2-3 tahun

2-3 TAHUN
13 April 2019

Si Kecil Terlalu Kurus? 5 Makanan Ini Bisa Bantu Balita Cepat Gemuk

Jangan asal tinggi kalori, makanan balita juga harus kaya akan gizi dan nutrisi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memberikan makanan untuk balita kurus agar berat badannya cepat naik ke angka ideal itu tidak cukup sekadar tinggi kalori saja lho, Moms.

Dikutip dari Firstcry.com, agar cepat gemuk, menurut dokter anak dari Anexas Clinic India Dr. Varsha Axena, asupan kalorinya tetap harus berasal dari pola makan seimbang dan sumber makanan yang kaya gizi dan nutrisi.

Itu artinya bukan dengan menambah porsi makanan berlemak atau tinggi gula ya, Moms.

Selain itu, Moms juga perlu mulai mengenalkan rutinititas dan kebiasaan makan yang sehat dengan cara yang menyenangkan bagi balita.

Dan tentunya memberikan jenis makanan yang bisa membantu Si Kecil cepat gemuk. Dikutip dari Livestrong.com, ada beberapa jenis makanan yang bisa Moms berikan agar balita cepat gemuk.

Apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini Moms!

1. Susu dan Keju

si kecil terlalu kurus 5 makanan ini bisa bantu balita cepat gemuk 1

Foto: Moag.gov.il

Selain rasanya yang enak, susu dan keju full fat cocok dijadikan makanan agar balita cepat gemuk karena mengandung protein, kalsium, sodium, dan lemak sehat.

Susu dan keju juga bisa Moms tambahkan ke dalam makanan balita untuk memberikan tambahan kalori sekaligus membuat rasanya semakin lezat.

Baca Juga: 6 Makanan untuk Perkembangan Otak Balita

2. Pasta dan Nasi

si kecil terlalu kurus 5 makanan ini bisa bantu balita cepat gemuk 2

Foto: Epicuropious.com

Menurut ahli gizi anak Jacqui Lowden dari Manchester Children’s Hospital, makanan untuk anak kurus yang harus diberikan setiap hari adalah yang tinggi akan pati dan karbohidrat.

Selain pasta dan nasi, Moms juga bisa memberikan kentang, labu, jagung, serta jenis umbi lain yang tinggi serat dan kaya akan berbagai nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang balita.

3. Avokad

si kecil terlalu kurus 5 makanan ini bisa bantu balita cepat gemuk 3

Foto: Vogue.in

Buah yang tinggi kalori dan kaya lemak sehat seperti alpukat juga bisa Moms tambahkan ke dalam pola makan balita agar berat badannya cepat naik ke angka ideal.

Seperti dikutip dari situs Legion Athletic, avokad mengandung 322 kalori, 29 gram lemak, 17 gram karbohidrat, dan 4 gram protein. Ideal sekali sebagai makanan untuk balita kurus kan, Moms?

4. Telur dan Ikan

si kecil terlalu kurus 5 makanan ini bisa bantu balita cepat gemuk 4

Foto: Myrecipes.com

Memberikan makanan tinggi protein seperti telur dan ikan juga penting untuk mendukung perkembangan otot dan pertumbuhan balita secara keseluruhan.

Makanan agar balita cepat gemuk lain yang kaya akan protein sekaligus tinggi kalori adalah ayam dengan kulit, daging merah, dan selai kacang.

Baca Juga: Ini Dia Panduan Komplet Makan Balita Berdasarkan Umurnya

5. Minyak Zaitun

si kecil terlalu kurus 5 makanan ini bisa bantu balita cepat gemuk 5

Foto: Fattoriasanmichele.it

Mengolah makanan balita dengan menambahkan satu sendok teh minyak zaitun, mentega, atau margarin akan menambah asupan lemak dan sekitar 45 kalori ekstra lho, Moms.

Bila dibarengi dengan makanan bernutrisi lain, tambahan minyak dan lemak alami tadi akan membantu balita kurus lebih cepat mencapai berat ideal.

Bila Moms sudah memberikan berbagai makanan agar balita cepat gemuk di atas tapi Si kecil tetap kurus, ada baiknya berkonsultasi ke dokter untuk memastikan kondisinya tidak disebabkan oleh masalah kesehatan.

Apa Moms punya rekomendasi makanan lain yang bisa membantu balita cepat gemuk? Share yuk!

(WA/AND)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait