Balita dan Anak

2 Juni 2020

5 Manfaat Kurma untuk Anak-anak

Buah kurma kaya akan kandungan vitamin dan tinggi kalsium, Moms. Siapkan selalu buah kurma di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms tentunya sudah mengetahui bahwa buah kurma memiliki rasa yang manis dan unik. Tidak hanya itu saja, buah kurma merupakan salah satu buah yang dipercaya memiliki kandungan kesehatan yang sangat baik bagi tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh US National Institute of Health, buah kurma memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dipercaya mampu menangkal radikal bebas yang berada pada tubuh.

Manfaat Kurma untuk Anak-anak

Selain rasanya yang manis, kandungan buah kurma pun sangat baik, Moms. Lantas, apa saja manfaat buah kurma untuk anak-anak? Mari, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini, ya.

1. Meningkatkan Kesehatan dan Tumbuh Kembang Tulang

5 Manfaat Kurma untuk Anak-anak 1.jpg

Foto: Freepik.com

Proses kesehatan dan tumbuh kembang tulang anak tidak bisa dianggap remeh karena akan sangat berpengaruh terhadap masa depannya. Untuk membantu kesehatan tulang anak, Moms and Dads bisa mencoba ajak Si Kecil mengonsumsi buah kurma secara rutin.

Salah satu kandungan utama yang terdapat dalam buah kurma adalah magnesium, tembaga, dan mangan. Kandungan tersebut sangat berguna bagi kesehatan tulang, lho.

Tidak hanya itu saja, terdapat juga sekitar 140 miligram kandungan potasium di dalam kurma yang bisa meningkatkan kepadatan tulang dengan mengurangi jumlah kalsium yang dibuang oleh ginjal.

Baca Juga: Manfaat Kurma Sebagai Makanan Pendamping Bayi

2. Membantu Daya Imunitas Anak

5 Manfaat Kurma untuk Anak-anak 2.jpg

Foto: Freepik.com

Salah satu manfaat kurma untuk anak-anak lainnya adalah untuk membantu mencukupi asupan vitamin dan meningkatkan daya imunnya. Buah kurma merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin.

Terdapat vitamin C, B1, B3, B3 hingga B5 yang tentunya sangat berguna untuk kemampuan daya imun anak.

Baca Juga: Mengenalkan Kurma Pada Bayi

3. Memperlancar Pencernaan

5 Manfaat Kurma untuk Anak-anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Tidak sedikit Moms and Dads yang mengkhawatirkan kemampuan pencernaan Si Kecil. Makanan yang dikonsumsi oleh anak bisa menjadi salah satu aspek yang memengaruhi daya pencernaan anak.

Apabila makanan yang dikonsumsi tersebut memiliki kandungan serat yang sedikit, ini bisa membuat pencernaan anak bekerja lebih berat.

Salah satu manfaat kurma untuk anak adalah memiliki kandungan serat yang tinggi. Apabila Si Kecil secara rutin mengonsumsi buah kurma, kandungan serat yang terdapat di dalam buah kurma bisa membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar.

Baca Juga: Baik Bagi Tulang dan Otak, Ini 10 Manfaat Kurma untuk Anak

4. Mencegah Terjadinya Diabetes Sejak Dini

5 Manfaat Kurma untuk Anak-anak 3.jpg

Foto: Freepik.com

Tidak sedikit orang tua yang membiasakan anaknya mengonsumsi berbagai camilan manis. Sungguh disayangkan, sebab camilan manis sebenarnya berbahaya bagi anak dalam jangka panjang.

Si Kecil bisa menjadi lebih rentan terserang penyakit diabetes, yang tentunya akan sangat mengganggu bagi masa depan mereka.

Nah, salah satu pengganti camilan manis yang bisa Moms suguhkan ialah buah kurma. Kandungan flavonoid dalam buah kurma memiliki peran penting untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan gula yang terdapat dalam kurma juga diproses lebih lama oleh tubuh, sehingga aman dikonsumsi Si Kecil.

Baca Juga: Punya Khasiat Menakjubkan, Ini 6 Kurma Termahal dan Terenak Di Dunia

5. Memperkuat Gigi Anak

5 Manfaat Kurma untuk Anak-anak 5.jpg

Foto: Freepik.com

Anak-anak memiliki gigi susu yang nantinya akan digantikan oleh oleh gigi tetap. Tahap ini merupakan momen penting, sehingga Si Kecil seharusnya dibiasakan mengonsumsi makanan yang bisa merangsang pertumbuhan gigi dengan baik.

Anak yang secara rutin dibiasakan untuk mengonsumsi buah kurma, bisa memicu pertumbuhan gigi tetap yang kuat. Kurma memiliki tekstur yang sangat baik untuk gigi.

Selain itu, dengan kandungan kalsium yang tinggi, kurma bisa menjadi stimulus agar gigi anak menjadi lebih padat, kuat, dan tidak gampang keropos.

Baca Juga: Manis dan Menyehatkan, Ini 5 Manfaat Kurma dalam Mencegah Penyakit Kronis

Moms and Dads, itulah 5 manfaat kurma untuk anak. Jadi, mulai sekarang jangan ragu segera mengganti kebiasaan anak dalam mengonsumsi makanan manis dengan buah kurma, ya!

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait