Kesehatan

KESEHATAN
2 November 2020

5 Manfaat Meremas Payudara, Bisa Meredakan Stres Juga!

Selain dapat mengurangi risiko kanker, manfaat meremas payudara juga bisa meredakan stres dan memperindah bentuknya.
placeholder

Foto: Photo by Dainis Graveris from Pexels

placeholder
Artikel ditulis oleh Dewi
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Daftar isi artikel

Payudara wanita memang punya fungsi utama untuk menghasilkan Air Susu Ibu (ASI). Namun tentunya Moms and Dads tahu kalau payudara wanita juga adalah bagian penting dalam kaitannya dengan hubungan seksual. Memegang dan meremas payudara wanita bisa memicu Moms lebih bergairah.

Lebih dari itu, dengan cara meremas payudara yang benar, masih ada lho beberapa manfaat meremas payudara yang harus Moms and Dads tahu. Banyak beredar informasi soal manfaat meremas payudara, tapi ada baiknya kalau cari tahu dulu, apakah itu benar adanya atau hanya mitos belaka.

5 Manfaat Meremas Payudara

Berikut ini manfaat meremas payudara yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya:

1. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

5 Manfaat Meremas Payudara 1.jpg

Photo by Anna Tarazevich from Pexels

Berdasarkan hasil studi para peneliti di UC Berkeley bersama Lawrence Berkeley National Laboratory, ditemukan fakta bahwa manfaat meremas payudara bisa menggiring sel-sel ganas yang ada di payudara kembali pada pola pertumbuhan normal.

Kabar terkini, dari hasil penelitian di laboratorium Fletcher yang bekerja sama dengan laboratorium Bissell, diperkenalkan konsep pengaruh mekanis yang alami dibanding kimiawi pada pertumbuhan sel kanker.

"Selama berabad-abad, orang-orang sudah tahu bahwa kekuatan fisik sangat berpengaruh untuk tubuh kita," ungkap Gautham Venugopalan, anggota lab Fletcher, yang melakukan eksperimen ini sebagai bagian dari disertasi Ph.D. di UC Berkeley.

Saat kita angkat beban, otot jadi lebih besar. Gravitasi juga penting untuk menjaga tulang kita tetap kuat. Dan dalam penelitian ini, mereka membuktikan bahwa kekuatan fisik bisa berpengaruh dalam pertumbuhan dan pemulihan sel-sel kanker.

Baca Juga: 10 Fakta Seputar Kanker Payudara yang Perlu Moms Tahu

Venugopalan dan tim penelitiannya menumbuhkan sel epitel payudara ganas dalam zat seperti gelatin yang telah disuntikkan ke dalam ruang kosong yang fleksibel dalam silikon. Ruang kosong yang fleksibel ini memungkinkan para peneliti untuk menerapkan gaya tekan atau meremas, pada tahap pertama perkembangan sel.

Seiring berjalannya waktu, sel kanker ganas yang mampat karena gerakan menekan atau meremas itu tumbuh lebih teratur dan tampak sehat, menyerupai struktur normalnya. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara metode menekan atau meremas silikon itu, dengan perlakuan berbeda yaitu membiarkan kumpulan sel ganas di tempat lain didiamkan.

Namun para peneliti tidak menyarankan pemakaian bra yang ketat dan menekan sebagai pengobatan kanker payudara. Tekanan atau remasan pada payudara haruslah dari proses yang alami, dan ini juga bukan merupakan terapi.

Kesimpulannya, manfaat meremas payudara dengan cara meremas payudara yang benar yaitu bisa mengembalikan sel kanker ke kondisi yang benar, sehingga menjadi sel sehat.

2. Meredakan Stres

5 Manfaat Meremas Payudara 2.jpg

Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Tiap orang punya caranya sendiri-sendiri dalam meredakan stres. Sebuah universitas Swedia menemukan metode baru untuk ditambahkan dalam daftar hal-hal yang bisa dilakukan untuk meredakan stres.

Yap! Manfaat meremas dada salah satunya adalah meredakan stres. Meremas dada, memicu lepasnya oksitosin yang merupakan hormon kesenangan, yang dapat mengurangi stres dan depresi. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh universitas tersebut, praktik ini berhasil baik untuk pria maupun wanita.

Para peneliti mempelajari sekitar 100 pria berusia antara 20 dan 50 tahun. Mereka lalu diminta untuk melihat dan kemudian menyentuh dada saat mengalami stres. Studi tersebut menunjukkan bahwa menyentuh atau meremas dada mengurangi tingkat stres hingga 70%.

Dalam hal manfaat meremas payudara untuk mengurangi stres ini, ukuran tampaknya juga berpengaruh. Dada yang lebih besar dapat menurunkan tingkat stres dengan lebih cepat.

Dengan cara meremas payudara yang benar atau dengan menyentuh dada, bisa jadi lebih efektif meredakan stres daripada latihan pernapasan. Untuk membuktikan kekuatan anti-stres dari teknik yang tak terduga ini, para peneliti memisahkan para pria yang jadi objek penelitian itu, menjadi dua kelompok.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Sebagai Working Mom

Kelompok pertama menyentuh dada selama 5 menit, sedangkan kelompok kedua melakukan latihan pernapasan untuk rileks. Hasilnya, peserta kelompok pertama menunjukkan tingkat hormon stres yang lebih rendah daripada kelompok kedua.

Well, sepertinya manfaat meremas payudara untuk meredakan stres ini merupakan metode yang benar-benar alami dan efektif, meski tidak terduga. Meredakan stres dengan metode ini mungkin bikin Moms and Dads yang tidak terlalu tertarik untuk mencoba yoga akhirnya bisa tersenyum lega.

Well, dua poin di atas merupakan manfaat meremas payudara yang dibuktikan berdasarkan penelitian. Masih ada manfaat meremas payudara yang bisa dinikmati, namun beberapa di antaranya bisa jadi masih merupakan mitos.

3. Mengidentifikasi Kanker Payudara

5 Manfaat Meremas Payudara 3.jpg

Photo by Ave Calvar Martinez from Pexels

Manfaat meremas payudara secara mandiri cara untuk mendeteksi kanker payudara pada tahap paling awal. Sebaiknya Moms melakukan pemeriksaan secara mandiri ini secara rutin. Jika merasa ada yang aneh saat meremas payudara, segera konsultasikan dengan dokter.

Menurut sebuah studi, dari 100 persen wanita penderita kanker payudara, ada sekitar 25 persen yang mendeteksinya melalui pemeriksaan mandiri, dan 18 persen lainnya menemukan kanker secara tidak sengaja. Sedangkan yang 57 persen menggunakan metode deteksi selain dengan mamografi.

Untuk mendeteksi kanker payudara, Moms harus memperhatikan cara meremas payudara atau cara memijatnya yang benar, dengan langkah seperti berikut ini:

  • Berdiri di depan cermin dan lakukan pemeriksaan visual pada payudara.
  • Cari perbedaan ukuran, perubahan warna, atau perbendaan bentuk.
  • Letakkan tangan di sisi tubuh, lalu di pinggul, lali di atas kepala, untuk melihat dari berbagai sudut.
  • Sambil masih bercermin, letakkan satu tangan di belakang kepala dan letakkan tiga jari dari tangan lainnya di dada.
  • Gerakkan jari membentuk lingkaran kecil di atas jaringan payudara.
  • Tekan secara ringan, sedang, dan keras saat menggerakkan jari, agar menjangkau semua area.
  • Gerakkan jari ke area bawah ketiak, dan lanjutkan dengan gerakan melingkar kecil sembari jari berjalan.
  • Ulangi pijatan pada payudara sebelahnya.
  • Akhiri pijatan dengan meremas payudara di setiap puting untuk melihat apakah ada cairan yang keluar atau rasa sakit.
  • Jika mengalami salah satu dari gejala tersebut, segera konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga: 4 Cara Mendeteksi Kanker Payudara yang Paling Mudah

4. Untuk Bentuk yang Lebih Indah

5 Manfaat Meremas Payudara 4.jpg

Picture from Pixabay

Dari Healthline diketahui bahwa manfaat meremas payudara salah satunya adalah untuk bentuk yang lebih indah. Disebutkan dalam salah satu artikel mereka bahwa beberapa orang mencoba memijat payudara sebagai usaha untuk memperbaiki bentuk payudara yang kendur.

Cara ini diyakini dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan payudara. Ada juga yang memijat payudaranya dengan menggunakan minyak khusus seperti zaitun, untuk membantu meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulitnya.

Sebagian besar bukti tentang manfaat meremas payudara untuk bentuk dan tekstur kulit yang lebih indah ini mungkin masih dianggap mitos. Namun dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa stretch mark pada payudara juga dapat dicegah dengan pijatan memakai minyak.

5. Mengeluarkan Racun dalam Kelenjar Getah Bening

5 Manfaat Meremas Payudara 5.jpg

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Jaringan payudara wanita meluas hingga area bawah ketiak yang menjadi tempat berkumpulnya kelenjar getah bening. Manfaat meremas payudara salah satunya juga dapat membantu menstimulasi sistem limfatik Moms nih.

Sistem limfatik ini bertanggung jawab membantu mengeluarkan racun. Jika Moms mungkin pernah menjalani operasi pada kelenjar getah bening, maka mungkin saja MOms mengalami penumpukan cairan yang disebut limfedema. Meremas atau memijat payudara ini yang disebut drainase getah bening manual.

Bahkan jika Moms tidak menderita limfedema pun, manfaat meremas payudara atau pijat payudara ini dapat membantu membersihkan tubuh dari racun yang terperangkap dalam sistem limfatik.

Cara meremas payudara atau memijatnya untuk drainase getah bening ini bisa dimulai di area ketiak di bawah lengan Moms. Di sini Moms mungkin bisa merasakan kelenjar getah bening di bawah kulit. Lalu lanjutkan pijatan bergerak ke atas searah jarum jam di payudara kanan dan berlawanan arah jarum jam di payudara kiri.

Baca Juga: 7 Bentuk Payudara Wanita, Tidak Selalu Sama

Jika Moms ragu bisa melakukan cara meremas payudara atau memijatnya dengan benar, lebih baik serahkan pada ahlinya saja. Ahli pijat bisa menggunakan kedua tangan mereka untuk melakukan pijatan-pijatan ini.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait