Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Balita | Jun 26, 2018

5 Manfaat Belajar Coding Untuk Balita

Bagikan


Dunia balita saat ini sangat jauh berbeda dengan jaman Moms dulu, ya? Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, semua hal seolah terhubung secara elektronik dan digital. Tak heran, belakangan mulai banyak sekolah dan orang tua yang mendorong balita belajar coding.

Coding atau programming adalah sebuah cara untuk memberikan perintah pada komputer, aplikasi, telepon, atau website untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan kita. Banyak pendidik dan pakar komputer yang sudah menganggap coding sebagai “bahasa baru” yang harus dikuasai oleh anak sejak dini.

Moms, mau tau apa saja manfaat luar biasa yang bisa dirasakan bila balita belajar coding sejak dini?

Computational Thinking

5 manfaat belajar coding bagi balita

prima.co.uk

Pemikiran komputasional atau computational thinking adalah kemampuan untuk mengkomunikasikan pikiran secara terstruktur dan logis. Saat balita belajar coding, maka kemampuannya untuk memahami konsep algoritma dan memecahkan masalah akan berkembang dengan pesat.

Kemampuan ini juga menggabungkan disiplin logis dan matematis, sehingga balita bisa dengan cepat menemukan solusi untuk suatu masalah dan memecahnya menjadi beberapa langkah yang bisa langsung dilakukan. Luar biasa ya, Moms?

Baca Juga : Cek Gaya Belajar Anak

Mendorong Kreativitas

manfaat belajar coding bagi balita, mendorong kreativitas balita

quartz.com

Berbagai variasi dan proses mencari solusi dalam coding akan mendorong balita berpikir out of the box dan mengeluarkan potensi kreativitas mereka. Belajar coding sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bercerita, sehingga membuat balita bisa lebih banyak berimajinasi dan menemukan berbagai kemungkinan.

Nantinya, kemampuan ini akan membantu balita tumbuh menjadi anak yang mudah berbicara di depan umum, menulis, memberikan presentasi, dan sebagainya.

Bisa Menghindari dan Mengatasi Masalah Sendiri

manfaat belajar coding bagi balita

wired.com

Saat belajar coding, balita akan diajarkan untuk mengatasi masalah dalam program dengan cara mengantisipasi masalah yang mungkin akan muncul, lalu menuliskan kode yang tepat untuk mencegah timbulnya masalah lebih lanjut.

Proses ini akan membuat balita menjadi pribadi yang lebih awas dalam bertindak, serta selalu memperhitungkan berbagai resiko yang mungkin muncul dari tindakan yang akan dilakukannya.

Kesempatan Kerja yang Lebih Baik

manfaat belajar coding bagi balita

pinterest.com

Usia si kecil mungkin memang masih balita, tapi di masa depan coding akan menjadi salah satu kemampuan wajib untuk bisa sukses dalam karier dan pekerjaan. Saat ini sudah mulai terlihat bahwa mereka yang bisa coding dapat bekerja mandiri dan menghasilkan banyak uang.

Menciptakan Aplikasi Sendiri

manfaat belajar coding bagi balita, balita menciptakan aplikasi sendiri

independent.co.uk

Apa Moms tahu, balita yang belajar coding nantinya akan bisa menciptakan berbagai aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya sendiri? Awalnya mungkin dia baru bisa membuat aplikasi mainan sederhana yang sesuai dengan usianya, tapi seiring dengan bertambahnya kemampuan coding dia juga bisa membuat aplikasi yang bisa membantu orang banyak.

Ada banyak sekali dampak positif belajar coding bagi perkembangan pola pikir serta kecerdasan balita ya, Moms? Jangan khawatir Moms, biasanya coding untuk balita tetap akan diajarkan dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. Bagaimana menurut Moms, apakah balita sudah siap untuk belajar coding?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.