Resep

RESEP
9 Desember 2020

5+ Olahan Buah Apel yang Unik dan Enak, Wajib Dicoba!

Bisa untuk camilan sore atau sarapan pagi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Daftar isi artikel

Apel merupakan salah satu buah sehat dan bergizi yang hampir digemari oleh banyak orang. Berdasarkan jurnal Apple Phytochemicals and Their Health Benefits, buah apel adalah sumber fitokimia yang banyak dikonsumsi, dan studi epidemiologi telah menghubungkan konsumsi apel dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, penyakit kardiovaskular, asma, dan diabetes.

Biasanya buah ini dimakan begitu saja setelah dicuci bersih. Namun untuk selain dimakan begitu saja, apel bisa dijadikan berbagai olahan enak lho.

Moms mungkin bosan jika setiap hari mengupas apel dan menyantapnya begitu saja. Padahal apel sebenarnya bisa dijadikan berbagai olahan atau camilan manis maupun asin yang enak yang pasti akan disukai oleh Si Kecil.

Tapi bukan berarti tidak bisa dijadikan sebagai makanan lain. Buah apel bisa lho dijadikan beragam olahan lainnya.

Aneka Olahan Buah Apel

Apa saja makanan olahan apel yang punya cita rasa lezat dan layak dicoba? Berikut daftarnya.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Cuka Apel untuk Anak Yuk, Moms!

1. Apel Goreng

makanan olahan dengan apel, buah apel

Foto: allrecipes.com

Makanan olahan buah apel yang pertama adalah apel goreng. Tidak hanya pisang yang bisa dijadikan gorengan, apel juga bisa lho, namanya apel goreng.

Layaknya pisang goreng, apel juga membutuhkan adonan tepung agar untuk menciptakan rasa renyah dan garing yang nikmat.

Potong apel sesuai dengan selera Moms, lalu balut dengan adonan tepung yang sudah disiapkan. Jika sudah digoreng, taruh dalam piring sajian, kemudian hiasai dengan bubuk gula dan bubuk kayu manis.

Aromanya yang harum pasti akan sangat menggoda. Santap selagi hangat bersama keluarga ya Moms.

2. Apple Strudel

makanan olahan dengan apel, buah apel

Foto: resepkakak.com

Makanan olahan buah apel selanjutnya yang dapat Moms buat adalah apple strudel. Strudel merupakan olahan pastry populer yang mirip dengan croissant, yang terdiri dari berlapis-lapis pastry renyah dengan isian dari apel tentunya. Agar rasanya semakin nikmat, Moms juga bisa menambahkan kismis dan gula pasir.

Karena saking enaknya, apple strudel seringkali dijadikan sebagai oleh-oleh premium saat kita berwisata ke sebuah tempat.

Baca Juga: Banyak Manfaatnya, Yuk Coba 3 Resep MPASI dari Apel untuk Bayi

3. Keripik Apel

makanan olahan dengan apel, buah apel

Foto: usaharumahan.id

Makanan olahan buah apel selanjutnya yang dapat Moms buat adalah keripik apel. Ada keripik kentang, ada juga keripik apel.

Untuk Moms dan keluarga yang doyan ngemil, keripik apel bisa dijadikan sebagai alternatif camilan yang lezat dan sehat. Selain renyah, keripik apel menghadirkan rasa manis dan asam secara bersamaan, yang akan membuat kita ketagihan begitu makan.

Agar lebih garing dan renyah, selain digoreng, bisa juga dipanggang lho Moms. Selain itu, dipanggang juga mengurangi minyak pada keripik.

4. Apple Pie

makanan olahan dengan apel, buah apel

Foto: bakingmad.com

Ada apple strudel, ada juga apel pie. Makanan olahan buah apel yang umumnya banyak disukai berbagai kalangan ini, memiliki rasa yang lezat lho, apalagi dibuat sebagai pie, adonan crust-nya yang renyah, selalu membuat ketagihan.

Paduan crust-nya yang renyah diluar dan isian dalamnya yang lembut, dengan cita rasa asam, manis, segar menjadi satu, bisa dijadikan camilan untuk acara apa pun, termasuk kumpul keluarga.

Saat memanggang pai, hal pertama yang harus diperhatikan adalah hampir semua bahan sudah diproses. Kue membutuhkan tepung, garam, mentega, dan air. Isi terdiri dari apel yang dicuci, dimasak, dicincang, direbus dan didinginkan, dan sedikit gula. Bahan-bahan tersebut kemudian menjalani langkah-langkah pemrosesan lebih lanjut seperti pencampuran, dan akhirnya dimasak.

Baca Juga: Cuka Apel untuk Menghilangkan Jerawat, Bagaimana Caranya?

5. Roti Goreng Apel

makanan olahan dengan apel, buah apel

Foto: tabloidbintang.com

Makanan olahan buah apel selanjutnya yang dapat Moms buat adalah roti apel goreng. Hidangan roti ini bisa Moms jadikan sebagai alternatif menu untuk sarapan pagi atau sebagai camilan di sore hari. Selain unik, tentunya akan menjadi hidangan yang sehat.

Moms hanya perlu membuat adonan roti dengan isian apel yang sudah dibumbui dengan kayu manis untuk menciptakan bau harum.

Bentuk adonan menyerupai bola, lalu isi bagian dalamnya dengan buah apel yang sudah disiapkan. Goreng, kemudian sajikan dengan taburan kayu manis dan gula bubuk.

Siapkan segelas kopi atau teh manis, untuk memperoleh kelezatan yang maksimal.

6. Jus Apel

Buah apel dipanen, dibersihkan, dan dihancurkan di gilingan atau dimaserasi. Pulp ditekan dan diolah dengan klarifikasi enzimatis dan sentrifugal untuk menghilangkan pati dan pektin. Proses ini menghasilkan jus segar yang alami. Namun, jika kita ingin mempertahankan rasa dan nutrisinya untuk waktu yang lebih lama, jus tersebut perlu dipasteurisasi.

Produk akhir dari olahan ini umumnya dipasarkan sebagai 'jus segar'. Jus berlabel 'dari konsentrat' menjalani proses ekstra di mana jus segar dikeringkan, dikemas untuk diangkut dan kemudian dicampur dengan air.

Baca Juga: 3 Perbedaan Nutrisi Buah Utuh dan Jus Buah, Signifikan!

7. Apel yang Dikeringkan

apel kering dari buah apel

Foto: pastryandbeyond.com

Proses yang menghasilkan cincin apel kering adalah mencuci, mengiris dan mengeringkan. Mengeringkan makanan membantu mempertahankan vitamin dan mineral. Selain itu, pengeringan menggunkan matahari, pengeringan oven, pengeringan beku dan jamming meningkatkan umur simpan dan membantu menghindari pembusukan dan mengurangi limbah makanan.

8. Selai Apel

aneka olahan apel

Foto: delish.com

Proses pembuatan saus apel, selai jeruk, kolak, dan selai lainnya bisa dibilang sama. Langkah pertama yang harus Moms lakukan untuk membuat selai apel adalah mencuci apel. Kemudian, tergantung pada preferensi kita, akan dikupas, mengebor, memotong, membuat bubur kertas dan / atau mengirisnya.

Setelah itu tibalah proses pemanasan. Moms mungkin merebus apel dan memasukkan beberapa zat aditif (seperti gula dan pati). Pemanasan dan pengadukan akan mengentalkan produk dan kami juga dapat menambahkan perasa atau jus lemon (asam sitrat). Ini juga dianggap aditif.

9. Mentega Apel

aneka olahan apel

Foto: cooking.nytimes.com

Mentega apel adalah bentuk saus apel yang sangat terkonsentrasi yang dihasilkan oleh proses memasak apel yang lama dan lambat dengan cuka atau air sampai titik di mana gula dalam apel menjadi karamel, mengubah mentega apel menjadi cokelat tua. Konsentrasi gula memberi mentega apel umur simpan yang lebih lama sebagai pengawet daripada saus apel.

Produk ini sebenarnya tidak mengandung mentega susu, istilah mentega hanya mengacu pada teksturnya yang kental seperti mentega, konsistensi lembut, dan penggunaan mentega apel sebagai olesan untuk roti. Kadang-kadang dibumbui dengan kayu manis, cengkeh, dan rempah-rempah lainnya.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Apel Kecokelatan, Mudah Dilakukan!

Mentega apel biasanya dioleskan di atas roti, digunakan sebagai lauk, bahan makanan yang dipanggang, atau sebagai bumbu. Bahan ini juga digunakan pada sandwich untuk menambah rasa yang menarik, tetapi tidak umum digunakan.

10. Biskuit Sari Apel

aneka olahan apel

Foto: keyingredient.com

Kue ini adalah kue yang disiapkan dan dibumbui dengan sari apel. Beberapa versi menggunakan sari apel dalam adonan kue, sementara yang lain memiliki lapisan atau lapisan gula yang disiapkan dengan sari apel.

Beberapa biskuit sari apel menggunakan sari apel baik dalam adonan biskuit dan lapisan gula atau lapisan gula. Bahan-bahan yang umum termasuk sari apel, tepung, gula atau gula merah, minyak sayur atau mentega, rempah-rempah dan soda kue. Bahan tambahan mungkin termasuk mentega apel, saus apel, apel cincang atau kering, kacang-kacangan dan kurma. Varietas vegan dari kue sari apel ada.

Menarik untuk dicoba bukan Moms berbagai makanan olahan buah apel ini? Jika menarik, yuk coba kita buat di rumah.

Artikel Terkait