Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Jul 7, 2018

5 Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Saat Menstruasi

Bagikan


foto: bakingmad.com

Saat menstruasi, hormon yang bekerja akan membuat tubuh perempuan terasa tidak nyaman. Mulai dari keluhan pusing, lemas, dan emosi yang tidak stabil hingga nyeri pada beberapa bagian tubuh.

Masalahnya, tak jarang rasa tidak nyaman tersebut membuat Moms jadi tidak bersemangat menjalani aktivitas.

Tapi tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat tubuh tetap fit selama menstruasi, salah satunya dengan mengonsumsi makanan-makanan berikut:

1. Air putih

foto: timesofisrael.com

Masalah yang sering terjadi saat menstruasi adalah dehidrasi. Hal ini disebabkan karena selama periode menstruasi, perempuan akan kehilangan banyak cairan dalam tubuhnya. Oleh sebab itu, minumlah setidaknya 5 liter air putih per hari selama masa menstruasi.

2. Kacang-kacangan

foto: inspiredtaste.net

Makanan sehat yang harus dikonsumsi saat menstruasi berikutnya adalah kacang. Beberapa jenis kacang, seperti kacang kenari dan almond merupakan sumber zat besi yang baik, sehingga bisa mengembalikan zat besi di tubuh.

Namun, hindari pistachio, karena mengandung banyak garam yang justru menyebabkan retensi air selama menstruasi.

Baca Juga: Sakit Saat Menstruasi, Wajar Atau Berbahaya?

3. Sayuran hijau

foto: asianfoodadventure.com

Sayuran hijau kaya akan kalsium, magnesium dan kalium yang dapat membantu meringankan dan mencegah terjadinya nyeri pada perut.

Tak hanya itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin K dengan jumlah tinggi yang sangat dibutuhkan untuk mengentalkan dan mencegah kekurangan darah.

4. Asam lemak omega-3

foto: foodtolove.co.nz

Sekelompok zat hormon dalam tubuh, yang disebut prostaglandin merupakan salah satu faktor terjadinya kontraksi otot dan nyeri haid.

Salah satu cara untuk menutup prostaglandin adalah dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 seperti yang terkandung di salmon, kenari, dan flaxseed.

Bahkan, beberapa ahli kesehatan menemukan bahwa perempuan yang diet seimbang dengan memilih mengonsumsi omega-3 dan menghindari konsumsi lemak, cenderung mempunyai gejala menstruasi lebih ringan.

Baca Juga: 6 Manfaat Mengejutkan dari Menstruasi

5. Cokelat

foto: southernliving.com

Saat menstruasi emosi akan naik turun, Moms akan lebih sensitif dan akan mudah marah. Mengonsumsi cokelat, dipercaya dapat memperbaiki mood.

Alasan mengapa cokelat baik untuk dikonsumsi selama menstruasi, karena mengandung magnesium, nutrisi yang akan habis saat siklus menstruasi datang.

Jadi, menstruasi bukanlah halangan untuk menjalani berbagai aktivitas. Cobalah makanan-makanan tersebut, agar Moms tetap semangat beraktivitas selama menstruasi. Selamat mencoba!

(PR)

Ditinjau oleh dr. Rahajeng A.P

Sumber: meetdoctor.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.