Kesehatan

20 Oktober 2020

7 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Anak, Segar dan Bernutrisi

Mulai dari melancarkan pencernaan hingga menguatkan tulang.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms, pernahkah merasa penasaran dengan manfaat buah naga untuk anak?

Di balik warna kulitnya yang meriah, ternyata buah naga memang mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang penting untuk tubuh anak.

Manfaat Buah Naga untuk Anak

Buah naga sudah bisa diberikan sejak anak mulai makan MPASI, tapi sebaiknya dimulai dari yang berdaging merah karena rasanya cenderung lebih manis. Berikan dulu dalam jumlah kecil untuk memastikan Si Kecil tidak alergi ya, Moms.

Nah, berikut adalah berbagai manfaat luar biasa buah naga untuk anak yang harus Moms ketahui.

1. Melancarkan Pencernaan

Segar Dan Bernutrisi, Inilah 5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Balita 1.jpg

Foto: goodfon.com

Dalam sebuah studi yang dilansir oleh Electronic Journal of Biotechnology, disebutkan kalau buah naga adalah salah satu sumber prebiotik alami yang penting untuk perkembangan bakteri baik di dalam usus serta melancarkan pencernaan.

Buah yang termasuk dalam golongan kaktus ini juga mengandung cukup banyak serat, sehingga bisa mencegah sembelit pada anak.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Segar Dan Bernutrisi, Inilah 5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Balita 2.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat buah naga untuk anak yang selanjutnya datang dari kandungan vitamin C dan karotenoid, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus melindungi sel darah putih dari kerusakan akibat radikal bebas.

Itu artinya sering makan buah naga bisa membantu melindungi Si Kecil dari flu, demam, juga kondisi peradangan seperti artritis atau nyeri sendi.

3. Melindungi Kesehatan Jantung

Segar Dan Bernutrisi, Inilah 5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Balita 3.jpg

Foto: thespruceeats.com

Biji buah naga yang berwarna hitam juga tidak kalah bermanfaat untuk kesehatan anak lho, Moms.

Sebuah penelitian yang dimuat World Journal of Pharmacy and and Pharmaceutical Sciences, menyebutkan kalau biji buah naga mengandung asam lemak omega-3, omega-9, serta beberapa minyak alami lain yang penting untuk melindungi kesehatan jantung.

4. Menguatkan Tulang

Segar Dan Bernutrisi, Inilah 5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Balita 4.jpeg

Foto: pexels.com

Biasanya susu jadi pilihan pertama orang tua untuk memberikan mineral penting yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan dan perkembangan tulang.

Namun, sebenarnya Moms juga bisa memberikan buah naga yang kaya akan magnesium, kalsium, dan fosfor sekaligus. Ketiganya adalah mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan, kekuatan, dan kepadatan tulang.

5. Mencegah Anemia

Segar Dan Bernutrisi, Inilah 5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Balita 5.jpg

Foto: pacificfreshproduce.com

Anemia pada anak sering terjadi karena tubuhnya kesulitan menyerap zat besi atau tidak mendapatkan cukup asupan zat besi dari pola makan.

Nah, manfaat buah naga untuk anak juga bisa didapatkan dari kombinasi kandungan zat besi dan vitamin C, yang bisa membantu mencukupi kebutuhan zat besi harian sekaligus meningkatkan penyerapan zat besi sehingga Si Kecil terlindungi dari anemia.

Tidak disangka ya Moms, ternyata ada begitu banyak manfaat buah naga untuk anak. Namun tentu saja tetap harus didukung dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

6. Kaya Vitamin C

5 Manfaat Buah Naga untuk Anak

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin C dibutuhkan dalam perkembangan tulang, otot dan gigi. Vitamin C juga membantu perkembangan pembuluh darah Si Kecil yang sedang tumbuh.

Ditambah lagi, vitamin C di dalam buah naga merupakan sumber yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tentunya ini merupakan manfaat buah naga untuk bayi yang penting.

7. Tinggi Serat

Serat yang terkandung di dalam buah naga sangatlah tinggi. Ini akan membantu Si Kecil memiliki sistem pencernaan yang sehat. Dengan sistem pencernaan yang sehat, sangat berguna untuk mencegah terjadinya sembelit.

Manfaat buah naga untuk anak yaitu mengandung serat yang berfungsi menjaga keseimbangan kadar gula darah dan membantu si kecil untuk meningkatkan berat badan secara sehat.

Selain dimakan langsung, kira-kira penyajian buah naga seperti apa yang akan disukai oleh anak ya, Moms?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait