dan minum sampai membersihkan kotoran.

Yuk, simak dulu berbagai tips mengurus binatang peliharaan yang bisa Moms ajarkan pada anak.

1. Jelaskan Alasan Binatang Peliharaan Harus Diurus dengan Baik

5 kiat ajarkan anak mengurus binatang peliharaan dengan baik 1

Foto: carpetgurus.com

Walau punya binatang peliharaan, tidak semua anak tahu alasan penting dibalik mengurus binatang peliharaan dengan baik.

Moms bisa mulai dengan menjelaskan kalau setiap jenis binatang peliharaan, sama seperti makhluk hidup lain, wajib diurus dengan baik agar tetap sehat, bisa tumbuh dengan baik, dan tidak menyebarkan kuman atau bakteri penyebab penyakit.

Setelah itu jelaskan supaya bisa terus bermain dengan binatang peliharaannya, Si kecil punya tanggung jawab untuk membantu Moms dan Dads mengurus kebutuhannya.

Baca Juga: 11 Foto Bayi dengan Anjing Ini Dijamin Bikin Gemas! 

2. Buat Tabel Jadwal Kebutuhan Binatang Peliharaan

5 kiat ajarkan anak mengurus binatang peliharaan dengan baik 2

Foto: lifeissweeterbydesign.com

Anak memang tidak bisa langsung mengurus semua kebutuhan binatang peliharaan, jadi ada baiknya Moms memasang tabel dengan gambar dan warna menarik di tempat yang mudah dilihat anak.

Beri tanda tugas mana saja yang harus dilakukan anak lengkap dengan waktunya, seperti mengisi wadah makan dan minum di pagi dan sore hari, membersihkan kandang sepulang sekolah, dan seterusnya.

Si kecil mungkin sesekali lupa, jadi ada baiknya Moms mengecek sendiri apakah kebutuhan binatang peliharaan saat itu sudah terpenuhi.

3. Ajarkan Mengurus Binatang Peliharaan Secara Bertahap

5 kiat ajarkan anak mengurus binatang peliharaan dengan baik 3

Foto: romper.com

Mengajarkan anak mengurus binatang peliharaan sebaiknya dilakukan secara bertahap dimulai dari yang termudah, seperti memberi makan dan minum.

Biarkan dia melakukannya selama beberapa minggu agar terbiasa, baru mulai ajarkan tugas mengurus binatang lain yang lebih sulit, seperti membersihkan kotoran, membersihkan kandang, atau menyisir bulu.

Baca Juga: Tak Hanya Mawar Melati, 6 Bunga Indah Ini Bisa Jadi Pilihan Untuk Ditanam di Rumah

4. Berikan Contoh

5 kiat ajarkan anak mengurus binatang peliharaan dengan baik 4

Foto: walmart.com

Bila ini adalah kali pertama ada binatang peliharaan di rumah, anak mungkin belum tahu apa persisnya yang harus dia lakukan.

Jadi jangan mengabaikan tips mengurus binatang peliharaan ini ya, Moms.

Selama beberapa hari awal, Moms tetap harus memberikan contoh cara melakukan tugas mengurus binatang peliharaan dengan baik.

Misalnya saja, seberapa banyak makanan dan air yang harus dituang ke dalam wadah atau cara membersihkan kotoran.

Wajar kalau anak masih melakukan kesalahan, jadi Moms perlu terus mendampingi sampai dia terlihat sudah terbiasa melakukannya sendiri.

5. Perhatikan Faktor Keamanan

5 kiat ajarkan anak mengurus binatang peliharaan dengan baik 5

Foto: blog.healthypets.com

Tidak semua tugas mengurus binatang peliharaan bisa diserahkan pada anak karena alasan keamanan ya, Moms.

Misalnya saja memandikan anjing berukuran besar atau burung kecil, membersihkan aquarium atau mengurus binatang peliharaan jenis reptil.

Menurut Dr. Jason Nicholas, dokter hewan sekaligus pendiri The Preventive Pet, Moms juga harus mengajarkan anak tips mengurus binatang peliharaan dengan aman.

Misalnya saja tidak mengganggu binatang peliharaan yang sedang makan, memegang tali kekang dengan erat agar tidak terbawa lari, dan makanan jenis apa yang tidak boleh diberikan.

Baca Juga: 7 Terrarium Cantik Untuk Hiasan Dekorasi di Rumah

Setuju kan Moms, kalau mulai mengajarkan anak mengurus binatang peliharaan akan membantunya menjadi lebih mandiri dan percaya diri?

(WA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait