Tren

TREN
22 Januari 2019

5 Mitos Bekerja di Rumah, Percaya atau Tidak?

Bekerja di rumah juga punya tantangan tersendiri lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Bagi seorang ibu, bekerja di rumah bisa jadi sebuah impian. Bisa bekerja dan menghasilkan uang tapi tidak perlu meninggalkan rumah dan masih bisa mengurus anak sudah pasti pilihan paling tepat. Tapi apakah betul demikian?

Dikutip dari Parents.com, banyak ibu yang berpikir bahwa dengan bekerja di rumah, dia akan bisa melakukan berbagai hal yang tidak bisa dilakukan jika bekerja di kantor. Tapi, kenyataannya tidak seindah itu.

Bekerja dari rumah juga punya tantangan lho Moms. Dan tantangan itu juga tidak selalu mudah. Tidak percaya? Yuk kita lihat beberapa mitos seputar bekerja dari rumah dan kebenarannya di bawah ini.

Baca Juga : 6 Cara Kembali Semangat Bekerja Setelah Cuti Melahirkan

Bisa Bekerja Kapanpun dan Di manapun

shutterstock 660321352

Banyak yang berpikir bahwa bekerja dari rumah jauh lebih fleksibel. Namun, pada kenyataannya, employer juga akan menetapkan schedule dan deadline yang tidak begitu fleksibel.

Karena employer tidak bertemu muka dengan Moms, dia juga akan jadi lebih sering mengganggu lewat telepon atau pesan singkat untuk memastikan Moms menyelesaikan tugas tepat waktu.

Tidak Membutuhkan Pengasuh atau Daycare

shutterstock 401117470

Masuk akal memang jika Moms berpikir akan bisa mengasuh Si Kecil sambil bekerja di rumah.

Tapi pada kenyataannya, Moms akan kerepotan sendiri. Karena berada di rumah, Si Kecil berpikir bahwa Moms tidak bekerja. Dia pun akan berusaha mengajak Moms bermain.

Jika sudah begini, kapan Moms punya waktu untuk bekerja? Moms tetap butuh bantuan baby sitter, pengasuh, atau daycare saat menyelesaikan pekerjaan.

Rumah Akan Selalu Bersih

shutterstock 1009578670

Berada di rumah seharian tidak berarti Moms selalu punya waktu.

Dengan sederet pekerjaan yang harus diselesaikan dan Si Kecil yang merengek, cucian piring, mainan yang berserakan, kamar tidur yang belum dibereskan, baju yang belum dicuci, dan kekacauan lainya tidak akan sempat Moms selesaikan.

Moms juga mungkin akan membutuhkan bantuan asisten rumah tangga.

Baca Juga : Yuk Ajak Anak Bersih-Bersih Rumah!

Bekerja di Rumah Akan Mudah

shutterstock 195404510

Dalam banyak hal, sistem komunikasi sekarang ini akan bisa sangat membantu. Jarak dan waktu bisa dipangkas.

Sayangnya, kemudahan ini juga bisa jadi bumerang bagi Moms yang memutuskan bekerja di rumah.

Di jam kerja, karena tidak ada atasan yang mengawasi, Moms bisa jadi keasyikan bermain media sosial. Tidak terasa, waktu sudah berlalu.

Bekerja di rumah membutuhkan disiplin yang tinggi. Moms harus tetap menentukan jadwal bekerja agar lebih termotivasi. Bekerja di rumah tidak semudah yang dibayangkan.

Bekerja di Rumah Sendirian Akan Sangat Menyenangkan

shutterstock 276597227

Terkadang, ngobrol dengan teman kantor bisa jadi hambatan saat menyelesaikan pekerjaan. Saking asyiknya mengobrol, tidak terasa deadline sudah hampir tiba.

Di rumah, Moms bisa santai karena tidak ada teman yang mengajak ngobrol. Tapi, semakin hari, Moms akan semakin merasa kesepian.

Setiap hari, tidak ada orang yang bisa diajak bicara secara langsung. Moms akan jadi terisolasi.

Nah, itulah beberapa mitos dan faktanya tentang bekerja di rumah yang perlu Moms ketahui. Sebelum memutuskan untuk bekerja di rumah, coba pertimbangkan dan pikirkan masak-masak terlebih dahulu.

(AND)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait