Kesehatan

KESEHATAN
14 Desember 2019

5 Olahraga untuk Memperkuat Tulang dan Menghindari Keropos

Ingin fokus punya tulang kuat, yuk coba 5 olahraga ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, simak 5 olahraga untuk memperkuat tulang. Tulang adalah organ hidup. Selama awal hingga pertengahan 20-an, tulang kita penuh dengan pasokan kalsium.

Dilansir dari situs National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases, dengan olahraga, wanita dan pria muda bisa mencapai puncak massa tulang yang lebih besar. Sehingga, olahraga bisa membuat tulang menjadi kuat.

Namun, begitu kita mencapai usia 40-an, massa tulang mulai berkurang. Walau begitu, jika kita oahraga secara teratur, ini dapat membantu mencegah keropos tulang.

Tetapi, jika kita memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti gangguan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, osteoporosis, atau jika telah berusia 40 tahun atau lebih, kita harus periksakan terlebih dahulu ke dokter sebelum memulai olahraga.

Bagi Moms and Dads merasa kesehatannya baik dan ingin memperkuat tulang, kita bisa melakukan 5 olahraga untuk memperkuat tulang ini lo! Apa saja?

Olahraga untuk Memperkuat Tulang

1. Yoga

5 Olahraga untuk Memperkuat Tulang dan Menghindari Keropos 01.jpg

Foto: pexels.com

Sebuah penelitian di Australia yang melibatkan lebih dari 238.000 orang berusia 45 dan lebih tua menemukan bahwa patah tulang dapat melipatgandakan risiko kematian dini.

Sehingga, yoga disarankan ahli sebagai olahraga untuk memperkuat tulang.

Sebuah studi yang dilaporkan dalam Yoga Journal menemukan peningkatan kepadatan mineral tulang di tulang belakang untuk wanita yang melakukan yoga secara teratur.

Yoga juga mempertajam keseimbangan, koordinasi, konsentrasi, dan kesadaran tubuh kita dan karenanya membantu mencegah jatuh.

2. Berjalan dan Jogging

5 Olahraga untuk Memperkuat Tulang dan Menghindari Keropos 02.jpg

Foto: pixabay.com

Berjalan dan jogging termasuk olahraga untuk memperkuat tulang kaki karena mereka menopang berat badan kita. Saat kita berlari, kekuatan kaki yang ditapakkan ke tanah akan semakin menekan tulang dan membuatnya lebih kuat.

Sebuah studi perawat menemukan bahwa berjalan empat jam seminggu memberi mereka 41% risiko patah tulang pinggul lebih rendah, dibandingkan dengan berjalan kurang dari satu jam seminggu.

Pastikan setelah melakukan jogging atau jalan ringan, kita melakukan pendinginan untuk menghindari cedera dan juga untuk menstabilkan tubuh.

3. Tai Chi

5 Olahraga untuk Memperkuat Tulang dan Menghindari Keropos 03.jpg

Foto: pixabay.com

Tai Chi membangun koordinasi dan tulang yang kuat. Sebuah studi yang dilaporkan dalam Physician and Sports Medicine menemukan bahwa tai chi dapat memperlambat keropos tulang pada wanita pascamenopause.

Para wanita, yang melakukan tai chi 45 menit sehari, lima hari seminggu selama satu tahun, bisa memperkecil risiko "kehilangan tulang" 3 kali lebih lambat daripada mereka yang tidak melakukan tai chi.

4. Menari

5 Olahraga untuk Memperkuat Tulang dan Menghindari Keropos 04.jpg

Foto: pexels.com

Menari adalah latihan yang baik tak hanya untuk tulang saja, tetapi untuk tubuh secara keseluruhan.

Sebuah studi kecil tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menemukan bahwa orang dewasa yang mengambil kelas dansa dua kali seminggu selama empat bulan menunjukkan peningkatan nyata dalam tes kebugaran fisik.

Menari yang seperti apa? Bisa juga kita memilih kelas zumba, salsa, tango, dan rhumba sebagai olahraga untuk memperkuat tulang. Atau kita juga bisa mencoba aerobik atau kickboxing yang menggabungkan latihan kekuatan dengan tarian atau gerak langkah.

5. Tenis

5 Olahraga untuk Memperkuat Tulang dan Menghindari Keropos 05.jpg

Foto: pexels.com

Berlari di lapangan untuk mengembalikan servis kepada lawan bisa menambah kekuatan pada tulang kaki kita.

Tak cuma berlari saja, mengayunkan raket tenis pun juga termasuk olahraga untuk memperkuat tulang tangan.

Carmelita Teeter, MD, seorang dokter ortopedi dan kedokteran olahraga di Medical City Las Colinas di Irving, Texas, merekomendasikan sebaiknya olahraga tenis dilakukan selama 30-45 menit selama sehari.

Nah, itulah 5 olahraga untuk memperkuat tulang Moms. Yuk, kita lakukan demi tulang yang lebih kuat.

(SA/DIN)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait