2-3 tahun

2-3 TAHUN
9 Desember 2020

5+ Cara Cepat Meredakan Sakit Gigi pada Orang Dewasa dan Anak

Kadang, sakit gigi menyebabkan bengkak di pipi. Ayo kita lihat cara menanganinya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sakit gigi tak jarang menyebabkan pembengkakan parah. Biasanya karena infeksi mulai berkembang dalam gigi. Dan, bisa jadi, berpengaruh ke pembengkakan kelenjar getah bening.

Jika Moms mengalami sakit gigi, penting untuk mencari tahu apa yang menjadi akar ketidaknyamanan tersebut. Dari sana, Moms dapat menentukan cara terbaik untuk meredakan nyeri, bengkak, atau gejala lainnya yang menyebabkan sakit gigi.

Bilas air garam dan kompres dingin secara teratur biasanya dapat mengatasi iritasi ringan, tetapi sakit gigi yang lebih serius mungkin memerlukan pemeriksaan oleh dokter gigi.

Jika gejala Moms terus berlanjut selama lebih dari satu atau dua hari, temui dokter gigi kita. Mereka dapat memberikan panduan tentang cara meredakan gejala sakit gigi tersebut dan mencegah rasa sakit di masa mendatang.

Baca Juga: Riset Membuktikan, Berkumur dengan Air Garam Bisa Mengurangi Sakit Gigi Akibat Gusi Bengkak!

Moms juga harus berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum menggunakan salah satu pengobatan berikut jika sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi medis yang mungkin dipengaruhi oleh ramuan herbal.

Jika Moms memilih cara alami, berikut yang dapat dilakukan di rumah untuk meredakan sakit gigi.

Cara Alami Meredakan Sakit Gigi

Saat mengalami sakit gigi, tentu memerlukan perhatian segera, atau dapat menyebabkan masalah serius seperti infeksi bakteri pada darah hingga gigi copot. Jika Moms tidak dapat langsung mengunjungi dokter gigi, cobalah pengobatan rumahan ini untuk sakit gigi.

1. Berkumur

Obat Kumur untuk Sakit Gigi bengkak

Foto: shutterstock.com

Biasakan untuk selalu berkumur saat merasakan sakit gigi bengkak. Gunanya untuk meredakan nyeri di bagian yang bengkak.

Obat kumurnya, bisa dibeli di apotek. Banyak merek-merek cairan antiseptik mulut yang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi bengkak.

Namun, bila tidak ada persediaan cairan kumur di rumah, bisa membuat sendiri dengan garam. Ambil air putih, dan larutkan ½ sendok makan garam ke dalamnya. Gunakan sebagai pengganti obat kumur.

Lakukan kebiasaan berkumur ini satu jam sekali.

2. Hindari Mengunyah

Sakit terjadi pembengkakan, ada baiknya menghindari kegiatan mengunyah pada bagian yang sakit dan bengkak. Di areal bengkak, biasanya ada celah yang bisa menjadi tempat bersarangnya kotoran.

"Jika saat mengunyah makanan ada yang sakit, bisa jadi itu karena gigi itu retak atau karena gigi berlubang. Dan itu yang membuat gusi bengkak," kata Eric Klein, DDM, dokter gigi asal Amerika, seperti dilansir RD.com.

“Saat masakan masuk di area yang bengkak, sisa makanan bisa langsung jadi santapan bakteri, dan menjadi biang keladi memanjangnya sakit gigi,”lanjutnya dr. Klein.

Jika sudah terlanjur mengunyah makanan di area yang sakit, langsung bersihkan bagian gigi tersebut. Bersikat gigi adalah pilihan bijak, karena dapat mengeluarkan sisa makanan dari gigi atau gusi yang bermasalah.

3. Konsumsi Makanan Cair

minum jus buah.jpg

Foto: shutterstock.com

Saat sakit gigi bengkak, biasanya rahang jadi sakit bergerak. Untuk mengurangi nyeri yang ditimbulkan ada baiknya lebih banyak mengonsumsi makanan cair atau lembut.

Bubur dan nasi tim bisa dijadikan pilihan. Selain itu, mengonsumsi jus buah juga disarankan. Yang jelas, jangan sampai sakit gigi membuat Moms tidak makan. Karena, bagaimanapun juga, makanan sangat dibutuhkan tubuh.

Baca Juga: Khasiat Jitu Si Bawang Putih Untuk Sakit Gigi

4. Kompres Es

Untuk meredakan sakit gigi bengkak, bisa juga dengan mengompres bagian wajah yang bengkak. Bisa dengan air dingin, atau es batu yang sudah dilapisi kain.

Cukup 20 menit atau sampai es batunya habis. Sakit bisa berkurang karena es memiliki efek anestesi alami. Membuat area yang sakit jadi mati rasa.

5. Gunakan Kantong Teh Peppermint

meredakan sakit gigi

Foto: Orami Photo Stock

Kantong teh peppermint dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif. Untuk mencoba cara ini, biarkan kantong teh bekas menjadi dingin sebelum mengaplikasikannya ke area yang terkena, namun kantong tehnya masih harus sedikit hangat ya.

Moms juga bisa bertukar pendekatan dan menggunakannya untuk mendinginkan, daripada menghangatkan area yang sakit. Untuk melakukan ini, masukkan kantong teh bekas ke dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya dan kemudian tempelkan kantong tersebut ke gigi kita. Pelajari lebih lanjut tentang manfaat kesehatan peppermint.

6. Coba Bawang Putih

Selama ribuan tahun, bawang putih telah dikenal dan digunakan untuk khasiat pengobatannya. Tidak hanya dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, tetapi juga dapat bertindak sebagai pereda nyeri.

Untuk menggunakan ini, hancurkan satu siung bawang putih untuk membuat pasta dan oleskan ke area yang sakit. Moms mungkin ingin menambahkan sedikit garam. Sebagai alternatif, juga bisa mengunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan. Namun baunya tentu akan sedikit mengganggu.

7. Aplikasikan Ekstrak Vanila

meredakan sakit gigi

absolutedental.com

Ekstrak vanila mengandung alkohol yang dapat membantu meredakan nyeri. Menurut jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, sifat antioksidan yang terbukti juga membuatnya menjadi penyembuh yang efektif.

Untuk menggunakan ini, oleskan sedikit ekstrak vanila ke jari Moms atau bola kapas. Oleskan langsung ke area yang terkena beberapa kali sehari.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Sakit Gigi Anak

Cara Meredakan Sakit Gigi pada Anak

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami sakit gigi. Pengobatan dan resep berikut umumnya aman untuk anak yang mengalami sakit gigi. Meskipun beberapa bahan lebih umum daripada yang lain, semuanya tersedia secara luas di toko terdekat kita.

8. Hati-hati dengan Cengkeh

Cengkeh populer di antara obat sakit gigi buatan sendiri untuk orang dewasa, dan bisa juga bekerja untuk anak-anak, tetapi Moms harus tetap berhati-hati ya. Bahan aktif yang membuatnya menjadi pereda nyeri yang hebat, eugenol, bila digunakan terlalu sering atau dalam konsentrasi yang terlalu tinggi dapat memperburuk nyeri dan bahkan merusak saraf.

MenurutThe Libyan Journal of Medicine, cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi sepanjang sejarah, karena minyaknya dapat secara efektif mematikan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Beberapa tetes minyak cengkih pada kapas dapat membantu anak-anak yang menderita sakit gigi yang parah. Jangan pernah menggunakan cengkeh utuh, cengkeh bubuk, atau kapas di tempatnya selama lebih dari beberapa menit.

9. Gunakan Thyme Mouthwash

meredakan sakit gigi pada anak

Foto: healthline.com

Thyme memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang membantu meredakan sakit gigi pada anak-anak. Oleskan beberapa tetes minyak esensial thyme dan air ke bola kapas dan oleskan ke area yang terkena.

Moms juga bisa merebus satu cangkir air dan memasukkan daun thyme ke dalamnya untuk membuat campuran. Dinginkan dan biarkan si buah hati menggunakan ramuan ini sebagai obat kumur.

Baca Juga: Perlukah Anak Menggunakan Obat Kumur?

10. Obat Bebas Resep Bisa Membantu

Jika nyeri terus berlanjut, berikan obat antiinflamasi yang dijual bebas seperti ibuprofen dan asetaminofen untuk membantu meredakan nyeri sakit gigi pada anak. Pastikan Moms mengikuti dosis yang dianjurkan untuk anak-anak ya.

11. Pijat dengan Gel Aloe Vera

meredakan sakit gigi pada anak

Foto: absolutedental.com

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri alami dan dapat membantu menghancurkan bakteri mulut penyebab kerusakan gigi. Untuk meredakan sakit gigi, oleskan gel lidah buaya ke area yang sakit dan pijat dengan lembut.

Bila sakit berlanjut, ada baiknya langsung temui dokter gigi. Sehingga sakit gigi bengkak yang Moms alami bisa langsung ditangani.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait